Home » , , » Apa Plugin yang bisa mastering lagu sendiri ?

Apa Plugin yang bisa mastering lagu sendiri ?

Dulu ane pernah mencari sebuah aplikasi atau plugin yang bisa melakukan proses mastering lagu sendiri atau otomatis. Tapi sebelumnya aplikasi tersebut bisa mendeteksi suara instrumen untuk melakukan pengaturan frekuensi yang tepat, dan hasil kualitas lagu pun jadi bagus, tebal, lebar dan loud pas. Tanpa ribet kita lakukan secara manual yang banyak makan waktu dan pikiran. Dan sekarang akhirnya plugin yang bisa mastering sendiri sudah ada yang buat.


Apa Plugin yang bisa mastering lagu sendiri

Apa Plugin yang bisa mastering lagu sendiri ?


Tanpa banyak basa basi lagi plugin yang bisa mastering lagu sendiri itu adalah produk dari Izotope, yang memang perusahaan ini selalu membuat produk bagus untuk olah audio. 

Plugin itu adalah Izope ozone 8 Advance

Ozone 8 telah dilengkapi dengan fitur master assistant yang mana fitur berfungsi untuk proses mastering lagu sendiri dengan target kualitas suara yang kita inginkan. Di sediakan 3 jenis target kualitas audio yaitu, Streaming, CD , Reference. Di banding versi sebelumnya versi 8 ini lebih bagus, hanya saja kadang suka berat saat aktif.


plugin ini bisa Mastering lagu secara otomatis

Target kualitas suara master assistant :

Streaming adalah setingan suara untuk lagu yang biasanya kita upload di soundcloud, youtube, dan lainnya.

CD adalah jenis kualitas suara Cd audio / compact disc yang bisa kita putar ke cd player

Reference adalah jika kita punya lagu yang sudah jadi atau lagu orang dan ingin kita samakan kualitas suara dan setingan equalizer dengan lagu yang sedang kita mastering. Bisa dibilang copy pengaturan suara. Ini sangat bagus


Dan  masing - masing target pilihan tersebut akan menghasilkan kualitas suara yang berbeda. Lalu pilih yang mana ?

Setelah Ane melakukan tes untuk jenis lagu dance menggunakan target Cd ternyata hasilnya lebih bagus, tebal, lebar dan clean. Loud / volume lagu juga pas. Tapi tentunya sebaiknya kita melakukan proses mixing terlebih dahulu agar suara balance.


Contoh cara mastering lagu sendiri menggunakan Ozone 8, lihat video di bawah :



Plugin ozone 8 ini berbayar lho bukan gratisan. Jadi jika kita ingin punya plugin ozone 8 yang bisa mastering lagu sendiri ini mesti beli langsung di site nya. Atau bisa lewat dealer resmi yang di tunjuk oleh perusahaan Izotope. Yah syukur - syukur bisa dapat yang versi bajakan...hehe..

Untuk pemula plugin ini sangat Ane rekomendasi-kan untuk mastering lagu agar tidak ribet. Bahkan untuk yang profesional pun Ane rasa cocok karena untuk menghemat banyak waktu. Sebab proses mastering lagu terbilang susah.


Tapi harap diperhatikan sebelum menggunakan plugin ini di master mixer sebaiknya lakukan dulu proses mixing, eq, automation, dan lainnya agar hasilnya sempurna dan balance. Perhatikan juga signal audio di master apakah peak atau tidak. Jika ada peak ( over ) sebaiknya atur pengaturan threshold di fitur maximizer di ozone 8. Selamat mencoba plugin ozone 8 yang bisa mastering lagu sendiri tanpa ribet ini... Semoga tambah bagus kualitas lagunya.

Tips tambahan :

Bagi ente yang ingin coba mastering lagu online dengan hasil yang bagus ane recommende site landr. Ane sudah tes hasilnya gokil.


Nah itu aja tips dari Ane silahkan dicoba Ya. Jadi ada 2 cara mastering lagu offline pake plugin ozone atau mastering online.. Semoga bermanfaat

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.39

2 comments:

  1. kalau mixing otomatis saya biasa pakai neutron 3 dan nectar 3 sangat membantu sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener gan.. memang bagus tuh plugin.. recomen deh

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.