Home » , » yang di maksud Intro dan Outro pada lagu DJ

yang di maksud Intro dan Outro pada lagu DJ

intro lagu
Yang di maksud Intro dalam lagu dj adalah: bagian awal lagu yang biasanya  hanya suara beat/ketukan drum. Bisa juga hanya sebuah suara intrument tunggal. Biasanya panjang intro lagu dj sekitar 1 - 1.30 menit / 90 detik untuk lagu full version (hitungan maju dari 0 detik). Terkadang lebih, tergantung yang membuat lagunya. Tujuan adanya intro adalah untuk mempermudah dalam mixing, sebelum masuknya lagu. Jadi lagu umunya menjadi panjang durasinya. Jika kita memakai cdj player untuk melihat waktu maju, dari 0 detik--set Time mode ke "elapse". Mengetahu intro lagu termasuk bagian dari teknik mixing dj.


Sedangkan yang di maksud Outro adalah bagian akhir pada lagu yang biasanya hanya beruba beat drum/ suara lainya atau vocal sampai lagu itu habis. Bagianya pada 1 - 2 menit akhir lagu. Tujuan di buat outro adalah sama dengan intro, yaitu untuk memudahkan dalam proses mixing lagu selanjutnya. Untuk lebih jelasnya silahkan play lagu di bawah ini:



Durasi 0 - 60 detik = intro, kemudian bagian akhir durasi 06.15 menit itu namanya Outro.
 Jika kita memakai cdj player untuk melihat waktu mundur--set Time mode ke "Remain'. Tujuan set ke remain adalah untuk mengetahui berapa menit/detik lagu pertama akan habis, jika pada saat live mixing. Dengan begitu kita lebih mudah untuk memulai mixing. Boleh di set remain or elapse.

Jadi jika kita akan membuat lagu DJ atau remix  intro dan outro harus kita buat sob??
Pastinya sob, agar lebih mudah untuk di mixing lagunya. Berbeda jika hanya untuk di dengarkan saja. Bagian intro boleh di hilangkan. Jadi langsung ke inti lagu. Biasanya di sebut radio edit version. Jadi kesimpulan sederhananya intro adalah:
Bagian depan lagu yang hanya berisi drum beat/intrument tunggal, seperti contoh lagu diatas. Jumlah bar kisaran 32 atau 1 - 1.30 menit. Sedangkan outro lagu pada lagu dj adalah bagian akhir lagu sebelum habis berupa drum beat/suara ketukan/suara vocal atau alat musik tunggal lainnya. Semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 02.39

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.