Home » , » Cara mudah menaikkan volume suara lagu yang pelan

Cara mudah menaikkan volume suara lagu yang pelan

Sering kali ane dapat lagu-lagu update yang suaranya pelan di bawah 0db, volume lagu - 60db kadang -80db. Jadi kebanting dengan suara lagu lainnya yang sudah standar 0db, biasanya pada lagu-lagu trance. Heran padahal sudah di jual publik kenapa volume lagu belum di buat standar. Jadi, solusi yang mudah menaikkan volume suara lagu yang pelan, ane cukup pake Aplikasi Nero wave Editor.

Software ini ada di dalam aplikasi Nero burning room ultra edition, dan tidak di semua software nero aplikasi nero wave editor tersedia. Apalagi yang dari cd bawaan ketika membeli dvroom, nero express adanya hanya untuk burning cd audio. dvd data, cover designer dan lainnya. Khusus untuk edit audio tidak ada seperti yang terdapat pada Nero burning room ultra edition.

Cara mudah menaikkan volume suara lagu agar besar / standar 0db adalah sebagai berikut :

1. Download software Nero ultra edition v.6  di sini, kemudian bongkar datanya dengan software winrar, klik kanan file dan pilih extract here.

2. Install dan isikan nomor serial yang ada didalam file notepad, ganti saja, karena pada saat di install nomor serial nero bawaan akan langsung ada pada kotak serial. Jika tidak di ganti dengan serial yang ada di notepad maka tidak bisa di next untuk proses instalasi.

3. Setelah selesai buka nero startmart tunjuk pake mouse icon musik, klik dulu mode advanced task seperti pada gambar,  dan pilih edit audio :

Cara mudah menaikkan volume suara lagu

4. Buka windows explorer dan drag lagu yang akan di naikkan volume agar lebih besar ke software, setelah masuk ke dalam wave editor, tekan ctrl+A ( select all).

5. Klik menu Volume , pilih Normalize ( 0 db) kemudian ok. Selesai lagu akan otomatis menjadi besar volume ke standar 0db, dan selanjutnya jangan lupa save ( Ctrl+s / ), atau klik gambar disket.

Masih kurang jelas silahkan lihat video cara mudah menaikkan volume lagu di bawah ini :


Selain menggunakan Nero wave editor kita bisa juga memakai software gratis Audacity, silahkan download di sini. Dan cara sama saja dengan memakai software nero hanya saja beda menu, tapi tetep pada tool Normalize.

Tips cara mudah menaikkan volume lagu tambahan :

Biasanya ketika di normalize ada sebagian lagu yang tetap pelan ini karena ada bagian lagu frequence hight, mid, kelebihan. Sebaik kecilkan dulu dengan tool volume change ( turunkan ke -2 atau sesuaikan) yang ada di menu Volume di nero wave editor. Setelah di kecilkan dengan cara di block bagian yang terlihat paling tinggi pada grafik wav, kemudian baru di normalize proses. Jika terjadi kesalahan tekan Ctrl+Z, untuk Undo.

Bagaimana jika di normalize 0 db tetap suara lagu masih pelan ?

Gunakan fitur Volume - Volume change, rubah nilainya ke 2 atau 3, atau sesuaikan kira-kira berapa Db kurangnya. Atau coba naikkan loudness lagu, dengan cara klik menu Effects , pilih loudness, klik ok, lalu save. Selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.05

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.