Home » » Standar kompeten kerja DJ seluruh indonesia

Standar kompeten kerja DJ seluruh indonesia

Point-point Standar Kompeten Kerja buat Profesi DJ Indonesia ini di ambil dari page facebook pdji dan reference dari site http://www.pdji.org. Hal ini di karenakan di indonesia masih banyak dj yang belum mengerti standar kerja sebagai dj (terutama dj newbie), maka pdji merumuskannya. Mari kita bahas bersama-sama agar kita lebih jelas.

standar kompeten kerja dj indonesia

1. DJ perlu paham Kontrak Kerja,

Apa itu kontrak kerja ?
Perjanjian dua belah pihak yang saling kerja sama secara tertulis. Simplenya begini ; Di dalam kontrak kerja antara dj dan pihak club/lainya terdapat perjanjian kerja sama dan peraturan-peraturan dan kewajiban yang harus di sepakati kedua belah pihak. Misalnya point bayaran bagi dj yang akan perform yang masa jangka waktunya ditentukan, sekali perform, seminggu, sebulan. Jam berapa harus tampil perform dan lainnya. Harus jelas dan tertulis untuk menghindari kesalahpahaman. DJ harus paham masalah kontrak kerja ini, demi mnghindari kejadian yang tidak di inginkan yang biasanya merugikan DJ.

2. Memiliki photo pribadi yang bagus/ keren, (resolusi besar)/material promo pribadi.

Karena photo pribadi tujuanya untuk promosi tentu saja kita harus gunakan yang terbaik (good look). bayangkan saja photo ente terpasang di banner besar pinggir jalan (jika dapat job). Wiihh.. Jangan lihat photo ane ya..kurang keren..hehe

3. Dapat mengirim dan menerima email.

Sebenarnya tidak perlu dibahas karena ente yang baca postingan ini pastinya sudah bisa mengirim dan tahu cara kirim email.

Emang ada bro, di jaman serba canggih sekarang ini ada dj yang gaptek alias tidak bisa mengirim email ? Hehe..ada sob..Ane punya pengalaman. Teman ane sendiri malahan..Ceritanya teman dia mau memberi lagu tapi dikirim lewat email. Ketika di minta alamat emailnya malah bingung dia. Haha..Maklum dj resident tetap, kerja full time sampai tidak sempat membuat email. Rutinitasnya kerja pulang tidur, kerja lagi. Ujung-ujungya ane yang buatin email buat dia. Masalah pertama selesai, dan masalh kedua timbul. Pas lagu sudah di kirim sama teman dia, giliran bingung lagi cara buka emailnya..haha.., padahal lagu yang dikirim bagus dan penting karena lagu hit..Aduh kebayang nggak sih ente ? Ane lagi tidur di call cuma mau nanya cara buka emailnya gimana ?!" Waduuh..kok jadi ngomongin orang nih...

 Yo wes langsung ke inti saja kenapa seorang dj harus bisa mengirim dan menerima email ? Alasan sederhananya adalah seperti kasus di atas yang ane ceritain. Alasanya lainya yaitu : Mempermudah kita untuk proses pengiriman data dengan cepat, promosi, melamar kerja, pembuatan account online. soundcloud, youtube dan lainya ( untuk media promo mixtape). Pikir sendiri dah.

4. Mempersiapkan lagu sebelum tampil sesuai thema acara

Ini penting sekali bagi seorang dj sebelum tampil harus mempersiapkan lagu-lagu yang akan di mainkan sesuai thema acara (framing/liveset). Dan ketahui terlebih dahulu konsep acaranya, misal : Ketika dapat job even party home, lagu-lagu yang akan di mainkan tentu berbeda dengan apa yang di mainkan di club. Jadi lebih baik di susun dulu, genre lagu apa saja yang akan di mainkan, mana lagu yang akan di putar di awal perform sampai selesai (membuat playlist). Kita bisa lihat video di youtube bagaimana dj profesional, seperti armin, afrojack dan lainnya. Sebelum tampil mereka telah menyusun live set sehingga enak di nikmati crowd (audien).

Persiapan lagu sebelum tampil juga akan menghindari kita dari kepanikan. Kasus yang terjadi sering di alami dj yang tidak set terlebih dahulu biasanya pada saat lagu pertama mau habis, lagu kedua belum ketemu yang tepat/cocok. Panik dah akhirnya. Kacau. Silahkan baca tips menyusun lagu sebelum perform.

5. Mempersiapkan penampilan sesuai thema acara

Orang bijak mengatakan : "Pakaian yang kita kenakan menentukan siapa kita". Apalagi di dunia entertainment.

6. Tahu alat DJ yg digunakan

Nah ini..point sangat penting bagi seorang dj. Jangan sampai tidak paham alat yang digunakan karena bisa berakibat fatal jika sedang perform. Minimal paham dan mengetahui tombol di alat dj yang biasa digunakan untuk proses mixing. Misalnya : Letak tombol loop, play/pause/stop, cue phone di mixer dan lainya. Ini menghindari salah pencet/tekan tombol pada saat sedang live. Wow..

7. Dapat memasang Alat DJ.

Yang di maksud poin ini adalah jangan sampai seorang dj tidak bisa mengatur tool yang umum digunakan ( all dj set). Misalnya : Menyambung cdj player ke mixer dengan benar sampe suara out terdengar ke speaker dan lainya yang berhubungan. Hal ini karena masih ada dj yang hanya bisa memainkan alat saja, ketika semua sudah ready. Ketika harus memasang sendiri malah kelabakan tidak tahu cara setting alat dj..Lucu kan ? Dj play.

Jadi itulah kenapa seorang dj harus benar-benar bisa meng-setting dj tool sendiri agar lebih proffesional di bidangnya.

8. Dapat melakukan 'mixing' secara manual (bukan dengan software), Serta memiliki Pengetahuan, Keterampilan lain serta sikap baik yg menunjang kompetensi profesi DJ.

Bisa mixing manual dengan alat (minimal cdj player), tanpa software adalah sangat di tekankan bagi seorang dj. Dan memang inilah skill yang paling vital. Ini merupakan sindiran juga bagi dj pemula yang hanya bisa menggunakan dj controler saat perform. Ketika ketemu alat manual, binggung karena tidak bisa dan belum belajar, baik di DJ school atau private.

 Pdji melihat sekarang ini banyak sekali bermunculan dj yang hanya bisa memakai controler. Bisa di katakan kurang profesional. Boleh saja menggunakan dj contoler dan software asal menguasai juga alat manual. Maklum terkadang repot juga bawa alat yang berat mengingat jam terbang yang tinggi.

Wah..ane bingung mau nulis apalagi nih..kopi dah habis..

Intinya jika ingin menjadi dj proffesional standar kompeten kerja ini harus kita miliki, bila memang ingin serius mencari income dari job dj. Kecuali yang hanya menyalurkan hoby saja, itu terserah kita. Semoga ini bisa menambah pengetahuan ane dan ente. Kurang lebihnya mohon maaf. Jika ingin menambahkan silahkan comment.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 02.16

7 comments:

  1. Untuk point ke dua, seberapa penting sih ke'ganteng'an dj itu? Jika point yang lain sudah paham dan kendala di point kedua.

    Best regards.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg dimaksud point ke2 adalah photo buat profilnya, usahakan sebagus mungkin, dan penampilan yang enak dilihat..soal face jangan terlalu dipikirkan yang penting kepribadian bagus dan skill.. dj ganteng kalo songong dan main gk bagus juga citranya jadi jelek. Dan sebaliknya, biarpun tampang pas pasan kalo skill sesuai standar PDJI dan memiliki attitude yang bagus orang akan suka..

      Hapus
  2. Min, lebih baik mana sih, nge dj manual ato nge dj yg pake software?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih bagus manual .. tapi jaman sekarang usahakan menguasai juga djing menggunakan software dan controler

      Hapus
  3. Min mau tanya nih...
    Saya punya keinginan berkarir menjadi dj.
    Tapi nol soal peralatan dan mainin alatnya.
    Punya keinginan gini karena saya suka dengerin lagu" edm.
    Mau ambil kursus, tapi setelah lulus apakah kita langsung dapat job manggung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soal job nantinya tergantung ente sob.. tempat kursus melihat kemampuan muridnya setelah lulus..apakah layak dikasih job manggung atau belum.. Yang penting bisa dulu... soal job.. pasti ada. Karena setiap keahlian ada pasangannya ( yg membutuhkan )

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.