Home » , » Cara convert mp3 standart ke kualitas audio untuk dj dengan software gratis

Cara convert mp3 standart ke kualitas audio untuk dj dengan software gratis

Mengingat sekarang banyak alat dj  yang sudah support format mp3 file, bukan hanya cd audio saja maka bitrate mp3 yang standart misalnya 128kbbps harus kita naikkan /convert menjadi 320kbps/44 - 48khz. Agar kualitas (frequence) suaranya menjadi lebih bagus saat digunakan untuk perform. Convert / menaikkan bitrate file mp3 ke yang lebih tinggi bisa menggunakan software Daw seperti : Fl studio, abelton, Nero burning room,  dan lainnya. Tapi software itu tidak gratis. Postingan kali ini ane share software gratis untuk convert mp3 yang bisa kita download di internet (freeware). Yaitu :

1. Audacity : Download disini

Cara convert :
a. Klik file open- brows tempat ente menyimpan lagu, pilih dan klik open.
b. Setelah lagu di buka di audacity, klik menu File- kemudian pilih export.
c. Pada kotak dialog pilih 'save in, untuk tempat ente akan menyimpan hasil export, dan di kotak nama file silahkan isi sesuai lagu.
d. Bagian Save as type pilih mp3 format. Lihat gambar di bawah :

Convert mp3 kualitas tinggi

e. Selanjutnya klik Option untuk melakukan penyetingan bitrate dan frequence. Bagian quality pilih dan rubah ke 320kbps. Lihat gambar :

cara setting mp3 lagu ke 320 kbps

Jika sudah di seting seperti pada gambar di atas, selanjutnya pilih ok, tunggu proses selesai maka lagu ente yang kualitas bit rate standart (96, 128,192kbps) akan berubah menjadi 320kbps kualitas lagu untuk dj perform. Tapi ingat bukan berarti lagu mendem jadi bagus jika di naikkan bit rate-nya ke 320. Karena data source lagu juga berpengaruh akan hasilnya.

Cara melihat kualitas lagu dengan bit rate 320 kbps bisa menggunakan software winamp, yaitu ketika di play lihat di bagian tengah player winamp maka  akan tertera 320kbbs. Atau bisa menggunakan windows explorer dengan cara label bitrate di aktifkan. Cara memunculkan label bit rate lagu di windows cukup klik kanan pada label "name, kemudian pilih MORE, kemudian centang Bit Rate. Jika telah aktif maka bitrate tiap lagu akan terlihat. Seperti gambar di bawah ini :

Menambilkan label bit rate lagu di windows

2. Convert dengan software FreeMakeAudio Conveter 

Download di sini audioconveter

Dengan software ini proses convert lebih simple.
Caranya: Setelah di install, buka software free make audio convert dan pilih tombol AUDIO, brows lagunya dan pilih open. Kemudian klik mp3. Pada bagian preset pilih 320kbps /48khz, pada save to silahkan rubah ke folder target tempat menyimpan hasilnya.

Ok sob, Inilah cara convert mp3 standart ke kualitas audio untuk dj dengan 2 software gratis di dwonload (freeware software). Silahkan ente coba dan praktekan. Semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 22.29

7 comments:

  1. Sudah cukup membantu, Tapi pas saya mau save ada notif "Could Not Open Encoding Library". Caranya gimana, gan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake software yang mana..? biasanya lame_encode.dll ilang.. install aja softwarenya

      Hapus
  2. bang apakan naikin kbps kaya begini bakalan nikin level si trim di djm? se umpama sebelum di format trim bisa menunjukan di level 10 pada putaran knob di arah jarum jam 3 apakah setelah di format trim akan menunjukan level 10 pada jarum jam 12? tolong di jawab ya bang makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggaklah sob.. bitrate hanya menaikkan frequensi.. kalo mau besar suaranya, gain nya yg harus di naikin. Gunakan saja mp3 gain software.

      Hapus
  3. Tanya om, kenapa ya format mp3 320kbps tdk bisa jalan di winamp dan bagaimana cara mengatasinya? Thnks before

    BalasHapus
  4. uninstall dan install ulang aja winamp nya. mungkin ada file mp3encode nya yg hilang

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.