Home » » Cara setting tampilan Fl studio 2 layar monitor

Cara setting tampilan Fl studio 2 layar monitor

Cara setting tampilan Fl studio 2 layar monitor - Agar Fl studio bisa di set 2 monitor atau lebih ( multiple) caranya sangat mudah sekali yang penting pada komputer terdapat Vga yang support dual view dan punya monitor lebih dari satu. Jika tidak punya atau pada hanya terdapat vga onboard, bisa beli Vga card dual view, seperti merk Geforce 210 yang harganya sekitar 400rb. Kenapa memakai 2 monitor alasannya agar lebih memudahkan kita saat proses aransemen lagu di FL studio, terutama ketika akan melakukan mixing sound.

Misalnya tampilan pattern, playlist ada di monitor 1, lalu tampilan mixer ada di monitor 2. Jadi tidak mengganggu mata dan membuat pekerjaan jadi lebih mudah. Menggunakan dual screen ini biasanya pada studio rekaman yang mungkin pernah Ente lihat selama ini. Terutama orang -orang bule, mereka rata - rata mengatur tampilan screen minimal 2 layar. Jika punya budget tentu lebih baik setting 2 layar. Tapi jangan lupa merk monitor usahakan sama, agar color monitor tidak pincang. Karena biasanya lain monitor lain warnanya. Dari pada canggung di mata nantinya gunakan saja monitor merk sama. Contoh seperti gambar dibawah :

 Tampilan Fl studio 2 monitor


Bagaimana cara setting tampilan Fl studio 2 layar monitor ( dual View screen) ?

Pilih salah satu window fitur Fl studio yang akan di pindahkan ke monitor lain, klik menu di pojok kiri kemudian pilih Detached. Nah selanjutnya tinggal klik pada area bertanda panah seperti gambar dibawah, tahan dan geser ke arah monitor lainnya. Maka window akan berpindah ke monitor lain:

Cara setting tampilan Fl studio 2 monitor

Jangan lupa setelah itu besarkan tampilan window dengan cara klik, tahan bagian pojok kanan atau kiri. Bisa juga dengan cara klik tombol Minimize, tapi tampilan akan full screen di monitor yang kedua.

Untuk bagian apa yang ingin dipindahkan ke monitor lain masing - masing pasti akan berbeda sesuai keinginan dan kenyamanan. Seperti gambar diatas bagian piano roll channel di setting ke monitor yang kedua. Kalau Ane kadang hanya bagian mixer saja yang di pindah ke monitor ke dua, agar tidak bikin ribet mata dan mudah olah sound di mixer.

Vga card yang support dual monitor :

Ente bisa gunakan GeForce 210 atau merk lainnya, harga bisa beda tergantung kapasitas memory, yang biasa Vga ram 1gb harga lebih murah. Ane beli Geforce forsa sekitar 400rb, belinya di Harco glodok. Di bawah ini penampakannya :

Vga dual View untuk Fl studio

Geforce 210, 1GB DDR 3, PCI express. Jadi cara setting tampilan Fl studio 2 layar pada monitor yang ke 1 menggunakan kabel vga Hdmi , dan monitor yang kedua menggunakan kabel vga standar. Jangan lupa kalau beli Vga card beli juga cable hdmi.

Ya sudah, cuma sekedar info saja bagi teman -teman yang membuat lagu atau remix menggunakan FL studio dan ingin menggunakan 2 layar monitor atau lebih, seperti itulah cara settingnya agar lebih mudah pada saat proses mixing suara atau lainnya. Saran...Jika ingin memakai 1 monitor saja pakailah yang 19 - 22 inch, agar tidak terlihat sempit.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.28

2 comments:

  1. cara memperkecil tampilan harmor di layar monitor agar bisa terlihat not pianonya gima min????

    BalasHapus
    Balasan
    1. screen resolution layar laptop ente atau pc dirubah diatas 1280 X 720.

      Atau set paling tinggi aja screen resolutionnya. kalo gk bisa naik lagi mungkin driver vga lum di install, atau screen dan mentok gk bisa di up lagi.

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.