Home » , » Video Cara membuat beat Breakbeat di Fl studio 11

Video Cara membuat beat Breakbeat di Fl studio 11

Tutorial cara membuat beat breakbeatSalah satu kemampuan dasar seorang producer lagu dan remixer adalah bagaimana dia bisa membuat beat sendiri. Bukan langsung menggunakan beatloop samples yang sudah ada. Hal ini akan mencerminkan style/ gaya sang musisi itu sendiri. Boleh saja kita menggunakan loop samples yang ada, akan tetapi lebih baik sebelumnya harus menguasai teknik membuat beat sendiri. Pada postingan kali ini ane  share video bagaimana cara membuat ketukan Breakbeat (lokal ) atau Break ( genre luar ).

Contoh lagu Style Breakbeat :


Tapi sebelumnya ane bahas dulu element beat, yaitu :

a. Kick
b. Snare / clab
c. Hi hat
d. shaker
e. Percussi, cimbal dan lainnya

Hal penting yang harus kita lakukan dalam membuat ketukan breakbeat :

1. Pemilihan suara Kick / bass drum

Suara Kick di dapat dari samples Drumkit ( single sound ), atau dari Drum machine hardware, dan juga dari vst plugin. Seperti di Fl studio yaitu FPC, Vst DrumSynth live ( ini adalah vst drum kit yang ada di fl studio ). Pemilihan sound kick ini tunjuannya untuk mencari karakter suara yang tepat untuk genre breakbeat ( yang menurut ente pas ). Kita bisa mengambil dari drum kit samples electro, house, progressive atau samples lainnya. Jadi tidak terpaku harus menggunakan samples khusus breakbeat. Ini pengalaman ane selama ini. Lagu di atas ane buat beatnya menggunakan samples electro house. Carilah karakter suara kick yang low-nya tebal dan tidak terlalu hight / terserah ente.

2. Snare

Ketukan breakbeat biasanya lebih menonjol pada suara kick dan snare ( suara tak ), yang biasa anak - anak remixer sebut beatnya "ngajak"...Jadi carilah suara snare yang karakter soundnya lebih ke Mid. Kick pas tapi snare kurang pas jadinya kurang enak.  2 element ini sangat penting, dan lainnya menyesuaikan.

Di bawah ini video cara membuat ketukan breakbeat dari mana dulu harus memulai sampai selesai.



Karena untuk mencari sound yang tepat butuh waktu lama, maka ane gunakan samples drum kit bawaan store Fl studio. Beat dalam video hanya untuk contoh ( style 1 - 4 ), selanjutnya tinggal ente kembangkan sendiri agar lebih bagus. Atau cari tutorial lain yang di buat oleh remixer breakbeat. Jujur, ane lebih feel ke genre electro house / progressive house. Yang jelas bukan masalah beat saja lagu itu jadi kenceng. Tapi bagaimana aransement musiknya ( bassline, melody, dan lainnya).

 Untuk yang belum tahu, bahwa di Indonesia ada 2 versi style breakbeat, yaitu breakbeat kota dan breakbeat selatan. Perbedaannya ada pada element musiknya. Biasanya breakbeat kota lebih terkesan ramai dan funky. Breakbeat selatan lebih soft. Dari video tutorial cara membuat beat break di atas bisa ente jadikan dasar akan ke style kota apa selatan...Bagaimana menurut ente..? ada yang mau nambahin atau kasih saran ?.Silahkan comment..Atau mungkin ada yang mau pesen samples breakbeat ??..Jiah jualan lagi...haha

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 08.44

6 comments:

  1. samples breakbeat sama funkot itu beda ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo drum beat mah ane kira sama saja..begitu lainnya..tinggal bagaimana kita mengolahnya saja..yg beda struktur lagunya..melody dan lainnya..samples bisa pake yg mana saja asal cocok karakter suaranya..

      Hapus
  2. halo om, ow ya cara nyatuin suara acapella sma beat nya gimana ya.

    BalasHapus
  3. Om, mau tanya..
    Saya sering membuat lagu tapi setelah jadi tapi didengar2 kayak ketukan drum kayak melambat nggak sesuai bpm gitu. Saya biasa bikin 130bpm tapi hasil kadang ketukan sering lambat tidak rata terdengar. Render mp3 di 192 kualitas di 512

    Mohon solusinya om..
    Saya dari awal awam sampe tau dikit2 dari blog om hendry nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. beat pake loop apa bikin sendiri..? kalo pake loop mungkin temponya belum pas.. atau penepatan di playlist nya belum pas.. set ke beat aja dibagian snap di playlistnya

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.