Home » , , » Span Vst plugin untuk cek balance frekuensi lagu

Span Vst plugin untuk cek balance frekuensi lagu

Jadi gini bro.. Pada saat kita sedang mixing instrumen lagu di Fl studio atau software Daw lainnya, selain berdasarkan pendengaran kuping untuk cek balance atau tidak frekuensi low, Mid, high kita butuh juga visual analysis. Nah Cara yang mudah adalah dengan menggunakan Vst plugin yang di letakkan di master mixer. Salah satu plugin gratis yang bisa di download adalah Span Vst spectrum analyzer / cek balance frekuensi lagu .


Span Vst plugin untuk cek balance frekuensi lagu

Span Vst plugin untuk cek balance frekuensi lagu

Plugin ini gratis tersedia versi 32 bit dan 64 bit untuk windows dan mac. Dengan plugin ini akan lebih memudahkan kita apakah lagu yang sedang kita mixing balance atau tidak. Silahkan download plugin dan langsung install untuk bisa lebih pahami seperti apa fungsinya.




Ane juga suka menggunakan plugin saat mixing dan mastering lagu di Fl studio 20 karena sangat membantu sekali. Hasilnya pun lebih terasa balance berdasarkan melihat visual grafik pada plugin. Bahkan jika ada clip over pada salah instrumen lagu akan terdeteksi oleh plugin ini. Jadi kemungkinan kesalahan hasil lagu jadi over suaranya sangat kecil ( peak clip ). 

Dengan melihat visual meter pada plugin kita bisa dapat reference frekuensi mana yang over. Lalu kita lakukan proses eq, fade in, untuk cut frekuensi yang kelebihan. Biasanya jika dibagian out lebih dari 0 db maka ada petunjuk warna merah. Itu menandakan kurang bagus.

Contohnya seperti ini :


Ini contoh visual mid belum benar

Ada frekuensi mid yang belum benar, jadi Ane mesti melakukan proses eq atau fade in channel di mixer.

Usahakan jangan sampai lebih dari 0 db out nya agar lagu tidak overloud / kegedean suaranya.

Tapi tetap ya ? mesti di gabung juga dengan pendengaran kita. Gambar diatas hanya contoh posisi low. mid, high lagu yang sedang Ane garap. Jika frekuensi tidak balance maka akan terlihat pada visual, terlihat lebih tinggi.

Gambar diatas ane pake preset stereo mastering buat analysis tapi bisa juga gunakan preset default nya.

Cara penggunaan Span plugin


Setelah di install cukup letakkan di master mixer lalu play atau bisa juga di letakkan channel lainnya. Misalnya di channel drum kit ( insert mixer 5 ). Perhatikan visual analyzer yang terlihat pada plugin dan begitu kita akan tahu apa yang mesti di atur lagi frekuensi nya. Silahkan di coba ya.. Tutorial yang lengkap bisa Ente cari di youtube.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 01.50

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.