Home » , , , , » Langkah dan Cara membuat lagu Edm di Fl studio 20 untuk pemula

Langkah dan Cara membuat lagu Edm di Fl studio 20 untuk pemula

Jiaah.. Gw nggak bisa tidur ini. Pas banget Ane ingat waktu itu ada yang comment gini. " Bang cara bikin lagu edm di Fl studio caranya gimana ya ? Nah Ane jawab sekarang ya. Sebenarnya sih mudah asalkan tahu dikit ilmu musik / paham nada, dan ada bahan - bahan nya.. Tanpa tahu nada akan sulit sekali.. Kecuali sekedar Mashup lagu ( gabungin lagu - lagu yang sudah jadi. Membuat lagu berarti ada proses aransemen nada. Jadi.. 

Bahan untuk membuat lagu edm itu apa aja ya ? Berikut ini detail nya. Cuma share Ya, tidak bermaksud menggurui.


Langkah dan cara membuat lagu edm di fl studio 20


Langkah dan Cara membuat lagu Edm di Fl studio 20 agar lebih mudah


Penting sebelum membuat lagu EDM kita butuh yaitu reference lagu. Maksudnya adalah lagu yang sudah jadi, buatan artis atau dj producer terkenal misalnya Hardwell, Alesso, Showtek dan lainnya. Silahkan pilih aja yang menurut Ente suka style musik mereka. Cukup ke Youtube dan dengarkan, lalu pahami struktur lagu nya.


Tujuan adanya reference lagu adalah untuk bahan contekkan ya. Biar lebih gampang nantinya. Jadi tahu elemen apa saja yang harus dibuat. Dari pada Ente blank sendiri pas mulai... Bingung mau bikin instrumen apa dulu.. hehee


Setelah dapat reference lagu, maka langkah selanjutnya adalah :


1. Gunakan samples khusus Edm biar karakter musik nya nanti tepat dan sesuai. Memang sih didalam Fl studio ada samples pack bawaan. Tapi menurut Ane kurang cocok dan mesti design sound lagi. Dari pada kelamaan mending gunakan bahan yang khusus untuk Edm. 


Untuk samples Edm check disini. link edm drum kick hard


2. Plugin dan sound bank Edm


Bisa juga menggunakan preset soundbank plugin bawaan Fl studio. Misalnya vst plugin Harmles ( sound custom, desain sendiri ). Atau plugin GMS ( didalam plugin ini lumayan banyak yang cocok untuk edm). Ane biasa pake Harmor dan Harmles pake presset yang udah ada dan desain custom lagi biar suaranya lebih enak.


Tapi ada plugin dari luar yang lebih enak lagi untuk bahan membuat lagu Edm. Ini daftar plugin untuk bahan Edm yang cocok dan bagus, dibawah ini.


1. Vst plugin Generator / Instrument


a. Sylenth1 

b. Spire v.1 

c. Serum plugin

d. Omnisphere 

e. Nexus 2

f.  Genesis Pro ( Recommended )

g. Massive 


Plugin diatas ini semuanya recommended banget pokoknya kalo untuk membuat lagu edm atau remix. Walaupun masih banyak lagi yang belum ane list disini. Gogling aja untuk dapat nama plugin lainnya.

Di atas adalah plugin recommended untuk membuat lagu Edm yang selama ini Ane tahu. Ane juga menggunakannya. 

Untuk sound bank sylenth1 download di sini - Edm soundbank sylenth


2. Plugin Effect


Selain plugin instrument untuk bikin lagu EDm pasti nya kita butuh plugin effect agar lebih sempurna untuk olah sound nya. Plugin dari luar ya maksudnya tidak ada di Fl studio. Jadi jangan cari didalam Fl studio. Karena tidak ada.. Ini list nya


a. Kickstart romero ( ini plugin untuk sidechain ) bisa pake grossbeat

b. Vahalla reverb ( untuk ruangan sound )

c. Lfo tool ( sama dengan kick start )

d. Izotope Ozone 7 - 9 ( untuk masteringnya )

e. Chamel Crusher effect ( gratis )


Lainnya masih banyak sih.. Tapi list diatas sudah cukup lah.. Yang paling penting adalah plugin Kick start romero dan LFo tool, Ozone 7- 9 (  cuma option, buat mastering bebas mau pake plugin yang mana ).

Kalau sudah ready semuanya selanjutnya adalah langsung action saja. Walah kalau langsung action gw binggung malahan.. Mau ngapain dulu ya.. hahaa

Its ok. Ane kasih langkahnya nih.. 


Langkah pertama membuat elemen genre lagu Edm. 


Di buat sendiri Ya, atau di batik istilah anak musik. Ini versi Ane ya ? versi Ente nanti bebas mau di bolak balik silahkan langkahnya. Ini daftar elemen lagu genre Edm yang harus di buat sendiri. 


a. Chord

b. Lead

c. Drumbeat ( kick, snare, hihat, clab, cymbal ) dan lainnya

d. Melody

d. arpeggio

e. Drob lead

d. Pad / string

f. Fx, Fill, voice 

g. Bassline


Ini aja dulu deh list elemen dasar lagu genre EDM yang harus kita buat agar lagu menjadi sempurna. Silahkan tambahkan saja lainnya jika perlu. Langkah 1 selesai. Selanjutnya...


Cara membuat lagu EDM Fl studio 20


1. Bikin dulu chord bahan dasarnya ( progression )


Maksudnya ?

Tentukan dulu Ente mau membuat lagu EDm dari chord major atau minor ?

Ok Ane anggap dari chord major ya. Sebagai contoh Ane buat dari chord G major.. 

Maka Progression chord nya adalah :


G, Bm, D, C atau G - D - Bm - C, atau G, D, Bm, A


Cukup 4 chord saja.

Untuk chord progression bisa gunakan plugin bawaan Fl studio misalnya Fl keys ( nanti gampang diganti dengan plugin lain kalau kurang pas ), misalnya nexus.


Contoh lihat video dibawah ini.



2. Lead ( Gunakan plugin spire atau sylenth1


Anggap lah chord progression nya sudah dapat ya. Sekarang kita lanjut ke bagian lead. Untuk lead gunakan plugin spire atau sylenth\1, gunakan soundbank Edm biai gampang. 

Download  soundbank nya jika tidak punya, link ada di atas ya. 

Seperti apa lead Edm stepnya. lihat video diatas ( sesudah bikin chord dasar )  untuk suara bisa ganti, untuk contoh aja Ane bikin pake suara piano dan gitar. 


3. Melody / Drop lead


Bagian ini adalah intinya yang mana kita harus membuat melody drob yang unik dan enak, baik hard atau soft ( contoh lead hard kaya lagunya showtek ), Contoh melody drob seperti lagu nya Alesso if i lose my self. Atau lihat video dibawah.

Bahan untuk membuat step drop lead bisa gunakan spire, serum plugin atau sylenth1. Bebas yang penting enak dan punya karakter. Boleh saja gunakan plugin lainnya asalkan sound enak dan karakter nya sesuai dengan genre lagu EDM. 

Contoh video : Fokus di durasi 53 detik



Jika ingin di bikinin lagu edm original bisa order ke Ane.. hehee


4. Drum beat


Ini juga penting tanpa ini lagu nggak ada gregetnya. Dan sudah untuk membuat orang goyang atau dance. Yang membuat lagu Edm bagus dan greget adalah beat dan drob lead nya. Jadi elemen ini harus tepat pilihan sound drumnya. Maka dari itu butuh loop samples Edm yang bagus dan kereeen serta karakter suara nya pas. 

Jangan bikin lagu edm pake drum kit untuk lagu pop. Karakter suaranya kurang pas untuk lagu edm, jika bisa pun repot seting soundnya. Terkecuali untuk suara piano atau lead gitarnya.


Recommended loop samples untuk membuat lagu Edm ente bisa gunakan atau download samples KSHMR vol 1 - 3, atau V-edm 2 -3. 

Step beat adalah : 4/4 ( 4 ketukan )

Samples bahan edm bisa download via google atau order aja ke Ane.. JIaaah jualan dah... hehee

atau beli samples di sini bro.. keren - keren buat edm


Edm samples top


Edm samples keren top best

5. Arpeggio


Elemen ini meskipun simple tapi penting untuk dibuat agar lebih padat lagunya. Untuk sound bisa gunakan plugin serum, sylenth1 biasanya sudah ada di dalam sound bank preset nya, jadi tinggal gunakan saja. Otak atik dikit lah biar lebih keren.

Bisa juga gunakan Vst plugin harmor bawaan Fl studio, harmles, Gms dan lainnya yang menurut Ente cocok. Ada preset nya di bagian kanan, tinggal gunakan saja.


6. Bassline


Ini sangat penting di buat ya elemen ini. Tanpa bassline greget nya tidak ada alias lagunya jadi lemes. 


Untuk suara nya bisa gunakan sound bank di Sylenth atau spire. Bebas sih yang pening pas dan enak. Jangan lupa di bikin layer nya. Yaitu :


- Bass up ( berfungsi untuk support beat )

- Bass Main ( Bass low dan high )

- Bass long / note ( untuk bagian offbeat )


Kesimpulan :

Jadi intinya kalau kita ingin membuat lagu EDM lebih mudah bahan - bahan dan langkahnya seperti diatas. Persiapkan alat perangnya biar nggak repot.. Udah jadi kok nuansanya tidak pas dengan lagu Edm.. salah sound. 

Kira - kira begitulah langkah dan cara membuat lagu EDM. menggunakan plugin apa saja, samples, serta elemen instrumen nya. Seperti di atas. Ente tinggal praktekin saja ya. Terserah ente mau bikin yang mana dulu. Untuk pemula lebih mudah chord progression nya dulu. Karena ini buat patokan elemen lainnya. Lanjut ke Part 2.. tunggu aja

 Salam Action !!


Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.27

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.