Home » , » Susunan Nada di keyboard komputer

Susunan Nada di keyboard komputer

Susunan nada piano di keyboard komputer kita: Mungkin ente punya kesulitan dalam membuat melody, bassline, rythm atau pad instrument menggunakan fl studio.Karena mungkin tidak mempunyai hardware keyboard asli. So, kali ini ane kasih trik-nya tanpa hardware. Tahukan ente bahwa di setiap tombol keyboard ente memiliki nada yang berbeda, jadi kita bisa memainkannya. Seperti yang pernah ane bahas pada article mengetahui chord di fl studio. Agar lebih jelas di bawah ini kasih gambar di bawah agar lebih jelas dimana saja letak nada-nada di keyboard pc atau laptop ente. standar keyboard layout.

susunan nada di Fl studio 10
nada piano di keyboard pc

Gimana bro dah lihat kan.?
Ok, ane perjelas sedikit: Tombol Z sampai / =  nada C4 (rendah), Lengkapnya yaitu nada--C D E F G A B C5 dan D E (tinggi)  - seperti gambar di atas. Sedangkan deretan tombol A = nada #. huruf A F K tidak ada nadanya. Sedangkan Huruf Q - ] = nada C5 - E tinggi.
Tombol angka adalah nada C# tinggi : Perhatikan pada gambar yang berwarna putih berarti tidak ada tune/nadanya. Lebih jelasnya silahkan liat document kunci/chord di sini -- >djhendry doc.
Gimana bro..? paham kan'. Untuk lebih jelas siahkan lihat recording panel fl studio untuk standar keyboard layout di fl studio.

Jadi, setelah ente paham dimana saja nada nada piano di keyboard ente selanjutnya tinggal ente mainkan untuk membuat melody, bassline, rythm dan lainnya di fl studio.  Seperti video di vst plugin. Setelah ketemu nadanya langkah selanjutnya adalah susun nada-nadanya di piano roll di fl studio (klik kanan chanel -pilih piano roll) . Untuk suara instrumenya bebas, bisa memakai sytrus, hamless, fl keys dan lainnya yang ada di fl studio, atau vst plugin ,samples dari luar. Vst dari liar contohnya nexus, Kontakt, massive.

Untuk ente yang biasa ngeremix lagu funkot bisa memakai cara ini untuk membuat melody. Seperti remixan ane - Amana - arabic version. (electro house) atau yale. Sebelum ane membuat rythm/ pad nya ane memahami susunan nada  keyboard di fl studio.Karena ane memang tidak memakai hardware. Tapi yang pasti ente harus tahu chord/ key dasar agar terdengar harmoni. Silahkan lihat key/ chord dasar di fl studio di article mengetahui chord fl studio agar lebih mudah. selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 09.27

6 comments:

  1. Balasan
    1. please klik menu "jual lagu-lagu untuk dj" diatas .contact ane ada disitu

      Hapus
  2. untuk bass bagusnya main di mana?
    c5 atau c4?

    BalasHapus
  3. udah tak coba ko tapi ga bunyi yah? itu paten tombol nada di keyboard? apa ada setingannya mas? maaf nanyanya banyak soalnya aku kepo banget mas :D

    BalasHapus
  4. Klik menu option-- centang "typing keyboard to piano

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.