Home » , » 2 Cara membuat sound tebal pada instrument lagu

2 Cara membuat sound tebal pada instrument lagu

Memiliki kualitas suara lagu yang tebal memang menjadi idaman bagi seorang musician home, yang setidaknya kualitas tidak jauh beda dengan kualitas studio recording. Sedikit ane berbagai tips tentang bagaimana membuat sound menjadi tebal/fat.

1. Pilih data source yang bagus.

Disini memang dibutuhkan kesabaran dan telaten dalam mencari data source suara yang tebal, yaitu harus dengar satu persatu data samples yang kita miliki dan juga suara-suara didalam vst intrument yang kita punya. Ini yang pertama ane lakukan sampai dapat samples dengan suara yang tebal, terutama untuk drumkit. Lebih menghemat waktu ketimbang sibuk seting eq.

2. Gunakan vst effect atau compresor (equalizing)

Walaupun kita dapat data source suara yang tebal belum tentu suaranya seperti yang kita harapkan, jadi untuk ini perlu proses eq dengan menggunakan vst effect atau compresor agar suaranya lebih warm dan tebal. Jika ente memakai FL studio terdapat banyak vst effect yang di sediakan pada mixer area. Yaitu seperti : parametric eq /2 ( terdapat preset setingan di dalamnya dan bisa kita gunakan). Dan juga bisa memakai vst effect compresor yang gratis seperti :

a. Density MkIII stereo bus dynamic prosecor ( download disini),

vst effect gratis untuk membuat suara tebal

Cara install : Setelah di extrack copy paste file densitymkIII.dll ke folder tempat ente install vstplugin lainnya. Jika menggunakan Fl studio, ke folder ini : C:\Program Files (x86)\VstPlugins.

b. Sousage fattener download: Plugin ini cukup terkenal dan banyak yang menggunakannya untuk membuat sound tebal. Bisa di letakkan di master dan single mixer, misalnya untuk setting sound bass dan kick, dan lainnya. Link alternatif download.

vst untuk nebalin suara lagu

Stereo compressor banyak sekali di internet yang gratis dan berbayar kita tinggal ketik digoogle untuk dapat informasinya. Untuk vst compresor yang paling banyak di pake orang adalah produk dari wavelab dan tube-tech cl ( ini yang di pake indra q sang master audio enginering indonesia). Silahkan ente coba dan dengarkan hasilnya. Itulah 2 cara membuat sound tebal, tapi ingat jangan sampai over ketebalan. Gunakan db metter untuk lihat grafik ouputnya.

Jangan lupa baca juga daftar vst plugin synths terbaik 2014, untuk dapat informasi vst instrument recommended.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.48

2 comments:

  1. Gan.. kan densitymkIII.dll udah dipindahin.. terus gimana lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. channel set ke mixer, trus di mixer tambahin plugin ini..selanjutnya di atur sambil di play di fl studio..tidak tahu cara set channel ke mixer serach di google box di atas : Cara set channel ke mixer

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.