Home » , » Midi Controler tidak bisa conect ke FL

Midi Controler tidak bisa conect ke FL

Haloo sob...Ada yang pernah mengalami midi controler tidak bisa conect di Fl studio ? Walaupun sebenarnya untuk  Fl versi terbaru fitur ini secara default sudah aktif. Tapi kadang mungkin karena faktor tidak sengaja fitur midi controler ke seting off. Tapi tidak untuk Fl studio versi lama 9 kebawah fitur midi harus diaktifkan manual. Nah, bila teman - teman ada yang mengalami trouble midi controler tidak bisa connect / terhubung lagi di Fl studio, biasanya penyebabnya adalah :

1. Fitur midi option setting belum di enable, alias belum di aktifkan. Cara aktikan fitur midi controler di FL studio cukup mudah, Yaitu klik menu Option - Midi setting kemudian bagian pengaturan " Controler type", midi centang menjadi enable.

Midi Controler tidak bisa conect ke FL

Seperti pada gambar diatas, bila off / disable maka setiap midi controler tidak akan bisa conect ke Fl stuido. Jika sudah aktif / enable biasanya midi controler langsung terhubung dan bisa langsung di coba. Load salah satu vst plugin instrumen kemudian tekan keyboard tuts.

2. Driver bawaan Midi controler belum terinstall ke komputer dan mapping list controler belum tersedia di Fl studio, sehingga driver harus di install terlebih dahulu agar dikenali windows / mac os. Ane pernah alami masalah ini sewaktu memakai Creative prodikeys dm ( keyboard plus midi ), gara - gara driver dan aplikasi pendukung lainya belum di install tuts tidak berfungsi sama sekali. Solusinya cuma intall driver bawaan, dan midi controler yang tidak bisa conect langsung terhubung.

Tapi jika midi controler yang kita gunakan sudah ada didalam list maping Fl studio, seperti pada gambar diatas, solusinya agar conect kembali midi controlernya cukup aktifkan saja pengaturan midi ( di enable ).

Sebenarnya mengunakan midi controler tujuannya agar lebih memudahkan kita dalam mencari chord lagu yang akan diremix atau cari nada melody secara live di Fl. ketimbang menggunakan keyboard standar buat mengetik yang tidak bisa menekan tuts kesamping kanan karena tombolnya terbatas. Walupun tanpa midi controler kita bisa juga langsung ngebatik / aransemen nada di dalam piano roll tiap channel vst plugin yang digunakan. Ketika remix lagu di Fl studio Ane juga jarang sekali memakai Midi controler, proses membuat melody langsung didalam piano roll, karena ini lebih simple menurut Ane.

Buat teman - teman yang masih pemula dan punya buget, jika ingin mudah dalam mencari chord lagu atau nada - nada ketika aransemen musik lebih baik gunakan midi controler. Sekarang harga midi controler murah -murah dibawah 1 juta juga banyak. Ok, itu saja tips Ane mengatasi masalah midi controler tidak bisa conect di Fl studio, caranya seperti diatas.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 19.54

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.