Home » , » Cara mengetahui tempo lagu atau bpm di fl studio

Cara mengetahui tempo lagu atau bpm di fl studio

Cara mengetahui tempo sebuah lagu atau bpm di fl studio sebenarnya sangat mudah, dan ini bisa kita lakukan di dalam playlist atau di channel setting. Untuk teman-teman yang belum tahu cara detect tempo lagu di fl studio di bawah ini caranya :

Detect tempo lagu dari Channel :

1. Load lagunya ke channel, caranya klik menu addone-insert audio - klik gambar map, kemudian browse tempat ente meletakkan data lagu.

2. Kemudian klik kiri channel lagu yang sudah di load, lalu klik kanan di bagian bawah dan pilih "detect tempo. Tunggu sebentar karena ada proses stretching data lagu. Setelah proses selesai kita akan melihat berapa jumlah tempo lagu di box tempo detection. Lihat gambar di bawah :

mengetahui tempo lagu di fl studio

Mengetahui tempo lagu dari playlist Fl studio

1. Tampilkan playlist fl studio ente, tekan F9, atau klik menu icon mixer di sebelah kanan atas. Buka windows explorer dan buka folder tempat ente menyimpan lagu ( kecilkan windows explorer agar mudah). Kemudian drag lagu ke dalam playlist.

2. Klik bagian depan lagu yang telah ente load ke dalam playlist ( icon tombol play yang di lingkari warna merah). Kemudian pilih "detect tempo atau Fit tempo. Lihat gambar di bawah :

Cara mengetahui tempo lagu di fl studio 11

Begitulah 2 cara mudah mengetahui tempo lagu atau bpm di fl studio 11 atau versi sebelumnya. Caranya sama saja. Dan setelah mengetahui tempo lagu jangan lupa set bpm project fl studio, samakan nilainya dengan tempo lagu yang telah di ketahui dengan proses detect tempo di atas. Tapi jika ente tidak ingin merubah tempo lagu aslinya.

Tapi jika ente ingin di edit ke genre lagu dj sebaiknya gunakan fit tempo, bukan detect tempo. Fit tempo ini sebuah tool di fl studio yang bisa mengunci tempo lagu ke bpm target yang di set di tempo master. Sehingga tempo lagu tidak berubah-ubah. Semoga membantu

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.23

8 comments:

  1. bagaimana kalau setelah detect tempo temponya 102 bpm padahal saya mau merubahnya ke 145 bpm

    BalasHapus
    Balasan
    1. pilih fit tempo aja.. pilih 100 - 200.. terus di beatmap

      Hapus
  2. Balasan
    1. ada banyak butuh genre lagu apa.. via wa aja dihalaman contact

      Hapus
  3. bang kan ane udah fit to tempo, pas menit pertama udah sama, lama kelamaan Lari bang, cara atasinya gmn y bng, mohon bantuannya. yang lagu Inna - Amazing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Potong aja yg bagian lari.. atur snapnya.. terus geser2.samakan sama beat

      Hapus
  4. Mas saya punya cita cita ingin menjadi kayak hardwell tapi mas saya masih susah belajar di fl studio dari tutorialnya saya kurang ngerti
    Bisa tolong ajarin saya mas
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. BANG BOLEH GK BIKIN LAGU HIP HOP, SAYA SARI TIMOR LESTE.

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.