Home » , , » Enak mana pake cdj player apa Controler ?

Enak mana pake cdj player apa Controler ?

Memang dj sekarang ini banyak yang menggunakan controler dan cdj player untuk peforming di club atau pada event tertentu. Timbul pertanyaan dari beberapa teman yang masih pemula dalam dunia djing, enak mana pake cdj player apa controler ? Banyak faktor untuk menjawab petanyaan ini. Di antaranya adalah masalah kenyamanan, kupasan, dan kualitas suara.

Jadi enak mana pake cdj player apa controler ?

Enak mana pake cdj player apa Controler

Tergantung sob..ada beberapa faktor yang harus kita perhatikan antara memakai cdj player dan controler, di antara adalah:

Dari segi kepuasan saat peform. 

Seorang dj biasanya punya pandangan sendiri. Ada yang lebih puas pake cdj player karena alasan tertentu. Bisa karena kualitas suara yang di hasilkan dari cd audio atau bisa juga karena sisi style dan kreativitas lebih terlihat bahwa seorang dj yang menguasai bidangnya. Semua proses djing di lakukan manual, speed hunting contohnya, tanpa bantuan software. Sedangkan jika memakai dj controler bisa instant / otomatis. Tanpa speed hunting pun lagu di deck A dan B, bisa sync. So, jika di lihat dari segi kepuasan lebih enak memakai cdj player.

Dari segi kemudahan :

Jika menggunakan alat cdj player proses beat-match di lakukan secara manual dan harus menguasai teknik-teknik dj. Dan jika cdj player tersebut tidak support usb disk maka dj harus selalu burn cd audio setiap kali update lagu untuk di mainkan. Namun berbeda lagi jika cdj player yang digunakan sudah support usb disk, data lagu bisa dari keduanya.

Jika memakai dj controler ada kemudahan pada saat mixing lagu karena di bantu oleh software yang digunakan, salah satunya yaitu : Proses beat-match bisa otomatis jika lagu di load ke dalam software jika settingan software di set auto beat-match / sync. Ini bagi dj pemula cukup membantu sekali dibandingkan memakai alat dj manual. Juga pada data lagu, dengan mudah bisa mengambil dari laptop, hdd external, usb disk, tanpa harus burning cd audio. Jadi dari segi kemudahan lebih enak memakai dj controler.

Segi harga alat :

Dari segi harga cdj player jika type yang baru seperti cdj 2000 harganya lebih mahal ketimbang dj controler dan selisihnya banyak. Namun tentu tergantung dari type alat untuk soal harga, untuk harga dj controler yang murah silahkan lihat postingan ini : Dj controler murah. Harga alat dj player yang suport usb disk dan software kisaran 9jt / - 30jt per unit. Sedangkan type alat dj yang hanya bisa menggunakan cdj audio untuk perform lebih murah, yaitu kisaran 5 - 9jt/unit, kurang lebih.

Dari segi harga tergantung type alat juga, jika buget kecil tentu lebih enak menggunakan dj controler. Tapi jika buget cukup belilah cdj player yang support dengan software dan usb disk.

Jadi kesimpulannya lebih enak mana pake cdj player apa controler untuk perform tergantung dari faktor-faktor di atas. Silahkan pikirkan dan sesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 20.48

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.