Home » » Merekam lagu yang diputar di Virtualdj 8, bikin mixtape

Merekam lagu yang diputar di Virtualdj 8, bikin mixtape

Merekam lagu yang diputar di virtualdj 8 memang caranya sedikit berbeda dengan virtualdj 7, karena letak tombol record beda. Pada virtualdj 8 ada 2 proses merekam yang umum bisa kita lakukan yaitu rekam sampler dan rekam audio / lagu yang dimainkan di deck A dan B. Dan biasanya ini dilakukan ketika kita ingin membuat mixtape / lagu nonstop lewat merekamnya di aplikasi Virtualdj 8. Cara merekam lagu yang di putar di vdj 8 sangat mudah, yaitu :

1. Klik menu config dulu letaknya di pojok kanan atas / gambar gerigi, kemudian pilih Tab Record, lalu klik tombol seperti pada gambar dibawah untuk mengatur dimana akan menyimpan hasil rekaman. Secara default biasanya lagu yang di rekam akan masuk kedalam folder  C:\Users\username\Documents\VirtualDJ\Sampler\Recordings\hasil.mp3.

Merekam lagu yang diputar di Virtualdj 8

Bagian patch filename jangan sampai tidak di setting karena virtualdj 8 tidak akan merekam ( Blank patch). Klik tombol yang ane lingkari warna hijau dan browse tempat ente akan menyimpan hasil rekaman. Ketik nama file dan Save.

2. Klik Start record jika ingin memulai merekam, jangan khawatir virtualdj 8 tidak akan merekam apapun sebelum ada lagu yang di putar di deck A / B. Karena status masih menunggu input suara yang akan di rekam.

Format file apa sebaiknya jika merekam lagu di virtualdj 8 ?

Jika space hardisk Ente besar lebih baik pilih format file wave karena hasil suaranya lebih bagus ketimbang mp3, tapi kapasitas filenya akan besar jika merekam dalam durasi panjang. Di sarankan untuk membuat mixtape durasi sekitar 70 menit. Tapi...Jika lagu hasil rekaman ingin di upload di soundcloud lebih baik format mp3 saja agar gampang upload.

Cara kedua merekam di Virtualdj 8 :

Klik Tab master di bagian audio mixer virtualdj 8, pastikan tombol rec dalam keadaan On. Lihat gambar dibawah :
Cara merekam lagu di virtualdj

Klik tombol rec yang berada dibawah tulisan record broadcast mix jika ingin memulai merekam lagu yang diputar / dimainkan / mixing. Proses merekam sama yaitu menunggu lagu diplay di kedua deck. Cara kedua ini lebih simple tapi kadang jika belum melakukan pengaturan tempat penyimpanan lagu hasil rekaman, virtualdj 8 tidak mau melakukan proses merekam lagu.

Ok, gitu sob cara merekam lagu yang di putar divirtualdj 8, dan cara membuat mixtape dengan menggunakan software virtualdj adalah seperti ini, dimainkan / mixing secara live dahulu kemudian direkam. So, bagi Ente yang bingung bagaimana cara membuat mixtape bisa menggunakan virtualdj 8 dan juga versi sebelumnya. Bisa juga dengan memakai aplikasi dj lainnya, TraktorDj, mixxx, yang pernah ane bahas diblog ini. Semoga membantu, ada masalah silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 20.46

7 comments:

  1. Mixtape dengan durasi 70 menit? Kalo cuma 40-50 menitan gimana? trus biar gak kena masalah sama yang punya track di soundcloud nanti gimana?

    Thanks a lot. Best regards.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 40 - 50 menit gk masalah..bebas 70 menit maksudnya jika ingin di burn ke cd audio tidak kelebihan durasinya. gk papa sob di soundcloud yg penting kasih tracklisnya di bagian description.

      Hapus
  2. Luar biasa. Makasih ilmunya saya praktekan untuk hiburan dirumah

    BalasHapus
  3. the best, tutorialnya ada disini. thanks

    BalasHapus
  4. kalau type filenya wave, apakah bisa di ubah lg ke file mp3?
    bagaimana caranya

    BalasHapus
  5. Bisa dong.. tinggal download aaja aplikasi conveter dari google banyak kata kunci " Free audio converter wave to mp3

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.