Home » » Cara cepat edit kualitas suara lagu

Cara cepat edit kualitas suara lagu

Pada postingan sebelumnya ane pernah membahas tentang Edit audio secara manual pada bagian apa saja yang harus di edit satu persatu-satu menggunakan nero wav editor. Kali ini ane bagi info tentang cara cepat edit kualitas suara lagu yang mungkin terdengar pelan atau mendem. Ini kadang menjengkelkan karena jika kita dengarkan melalui software windows media player, winamp, dan lainnya terpaksa kita harus menambah volume speaker, karena suara lagu tersebut pelan. Terutama untuk lagu-lagu buat DJ yang tidak semuanya memiliki kualitas suara yang bagus, sehingga jika kita mixing manual menggunakan cdj player harus     membalance equalizer-nya. Oke, tak perlu panjang lebar ane kasih tahu Cara cepat edit kualitas suara lagu memakai software yang simple dan efective.



Nama software adalah Mp3doctorPro. Software ini bisa memperbaiki kualitas suara lagu dari gain, equlizer, yang kurang, sehingga kualitasnya menjadi bagus di atas standar. Bahkan software ini juga bisa digunakan untuk menaikkan tempo lagu atau vocal tanpa merubah pitch, Encode, resample. Mantap kan? pengen tahu apa saja fungsi-fungsinya silahkan di  download software mp3doctorpro disini. Software ini gratis 30 hari dan mempunyai file size kecil yaitu 1,37mb. Ini screenshoutnya:

software edit kualitas lagu secara cepat
Jadi dengan menggunakan software mp3doctorPro kita bisa memperbaiki kualitas lagu kita dalam jumlah banyak. Bagi newbie ini sangat mudah tanpa harus ribet otak atik setingan.
Cara menggunakan software mp3doctor pro:
1. Setelah ente download, Extrack file-nya dan Install .
2. Jalankan softwarenya, kemudian klik menu File - Pilih load file (untuk single lagu), Jika lagu yang akan di edit banyak, sebaiknya tempatkan dalam satu folder, kemudian di dimenu file pilih Load directory.
3. Selanjutnya ente pilih Preset yang di sediakan. Saran ane jika hanya untuk memperbaiki Gain lagu yang pelan lebih baik pilih "Flat' pada preset.
4. Klik process dan tunggu sampai ada tulisan Processed pada list lagu.

Hasil lagu yang telah di proses akan berada pada folder yang sama dimana lagu tersebut di tempatkan. Tapi sebelumnya cek menu Option - set destination directory. Pastikan setingan seperti gambar di bawah: Save processed file in same directory as the original file. Pilih option ini.
seting mp3doctor
Jika ingin menempatkan hasilnya pada folder yang berbeda, pilih choose directory, dan bila ingin di timpa lagunya pilih Replace (tapi tidak disarankan, takut rusak data lagunya). Bedanya lagu yang telah di edit akan ada tulisan mp3doctor jika di tempat dalam folder yang sama, dan selanjutnya tinggal ente rename dan yang jelek  di hapus saja.. Atau jika ingin mendengar perbedaan lagunya setelah di edit menggunakan mp3doctor silahkan ente play dua lagu tersebut secara bergantian. Pasti langsung senyum...hehe

Oke sob sekilas info saja tentang cara cepat edit kualitas lagu menggunakan software mp3doctor. Untuk naikin tempo ente bisa experiment sendiri. Karena Software ini ane pakai waktu memperbaiki kualitas suara lagu-lagu koleksi ane yang lama terutama lagu tahun 2001 kebawah, karena kualitasnya berbeda dengan kualitas suara lagu tahun 2012, terutama gain-nya. Mungkin pengaruh dari techonologi audio yang makin lama makin canggih. Dan karena yang akan ane edit banyak mencapai ratusan lagu jadi tidak mungkin edit satu-satu..capek deh. Akhirnya dengan software ini ane sangat terbantu dan jadi tahu cara cepat edit kualitas suara lagu-lagu koleksi jadul ane atau lagu lain yang kualitas sound kurang. Selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.54

6 comments:

  1. siip,,,bro,,,,thanks

    btw tinggal cari crack nya nih,,,biar jd full version :D

    BalasHapus
  2. wwwaaaww..... mantapp.. :D
    a'mazin fantastissss.... :D
    tkan's ms Hendy
    good'luck... a' informasi'ny :D

    BalasHapus
  3. Wew Om Hendy Sekarang Pake Windows 7
    Ex:Rizky

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..dah lama lg sob..pake win7 lebih cepat kerjanya

      Hapus
  4. cara save lagu'a gmna kalo udah slesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. di atas dah jelas sob..lagunya kmana hasilnya..coba baca lagi

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.