Home » » Cara hapus channels tidak di pakai di Fl studio 11

Cara hapus channels tidak di pakai di Fl studio 11

Halo sob..Gimana belajar Fl studionya?..Ane harap banyak peningkatannya baik dalam penguasaan tool yang ada di fl studio atau dalam ngeremix lagu. Kali ini ane share masalah penuhnya channel pada patern, yang mana sering kali kita insert banyak channel vst instrument untuk mencari sound yang tepat untuk lagu yang sedang kita kerjakan. Sehingga banyak channel vst yang akhirnya tidak kita gunakan,  terkadang menyebabkan pattern terlihat ribet, berantakan, dan akhirnya membuat kita pusing sendiri. Nah bagaimana cara agar data channel vst pada patern yang tidak ada step nadanya dan tidak kita gunakan di hapus dengan cepat ?



Pertama : Pastikan dulu bahwa kita sudah menemukan sound yang tepat pada vst dan sudah terdapat step-step, baik itu bassline, melody dan lainnya yang kita gunakan untuk project lagu, agar tidak salah hapus. Karena setiap channel yang kosong akan terhapus.

Kedua : Pilih salah satu pattern, kemudian pada bagian bawah patern select ALL, agar semua channel yang kita insert terlihat semua. Baik channel vst maupun audio samples. Lihat gambar di bawah :

Pilih semua patern

Ketiga : Klik menu TOOLS, pilih Macros - pilih, select unused channel, maka otomatis semua channel yang tidak kita gunakan atau tidak berisi step-step nada di piano roll akan terpilih dan di tandai dengan warna hijau terang pada tiap channel. Lihat gambar:

Cara hapus channel vst dengan cepat


Empat : Tekan tombol ALT+ DELETE, akan muncul form konfirmasi yang menyatakan bahwa semua channel yang tidak digunakan akan di hapus dan tidak bisa di Undo / cancel. Pilh ok, jika yakin. Maka semua channel yg tidak digunakan akan terhapus dan hanya tersisa channel vst, audio, dan lainnya yang kita pakai pada pattern dan telah di susun di playlist fl studio 11.

Memang kita bisa hapus channel satu persatu, tapi itu akan memakan waktu. Jadi dengan fungsi macro menu kita bisa menghapus secara cepat. Tips tentang cara hapus channel yang tidak kita gunakan di fl studio 11 ini ane bagikan karena sering mengalaminya, Ribet jadinya sob... Karena setiap mengerjakan project membuat lagu dj atau remix selalu ubek-ubek isi vst instrument agar dapat sound yang bagus dan tepat. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.15

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.