Home » » Cara mudah membongkar loop menggunakan fruity slicer channel

Cara mudah membongkar loop menggunakan fruity slicer channel

Apa fungsi dari Fuity slicer channel di Fl studio ?
Fruity slicer channel berfungsi untuk membongkar / memecah samples yang biasanya berupa loop, menjadi single sound. Seperti,  beatloop, lead, melody dan lainnya bisa di pecah soundnya. Contoh : Kita akan mengambil kick yang ada di sebuah loop yang mana menurut kita suara kick di dalam loop tersebut bagus. Jadi cara memecah loop dan mengambil menggunakan Fruity slicer channel, lalu sound kick dari loop yang di pecah  dan di jadikan channel ke dalam pattern. Hasil dapat kita jadikan bahan untuk membuat element musik sendiri.


Bagaimana cara menggunakan Fruity slicer channel ?
Cara memakai vst ini bisa dengan dua cara, pertama  dari file browser (klik kanan file loop, pilih open in new fruity slicer channel ). Lihat gambar di bawah:

Cara ongkar sampler memakai fl studio

Cara kedua yaitu insert dari addone channel - pilih fruity slicer. Selanjutnya drag langsung file loop ke dalam vst ini. Lihat gambar cara bongkar loop sampling di bawah ini:

membongkar loop menjadi single sound

Cara memilih sound yang akan kita ambil adalah klik bagian "all sound ( kotak bergaris merah ), seperti pada gambar di atas. Kemudian klik bagian atas (single sound), otomatis suara akan terdengar. Jika sudah yakin pada sound yang akan di ambil, langsung drag ke dalam pattern channel.

Jadi dengan menggunakan Fruity slicer channel ini kita bisa mengambil element suara per single sound, dari loop yang bisa kita gunakan untuk membuat beat, bassline dan laiinya pada lagu dj atau remix lagu yang akan kita buat, terserah ente. Dengan ini juga kita bisa mengetahui semua element sound di dalam loop.

Loop di bongkar karena kita tidak mau menggunakan loop aslinya , mungkin style tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Karena tidak semua loop samples cocok dengan genre musik kita. Cara ini cukup ampuh agar kita mendapat sound yang bagus. Karena biasanya samples pack yang ada di fl studio memang tidak semua bagus.

Kesimpulannya dengan membongkar samples loop tersebut,  hasil dapat kita olah kembali menjadi element musik/ instrument sesuai dengan selera kita. Kalau ane pribadi biasanya mengambil bagian kick atau snare, untuk membuat beat sendiri sesuai style ane. So, cara mudah membongkar loop adalah dengan menggunakan Fruity slicer channel. Selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 21.31

1 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.