Home » , » Cara nyambung lagu

Cara nyambung lagu

Mendengarkan lagu-lagu dj yang enak memang membuat kita kadang menjadi semangat di bandingkan dengerin lagu pop melankolis. Dan menurut para ahli psikologis pengaruh musik/lagu sangat mempengaruhi emosional seseorang. Apakah menjadi enjoy atau sedih. Karena lagu memang pada dasarnya sangat mudah mengingatkan kita akan masa lalu, tempat ataupun peristiwa.Betul??

Seperti halnya juga lagu-lagu dj (house music, progessive house, trance, breakbeat, dan lainnya) kebanyakan genre musik ini lebih di tekan kan untuk membuat penikmatnya enjoy atau bahkan bergoyang (ngedance floor). Jiah..sedikit membelok dari judul article  yaitu cara nyambung lagu or istilah tenar nya cara dj ngemix lagu.

Cara nyambung lagu pernah gw tulis di article Process making mixtape, lihat video 1 dan 2. Hasil dari lagu-lagu yang menyambung itu umumnya di dunia dj di sebut Mix- tapes. Bagi dj yang sedang melamar di club Mixtape sangat penting karena bisa jadi acuan bagi pengelola club atau chief dj-nya.

Apakah sang pemilik Mixtape itu sudah memilik teknik mixing yang bagus atau belum, bisa di lihat dari mixtape-nya. Karena memang tugas dan kerja dj simplenya yaitu mixing / nyambungin lagu supaya perpindahan lagunya enak.


Sebenarnya apa sih tujuannya nyambung lagu?

Bagi seorang dj selain untuk di dengarkan sendiri tujuannya adalah seperti di atas. Tapi bagi seorang penikmat musik tentunya berbeda, sederhananya pas ganti lagu terdengar enak. Yah.. ente taulah lagu-lagu dj kan ada intro dan outro, jadi kalo kita dengerin gak kelamaan nunggu. Enak di kuping dah.."

Terus cara nyambung lagu gimana bro..?

Kalo memakai virtualdj software lihat video ini part 1: cara setting



Bagian 2 cara nyambung lagu lihat video yang ini. Proeses bikin mix-tape (membuat lagu nyambung)



Kalo sekedar buat di dengerin aja biar enak pake software aja bro..Yaitu Ente bisa pake Mixmeister tutorialnya ada didalam software setelah selesai instal. Atau bisa pake dj software dan lainnya.

Baca di dj software lengkapnya..

Pake mixmeister lebih gampang karena kita cuma masukin lagu-lagu yang akan kita sambungin kedalam project, selanjutnya bisa langsung di burn ke cd audio. Atau di convert ke Mp3. Kalau pake virtualdj agar lebih bagus kita harus mainkan (live mixing), Jika belum paham baca di tutorial virtualdj. Namun sebelum menyambung lagu/ngemix yang harus di perhatikan dan pahami pada lagu adalah:

-Intro : awal lagu (lagu dj genre house biasanya 30 - 60 menit)
Contoh sedot lagu ini: dario nunez - padentro (promo full ) pilih reguler user kalo nyedot. Lagu lainnya disini--ngebeat comercil.

-Outro: Akhir lagu ( antara 1.30 menit - 1 menit akhir lagu)
-Bpm : beat permenit (jumlah ketukan dalam satu menit) baca Bpm.
-Volume lagu: Kualitas suara (kecil atau gede. Ini penting agar balance.)

Saran:
Urut bpm lagu susun dari nilai rendah ke tinggi (untuk genre house selatan) . Misal dari bpm 126 - bpm tertinggi.

lagu 1 : bpm 126
lagu 2 : bpm 127
lagu 3 : bpm 130
dan seterusnya.

Meskipun untuk menentukan tinggi atau down lagu-lagu dj  tidak harus di tentukan oleh bpm-nya tapi Beatnya atau aransemen musik lainnya seperti bassline, rythem, dll , untuk pemula cara ini lebih mudah. sebagai contoh download house remix mixtape gw walaupun bikinya dulu dadakan pas main langsung record.

Durasi cuma 30 menit soalnya gw putar kalo pas break, karena gw dj single jadi gak ada yang gantiin kalo gw istirahat. lagu-lagu di mixtape itu bpm dari 126 - 130. Pas mainin di set ke bpm 130 semua.

Selanjutnya apa?

Coba di praktekin bro..hehe..kalo bingung coment aja di bawah atau kalo ada yang mau nambahin/koreksi cara nyambung lagu silahkan comment juga. Ini cuma sharing aja. Ohk..ya hampir lupa. Yang lagi nyari lagu funkot yang baru  bisa pesen ke gw.

Baca juga : Tips cara mix lagu di Virtual dj 8

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 17.19

6 comments:

  1. wah mantap neh....ijin numpang curi2 track listnya hehe

    BalasHapus
  2. mas bro
    jika kita mau nyambung lagu, nah saat nyambung lagunya tiba" berantakan gitu mas bro.. penyebabnya apa ya mas bro..

    soalnya saya masih pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. bpmnya lum sama atau ketukann kedua lagu lum disamakan..bpm lagu dan ketukan harus disamakan antara kedua lagu tersebut..

      Hapus
  3. Mas hendry misalkan kalo sedang live, biasanya menit brpa aja untuk pergantian lagi dari deck 1 ke deck 2. misalkan deck 1 baru mulai, nah kita agar mixing ke deck duanya diangka menit brpa untuk deck 1. mohon pencerahannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengarkn dulu lagunya untuk tahu timingnya... biasanya di durasi 30 detik or 45 detik untuk lagu2 dj sekarang..

      Hapus
  4. Kalo mau nyambung lagu gmna bang apa kita harus hafal dlu sma lagu tsb .. mohon penjelasannya bang hihuh

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.