Home » , » Trik mengunakan headphone sebagai mic

Trik mengunakan headphone sebagai mic

Pernahkah mengalami masalah saat tampil perform tapi lupa membawa mic ? Atau ditempat tampil tidak disediakan mikrofon sehingga pada saat ingin cuap - cuap, atau sekedar menginformasikan sesuatu kepada crowd mic tidak ada. Jangan khawatir sebenarnya headphone yang kita gunakan juga bisa berfungsi sebagai mic, tapi untuk jangka pendek. Tapi sangat jarang terjadi ya, di club tidak menyediakan microfon. Tapi untuk jaga -jaga jika sewaktu - waktu memerlukan mic tapi tidak ada trik menggunakan headphone dj sebagai mic ini patut dicoba.

Trik mengunakan headphone sebagai mic

Headphone dan mic punya kemiripan

Headphone dan mic sebenarnya sangat mirip, keduanya sama -sama mengandung diafragma. Pada dasarnya Headphone dan mic sama -sama menghantarkan getaran, hanya saja pada headphone mengetarkan diafragma untuk membuat suara, sementara mic memantau getaran dari suara untuk merekamnya.

Trik untuk menggunakan headphone sebagai mikrofon.

Untuk menggunakan headphone sebagai mic caranya masukkan headphone kedalam lubang mic di mixer dj. Jangan lupa volume mic dimixer turunkan kebawah terlebih dahulu untuk menghindari noise feedback yang besar. Selanjutnya naikkan level volume mic dimixer sesuai kebutuhan. Jika dimixer yang digunakan memiliki fitur eq untuk mic lebih baik set ke frequence hight ( kecilkan bagian low ) ini untuk menghindari hasil suara bergemuruh dan tidak jelas. Cara menggunakan untuk talking sama dengan mic yaitu dekatkan mulut ke penerima suara.

trik Talking dj memakai heaphone

Setting juga Fx suara khusus suara mic pada mixer jika ada, agar suara yang keluar jadi bagus. Pada mixer dj biasanya selalu disediakan eq dan fx pada bagian mic input mengingat bagian ini sering juga digunakan oleh para dj untuk talking. Contoh pada mixer Djm 2000.


Satu hal yang penting jika ingin mengunakan Headphone sebagai mic sebelum menggunakannya lebih baik matikan dulu speaker monitor terdekat. Tujuannya adalah unuk menghindari suara feedback ( suara nguiiiikkk ) yang besar karena sifat headphone yang memiliki cakupan penerimaan suara yang besar.

Tapi menggunakan headphone sebagai mic ini sifatnya sementara, setelah selesai langsung copot lagi dari lubang mic. Ya kalau tidak segera dicopot ente nanti tidak bisa memakai headphone buat mixing ( cue mix ), hehe..Jadi buat darurat saja trik menggunakan headphone jadi mic ini. Silahkan dicoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 04.38

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.