Home » , , » Agar mixing dan mastering lagu jadi bagus butuh akustik panel di ruangan

Agar mixing dan mastering lagu jadi bagus butuh akustik panel di ruangan

Dalam mixing dan mastering instrumen lagu selain skill , faktor ruangan juga sangat menentukan hasil akhir sebuah lagu. Apakah jadi bagus atau jelek kualitasnya. Karena nantinya lagu yang selesai kita buat akan di putar di tempat yang berbeda - beda. Di mobil, Club, radio, smartphone, Cafe, bahkan mall dan tempat lainnya yang tentunya punya sound sistem yang berbeda. Pertanyaan adalah apakah ketika diputar ditempat lain kualitasnya bagus atau tidak, dibandingkan ditempat/ ruangan kita mixing dan mastering.

Kasus yang terjadi saat di putar ditempat lain, suara nya jadi beda alias tidak balance.

Butuh tambahan Akustik panel agar hasil lagu bagus


Bagi home studio agar hasil mixing dan mastering lagu jadi bagus,  dan dengan budget yang murah butuh tambahan tool yang di pasang di ruangan. Nama tool ini adalah "Akustik Panel ". Bentuknya seperti gambar dibawah ini.

butuh akustik panel di ruangan home studio
Akustik panel buat ruangan

Jadi saat mixing dan mastering lagu di FL studio atau Daw lainnya, agar hasilnya bagus faktor ruangan juga sangat menentukan, selain proses eq dan balancing. Akustik panel ini membuat suara yang keluar dari speaker lebih detail.

Fungsi dari Akustik panel :


Akustik panel fungsinya untuk meredam suara - suara gaung yang merambat melalui tembok ruangan sehingga suara yang keluar dari speaker lebih sesuai seperti aslinya. Sebagai contoh : Jika kita bunyikan suara kick " DUK", maka bunyinya "DUK" juga. Bukan berbunyi "Dung", karena ada pantulan dari tembok.

Begitu juga dengan suara instrumen lainnya seperti suara piano. Artinya dengan adanya akustik panel ini akan menangkap / menyerap suara gaung pantulan dari dinding sehingga hasil mixing dan mastering lebih bagus. Jika dibandingkan dengan ruangan yang tanpa diberi akustik panel hasil mixing akan berbeda.


AKustik panel agar mixing dan mastering lagu jadi bagus
akustik panel kamar - abaikan tisunya

Tapi ini berbeda ya dengan peredam ruangan.

Bagi Ente yang punya ruangan kecil akan lebih hemat lagi dibandingkan harus memasang full peredam.

Dulu harga akustik panel yang ane gunakan untuk 1 lembar 250rb butuh 8 lembar untuk ruangan 7 x 4 meter. 4 di depan dan 4 lagi dibelakang. Yang di bagian depan adalah untuk mengatasi suara gaung dari tembok yang  dekat speaker, sedangkan akustik panel bagian belakang ( belakang posisi duduk ) untuk menyerap pantulan suara dari dinding.

Harganya memang agak mahal tapi dari segi kualitas Ane sudah buktikan sendiri saat mixing dan mastering jadi lebih mudah, produk import. Suara yang keluar dari speaker lebih detail, apa adanya sehingga kemungkinan kuping tertipu suara lebih kecil.

Ane rasa ada yang lebih murah namun mungkin dari segi bahan dan kualitas akan berbeda. Dulu Ane beli harga segitu.

Dimana beli Akustik panel untuk ruangan ini ?

Dulu Ane belinya di Radio dalem Jakarta selatan ini sitenya silahkan hubungi saja.

Proses nya kalau posisi ente di Jakarta agar hasil maximal biasanya yang jual akustik panel ini akan datang langsung ke tempat Ente untuk cek ruangan. Mereka ada alat khusus untuk mengecek noise pada ruangan, lalu menentukan kira - kira butuh berapa lembar akustik panelnya. Karena tinggi ruangan dan lebar ruangan menentukan juga berapa lembar akustik panel yang dibutuhkan, dan juga alat lainnya. Misalnya ada tambahan "bass trap "

Kesimpulan :


Jika ingin mixing dan mastering lagu lebih bagus hasilnya lebih baik beri akustik panel di dinding ruangan kita. Modal tidak terlalu besar dibandingkan dari pada harus di set seperti studio pro. Pengaruhnya sangat terasa dibandingkan dinding polos tanpa akustik panel di tempel saat play suara instrumen lagu.

Untuk bad room musisi ini sangat cocok

Dengan adanya akustik panel maka kesalahan mixing dapat lebih teratasi. Misalnya kesalahan suara bass kegedean terlalu loud, suara lead kecil dan lainnya. Dengan tambahan alat ini kita lebih bisa mixing suara sesuai kemauan kita sehingga saat di play di sound sistem lain enak ( tapi tergantung skill kita juga dalam hal mixing ). Intinya apa yang kita dengar lewat speaker  tidak banyak tertipu nya jika di kasih alat ini.

Ok.. Ini sekedar share aja berdasarkan pengalaman ane dan jika ada pertanyaan silahkan comment

Hendryal
Hendry Al Updated at: 16.10

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.