Home » , » Cara agar bpm lagu jadi urut supaya lebih gampang di mixing

Cara agar bpm lagu jadi urut supaya lebih gampang di mixing

Bagi seorang dj newbie memainkan lagu dengan bpm yang sama akan jadi lebih mudah saat di mixing, di bandingkan dengan bpm yang berbeda. Maklum mungkin belum terbiasa mainin lagu dengan bpm beda, dan skill mixing masih belum mahir ( tapi harus selalu di latih). Jadi agar mudah lebih baik data lagu-lagu di buat urut ( bpm sama). Dan cara agar bpm lagu jadi urut supaya lebih mudah di mixing adalah dengan menggunakan software. Yang belum tahu tentang bpm, silahkan baca - Apa itu bpm.

Software untuk mengurutkan bpm bisa memakai virtualdj, dan bpm analizer atau software lainnya yang mendukung. Kali ini ane share langkah-langkah bagaimana mengurutkan bpm lagu di wondows explorer dibantu software bpm analyzer. Sebelumnya silahkan download di sini bpm analyer ( buatan mixmeister).

1. Setelah ente download softwarenya, segera instal dan buka, kemudian select all (control+A) drag data lagu-lagu koleksi ente yang khusus buat perform ke software bpm analyzer. Bisa juga melalui icon open file dan folder di software. Lihat gambar:

software gratis untuk scan bpm lagu

Tunggu sampai proses analyze selesai dan semua bpm lagu yang telah kita load ke software telah terbaca. 99% bpm, akurat.

2. Selanjutnya tampilkan label beat per minutes di windows explorer agar keterangan berapa bpm lagu yang telah di scan di software bpm analyzer terlihat. Caranya, klik kanan di tulisan title, atau album, kemudian pilih MORE, pada list item yang muncul pilih beat per minute. Centang dan klik ok. Lihat gambar:
cara aktifkan item bpm di windows explorer

3. Jika label bpm sudah di aktifkan maka, bpm tiap lagu koleksi ente yang khusus buat perform akan terlihat dengan jelas di sebelah kanan windows explorer.

4. Agar bpm lagu jadi urut klik pada label beat per minutes, maka tiap lagu yang bpmnya sama akan tersortir berdasarkan nilainya seperti pada gambar di atas.

5. Langkah terakhir setelah bpm di sortir buatlah folder baru dan di beri nama sesuai bpm . Misalnya..Data lagu bpm 128, dan seterusnya. Pindahkan data lagu ente ke folder sesuai bpmnya. Selesai.

Begitulah sob,  cara agar bpm lagu jadi urut dan rapi bpm pada hardisk, dengan cara ini seorang newbie dj akan lebih mudah dan mungkin tidak parno/nervous nantinya pada saat perform langsung di hadapan crowd. Dan ini adalah salah satu tugas dj juga dalam mempersiapkan lagu-lagu yang akan di mainkan, yang pernah ane bahas pada postingan standar kompeten kerja dj indonesia. Langsung pratekin aja sob..semoga dj tips ini membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 07.39

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.