Home » , , » memulai perpindahan lagu menggunakan cdj 1000.

memulai perpindahan lagu menggunakan cdj 1000.

Ini yang paling mencolok bagi seorang dj apakah dia seorang dj yang menguasai teknik atau tidak
karena pada bagian inilah penilaiannya. Ada seorang Dj melakukan perpindahan lagu agak kasar, ada juga yang halus. Tampa di ketahui pergantiannya. namun yang paling disukai audien adalah cara Dj menyajikan lagu-lagunya. Artinya bisa membuat audien tidak bosan. dia bisa memilih lagu-lagu yang akan diputar, dan bisa membaca apa kemauan audien sehingga audien terpuaskan.





Ok, saya akan ceritakan pengalaman saya tentang bagaimana memulai proses perpindahan lagu.


1. Kita harus tahu berapa BPM (beat per minutes) lagu pertama, dan kira-kira di bagian mana kita akan melakukan perpindahan.


Umumnya pada 2 menit lagu pertama mau habis di situlah lagu kedua harus diputar. Proses play nya adalah dengan mengikuti ketukan lagu pertama. 


-- Jadi.. Patokannya pas suara ketukan "DUK " lagu pertama baru tekan play lagu kedua. Jangan lupa lagu kedua di buat Cue poin nya.


Samakan BPM lagu kedua dengan BPM lagu pertama. Samakan kedua lagu melalui cue phone pada mixer kamu, sampai kedua tersebut sejalan.


Jika susah sama, perhatikan Nilai PITCH nya pada CDJ 1000 pith control. Tapi jika bpm sudah sama antara kedua lagu tapi lagu masih bledak bleduk, gunakan jog dial untuk merapikan.


2. Posisi Low, midle, hight lagu kedua adalah ditengah atau jarum jam angka 12. posisi volume control lagu kedua adalah 1/4 pada hitungan 15 bar atau jika tidak tahu masalah hitungan bar, lihat durasi lagu kedua saja. Kemudian pada durasi 30 detik lagu kedua, naikkan volume setengah.


3. Selanjutnya naikkan pelan-pelan sampai sama posisinya dengan lagu kedua dengan mengatur LOW, MIDLE, HIGHT kedua lagu tersebut. 

Jangan lupa dengarkan suara dari speaker monitor juga. Ketika posisi volume control sudah sejajar, dan lagu terdengar bertabrakan, dorong Jog dial pada deck ( A/B ) lagu yang kedua maju atau mundur, sedikit atau banyak tergantung kondisinya. 

Atur juga gain pada mixer. Karena volume asli lagu tidak selalu sama. Ini untuk ngebalance kedua lagu keluar ke speaker agar pas. Tidak kegedean atau kekecilan antara lagu pertama dan kedua.


Selanjutnya baca article --  cara membuat cue poin cdj 1000

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 15.50

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.