Home » , , , » Cara jual, masukin lagu ke Itune, Spotify gratis tanpa bayar dan berbayar

Cara jual, masukin lagu ke Itune, Spotify gratis tanpa bayar dan berbayar

Sekedar informasi saja bagi kalian yang punya lagu sendiri baik itu vocal atau no vocal dan ingin di jual ke online store yang bagus Ane kasih tahu caranya. Cara jual / masukin lagu ke Itune atau Spotify gratis tanpa bayar sebenarnya mudah, yaitu melalui jasa penyalur atau musik distributor. Jasa distributor ( Digital partner ) ini ada yang berbayar ada pula yang gratis dengan syarat tertentu. Untuk menjual lagu ke Spofify atau itune yang gratis dibawah ini :


Cara jual lagu online ke Spotify gratis


1. Inside.co.id ( Pt. Insipirasi Utama ) Gratis


Kenapa bisa gratis Ya ?


Alasannya adalah site ini hanya membantu para musisi lokal untuk menyalurkan karya mereka dengan mudah. Inside hanya mengambil sharing profit dari hasil penjualan lagu atau streaming lagu kita. 

Jadi.. 

Setelah kita mengajukan lagu ke inside kita akan mendapatkan semacam surat perjanjian antara 2 pihak. Yaitu inside dan Artis ( Pencipta lagu ). Isinya menerangkan hak hak antara penyalur dan artis.

Berapa persen artis dapat royalty nya dan pihak inside dari hasil penjualan / streaming lagu. Juga masalah lain yang menyangkut hukum hak cipta. 

Bagaimana cara menjual lagu ke Itune lewat Inside ?

Kalian cukup isi form di halaman ini -- Join artis




Isi sesuai formulir diatas dengan benar. Atau jika lebih jelas silahkan hubungi lewat wa dibawah ini :

+62 817-7606-2888 (whatsapp only)

Selain gratis jual lagu lewat inside lagu kita nantinya pun setelah direlease akan dipos ke media social mereka, facebook, twiter, IG dan lainnya. IG inside di sini.

Berapa lama lagu kita akan direlease di online store ?

Dari informasi yang Ane dapat sementara sekitar 2- 3 minggu lagu kita akan direlease setelah diajukan. Lebih jelasnya tanya langsung lewat Wa.

Baca ini:

Persyaratan jual lagu online inside :

Untuk bergabung bersama INSIDE, mohon informasikan:


1. Nama Lengkap:

2. Alamat E-mail:

3. No. Whatsapp Aktif:

4. Karya yang akan di distribusi merupakan jenis konten:

a. Sekuler (lagu pop, dangdut, jazz, R&B, koplo, raggae, country, dan lainnya)

b. Religi (Musik bernuansa Islami/Hindu/Budha, dakwah, kidung, dan lainnya)

c. Rohani (Musik bernuansa rohani Kristen / Katholik, khotbah, dan lainnya)

Untuk dapat kami hubungkan dengan digital consultant yang akan membantu mendistribusikan karyamu di seluruh digital streaming platforms.


Begitulah Cara jual lagu ke Itune, Spotify gratis tanpa bayar yaitu lewat jasa Inside. Lebih jelasnya silahkan contact via Wa.


Sebenarnya penyalur lainnya untuk release lagu online sekarang sudah banyak dengan syarat yang berbeda dengan biaya yang murah, di Indonesia.  Contohny netrilis.com, sillahkan cek di sitenya langsung soal harga.


2. Jual lagu ke Spotify, Itune dan lainnya yang berbayar


Salah satu keuntungan jual lagu online lewat jasa yang berbayar adalah kita bisa atur tanggal release lagu, baik lokal maupun penyalur dari luar.

Ada nggak Digital partner lainnya untuk jual lagu online yang lebih cepat direlease ke online store ?

Ada. Banyak.

Contoh nya di sini Landr  


Ane selama ini jual lagu ke Itune, Spotify dan online store lainnya lewat Landr $9/tahun untuk single lagu. Keuntungan jual lagu lewat Landr adalah proses release lebih cepat jika kita bisa mencantumkan bahan tool yang kita gunakan untuk membuat lagu. Wajar mereka mungkin untuk memastikan bahwa tool yang kita gunakan tidak mengandung hak cipta. 

Lihat tabel dibawah ini detailnya : Di salurkan ke 150+ online store musik.




Caranya gimana jual lagu lewat Landr ?


Pertama: Siapkan data lagu yang sudah selesai kita buat format wave 16bit 44.1khz, siapkan juga artwork cover. 

Bikin saja cover lagu di site gratis Canva.com - pilih podcast cover ( 3000x3000px) ini udah sesuai ukuran untuk covert art lagu.


Kedua. Siapkan akun paypal atau kartu kredit untuk proses pembayaran. Jika belum punya akun paypal silahkan bikin di sini. Gratis kok bro.. Isi data form sesuai dengan ktp jika bikin akun paypal karena nanti ada proses menambahkan rekening bank. Id akun paypal adalah email ente.


Jika tidak ada kartu kredit untuk pembayaran distribusi lagu di landr maka yang kita butuhkan ada balance dolar di paypal.

Lah terus gimana isi paypal nya supaya ada dolarnya ?

Jadi pertama kali bikin akun Paypal belum ada isi dolarnya, maka kita harus isi dolar dengan cara membeli saldo paypal. Dari google banyak ketik aja jual saldo paypal. Harga kisaran 15rb 1 dolar. Jika butuh 10 dolar untuk bayar disitribusi lagu maka 15x10= 150.000.

Tapi ingat paypal Ente harus diverified dulu. Caranya jika tidak punya kartu kredit bisa menggunakan VCC ( virtual kartu kredit ). Banyak yang jual lewat google aja ketik jual Vcc untuk paypal isi dolar udah ada, tinggal pilih saja Vcc dengan isi dolar sesuai kebutuhan.

Nah jika langkah 1 dan 2 sudah beres klik gambar dibawah ini.


Langsung saja membuat akun gratis. Jangan lupa klik link confirm yang dikirimkan ke email Ente. 

Login ke Landr lalu klik "New release" , add track dan ikuti langkah selanjutnya. Perhatikan penulisan judul lagu dan nama artist jangan sampai salah. 

Terutama untuk huruf capital. Perkata harus huruf capital. Contoh lagu Ane dibawah. Judul The Darkness ( benar ), The darkness ( salah ). 


Dan kalau mau mastering lagu di landr juga bisa klik link ini mastering online . Hasilnya bagus banget Ane sudah tes. Setelah dimastering bisa langsung klik release.


Note : Agar lagu bisa dijual itune


Cara Withdraw

Terus cara narik duit nya gimana dari hasil penjualan lagu kita atau streaming?

Selama ini Ane narik duitnya di Landr lewat paypal. Kita harus memasukkan email paypal kita sebelum menarik duitnya.

Jadi ketika ada yang download atau mendengarkan lagu kita duit akan masuk dulu ke landr. Proses masuknya dana kisaran 2- 3 bulan. kita bisa lihat didalam akun di landr. Seperti ini :


Cara jual lagu ke Itune, Spotify gratis tanpa bayar dan berbayar
Ini contoh statistik hasil penjualan lagu di landr


Tab earning ( penghasilan adalah jumlah uang yang kita dapat ). My money itu adalah menu untuk kita narik duit. Jadi jika kita ingin menarik duitnya  cukup klik my money, kemudian klik withdraw. Tunggu nanti duit akan masuk ke rekening paypal kita.

Jumlah bebas 1 dolar pun bisa kita ambil duitnya.. Kalau Ane biasanya per 5 dolar langsung ane tarik dah.. hehee

Ok siiip 

Misalnya lagu udah direlease ke itune, spotify dan lainnya tentu kita harus promo dong ? Biar lagu kita lebih banyak orang tahu. Dan pastinya lagu kita laku. Hehee

Betul..

Jadi cara promo lagu kita gimana ?

Kalau kita udah jual lagu online lewat Landr dan sudah direlease, cara untuk promo nya gampang. Cukup login ke Landr akun kemudian copy link.  Lihat gambar dibawah ini : Ini lagu ane ya yg udah release


Cara jual lagu online ke Spotify


Cukup klik icon diatas lalu tinggal pilih itune atau Spotify. Selanjutnya copy link lagu kita kemudian tinggal ente share ke Facebook, Youtube ( bikin video pendek promo), atau klik link panah kiri seperti pada gambar, kemudian klik link lalu copy.. 

Contoh promo lewat video youtube dibawah ini. Lagu Ane



Langsung cek di youtube ( tonton di youtube) lalu cek dibagian description. Ane taruh link Spotify, itune, dan lainnya. 

Jadi caranya gitu aja kalau promo sendiri. Share link ke social media apa aja. Twitter, IG dan lainnya. Tapi sebelumnya bikin video clip nya dulu sebelum upload di yt untuk promo. Jika tidak ada buget untuk promo lagu bisa gunakan video gratis.

Bisa juga menggunakan Fl studio kalau sekedar video bukan clip.

Baca di article : Cara bikin video pake Fl studio


Cara bikin video clip yang gratis untuk promo lagu nanti akan Ane bahas di article selanjutnya. Sekarang ini yang penting cara jual lagu online ke Itune, Spotify, aplle music Ente sudah tahu kan ?

Baik yang gratis atau berbayar, intinya cara jual musik atau lagu / release lagu online seperti diatas. Silahkan Ente pilih sendiri mau yang mana. Jika masih kurang jelas atau bingung silahkan comment ya. Semoga membantu

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.54

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.