Home » » Tutorial dj using virtual DJ Part 3

Tutorial dj using virtual DJ Part 3

BPM ANALYZE

setelah kita paham fungsi-fungsi tombol yang penting untuk di pakai saat djing, pada virtual dj seperti yang telah saya bahas pada tutorial virtualdj part 1 dan tutorial virtual dj part2, sekarang saya akan berbagi tetang bagaimana memulai djing yang benar menggunakan virtual dj. sebagai langkah awal apa yang kita lakukan ? kamu pasti tahu pada area browser mp3 jika kita click kanan akan muncul menu:

priview
file info
BPM
file operation
remove from search db.

Dan saya yakin kamu pasti pernah mencoba salah satu fungsi menu tersebut. Ketika memulai djing, mixing
sangat di sarankan untuk melakukan proses ANALYZE terlebih dahulu lagu-lagu yang akan kita mainkan. dengan cara click kanan pada lagu yang kita pilih. kenapa? Jawabanya adalah supaya virtual dj software membaca dan menghitung:

BPM
GAIN
PITCH
KEY
ARTIST
TITLE
LENGHT
AND MORE.

Point-point yang penting untuk djing adalah seperti diatas. Untuk mengaktifkan click kanan pada label Title, kemudian pilih itemnya. lihat gambar.

Proses ini sangat penting dan hanya kita lakukan sekali. selanjutnya virtual dj software secara otomatis akan menyimpan hasil ANALYZE kedalam database. Jika langsung kita load ke deck bagaimana?? pertanyaan bagus. Boleh saja, tapi biasanya sepeti yang pernah saya alami, pada 1 detik lagu berjalan biasanya akan terjadi perubahan GAIN. terutama pada virtual dj ver. 5.2. jika memori komputer kamu kecil, dan lagu tidak di ANALYZE terlebih dahulu bisa menyebabkan hang program. walaupun hanya 5 detik.Fungsi BPM ANALYZE terdapat pada menu BPM jika di click kanan.lihat gambar.

Lanjutan tentang tutorial memakai virtualdj silahkan baca article yang berhubungan di bawah (related article). Ups..Ingat ! virtualdj lebih bagus untuk live mixing. Kalau ente ingin ngeremix lagu lebih baik menggunakan Fl studio atau software lainnya. Untuk tutorialnya silahkan baca semua postingan tutorial Fl studio.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.35

4 comments:

  1. kok hasil record ane nggak mau jadi mp3, ada tulisan can`t open MP3 Encoder, mohon petunjuknya.

    BalasHapus
  2. okh itu problem lameenc.dll filenya gk ada..record ke wav aja..atau download file disini -- record to mp3 problem

    BalasHapus
  3. mau nanya nih,kalau nyambungin controller ke vdj,gimana caranya? perlu mappernya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo virtualdj v.5 perlu mappernya..Tp kalo yg versi 7 biasanya dah ada mappernya. Jadi langusng bisa conet..tinggal pilih nama dj controlnya di pengaturan.

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.