Home » , » Kenapa bledak bleduk alias ngeprak saat mixing lagu ?

Kenapa bledak bleduk alias ngeprak saat mixing lagu ?

Ada yang nanya kemarin. "Bro, kenapa ya saya masih suka bledak -bleduk pas mixing lagu di cdj ? " Maklum masih pemula, gimana solusinya. Bahasa gaulnya kalo dj mixing nggak halus namanya "ngeprak", dan ini memang wajar bagi pemula yang biasanya belum lama belajar di sekolah DJ atau otodidak sendiri karena punya alat. Lagu terdengar ngeprak ini juga bisa terjadi juga walaupun mixing lagu live menggunakan software virtualDJ, Traktor, Serato, dan lainnya, walaupun sudah ada fitur sync ( beat-match ) untuk menyamakan beat dan bpm lagu.

bledak bleduk alias ngeprak saat mixing lagu

Kenapa bledak - bleduk / ngeprak saat DJ mixing lagu secara umum ada 2 sebab, yaitu :

1. Tempo / bpm di antara kedua lagu belum sama.

Solusinya jika kita menggunakan Cdj player cukup melakukan proses speed hunting, di sini harus jeli. Yang dilihat pada tampilan monitor di cdj nilai bpm memang sama, tapi sebenarnya itu masih kurang sedikit, sehingga masih terdengar ngeprak. Jangan lupa sebaiknya proses menyamakan bpm lagu ini dilakukan di dalam headphone, jangan dalam keadaan kedua lagu sudah berada diatas. Karena audien bisa mendengarkan kalau masih ngeprak bledak - bleduk sebab belum sempurna. Terdengarnya suara lagu ngeprak saat diatas ( speaker ) saat dj mixing akan menimbulkan kesan belum profesional.

2. Ketukan kedua lagu belum sama / berbarengan / sejajar atau kurang rapat, walaupun bpm sama.

Ane kasih contoh perumpamaan agar paham dengan menggunakan visual grafik wave di virtualdj 8, di bawah ini :
Kenapa bledak bleduk alias ngeprak pas mixing lagu

Dari patokan gambar diatas anggaplah lagu pertama adalah yang berwarna hijau dan lagu kedua warna merah. Sekilas memang tampak sama ( rapat) tapi ada jarak sedikit sehingga yang terjadi jika didengarkan akan terdengar belum sama "Ngeprak".  Cara menyamakan yaitu dengan menggerakkan JogDial tombol kebawah atau keatas sampai ketukannya sama ( rapat ).

Jika menggunakan Jogdial ketahui dulu kira harus keatas atau kebawah, kalau salah akan tambah ngeprak. Karena cara yang mudah adalah dengan memakai JogDial untuk merapatkan ketukan agar tidak ngeprak, dengan syarat bpm kedua lagu sama. Proses ini bisa di bilang penyempurnaan proses mix pada lagu saat live mixing.

Pada kasus di club terkadang ada DJ yang kurang peka kupingnya sehingga tidak tahu kalau sebenarnya saat dia mixing terdengar ngeprak. Bahkan juga ada yang tidak tahu cara mengatasinya sehingga dibiarkan saja. Jika teman Ente yang main sebaiknya di kasih tahu secara halus, jangan sampai menyinggung, karena memang proses mixing lagu agar terdengar halus itu tidak mudah jika menggunakan Cdj player manual.

Dan jika bukan teman Ente, cukup tahu saja dari pada di kasih tahu nanti dikira sok tahu. Termasuk Ane posting tentang dj tips ini, bukannya Ane sok tahu atau menggurui sebab ini cuma sekedar share saja pengalaman dulu sewaktu masih aktif. Itulah 2 sebab kenapa suara bledak - bleduk alias ngeprak saat mixing lagu. Semoga dj tips ini bermanfaat, untuk pemula.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.15

7 comments:

  1. Hallo mas bro hendryAL
    Tombol jogdial itu apa ya? terus berlaku untuk virtual dj kah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di virtualdj gk ada...Jogdial adanya di CDJ player. Kalau di virtualdj bisa pake pitch bend (+ - ).

      Hapus
  2. om, kok di virtual dj saya pas lagi musik nya di play kok audio nya krasak krusuk gitu ya?

    BalasHapus
  3. Hello mas hendry,
    Iya bener banget. Tanpa bantuan laptop pake cdj 800 mk2 + djm 350 sulit banget, di headphone udah pas eh di speaker masih ngeprak.

    Mas, waktu saya latihan pake cdj, kok temponya berubah ya? Pas di play/cue temponya 85, selang 4-8 beat jadi 87.

    Kemudian, gimana caranya mengkalikan 2 tempo yang ada di cdj? Saya main hard dance cdj kanan 170 yang kiri 85.

    Best regards.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Play dulu sampai 1 menit lagunya nanti ketahuan bpmnya aslinya..

      Itu dah perkalian 85x2 =170, jika dibaca 85 berarti bpmnya 170 jika tempo memang terdengar cepet..

      Hapus
  4. Mas hendryal mau nanya niih
    Ane blajar pakai controller software serato nah di situ setiap saya masukin lagu ke setiap deck kok ada yg gak ke baca/ gak tercantum nilai bpm ny . Tapi ada juga yg tercanm

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.