Home » , » Virtualdj 8 Tutorial: Tombol Cross Fader atau Level untuk proses ganti lagu ?

Virtualdj 8 Tutorial: Tombol Cross Fader atau Level untuk proses ganti lagu ?

Sekedar menjawab pertanyaan teman kemarin yang main ke rumah, ngobrol soal virtual dj 8, jadi Ane share juga di sini. Dia menanyakan " Kalau proses ganti lagu / mixing di Virtual DJ 8 bagusnya pake tombol yang mana ? Crossfader atau Volume level. Ya memang saat mixing dj ada yang memakai kedua tombol tersebut ( rata - rata memakai tombol Level ). Tapi... tentu pilihan akan menggunakan tombol yang mana antara CrossFader dan Volume level tergantung dengan kita sendiri apakah menggunakan alat tambahan atau tidak, atau hanya menggunakan laptop biasa.

Virtualdj 8 Tutorial: Tombol Cross Fader atau Level untuk proses ganti lagu

Untuk newbie yang belum tahu : Tombol Cross Fader atau Level untuk proses ganti lagu ?

Jika memakai Usb Dj controler :

Jawabannya menurut Ane bagi yang menggunakan DJ controler ya lebih baik gunakan saja Volume level di DJ Controler yang Ente punya untuk proses ganti lagu / mix jika memakai aplikasi Virtualdj. Karena ini lebih mudah sebab berdekatan dengan tombol Equalizer, sehingga mudah mengatur proses mixing lagu. Karena proses mix saat live menggunakan tombol Eq untuk mengatur - Low, mid, hight tiap lagu, sehingga jadi halus. Jadi..bagi yang memakai usb dj controler dengan Virtual Dj 8 lebih baik gunakan tombol Level, seperti Djing menggunakan cdj player dan mixer pada umumnya.

Tombol Cross-fader biasanya digunakan untuk proses scratching. Sangat jarang DJ menggunakan tombol Cross buat pergantian lagu.

Jika hanya menggunakan mouse dan keyboard Pc / Laptop :

Mix lagu dengan Virtual DJ 8 dan laptop, Pc sangat terbatas karena hanya bisa memanfaatkan mouse dan keyboard untuk proses ganti lagu / mixing live, terutama user Virtual DJ home free karena dibatasi penggunaan external tool. Saran Ane lebih baik saat proses ganti lagu gunakan saja tombol CrossFader -- Geser ke kanan atau kiri, karena ini lebih mudah sebab biasanya equalizer sudah di atur otomatis oleh software virtual dj 8, walaupun tidak sesempurna manual. Jika di geser kearah kanan mentok / full maka lagu yang di sebelah kanan yang aktif dan kiri mati, dan sebaliknya.

Jika hanya menggunakan laptop tanpa external tool pada virtualdj dan menggunakan tombol Level akan sangat sulit untuk proses Eq, karena mouse tidak bisa berfungsi berbarengan menggerakkan tombol Eq dan Level. Kecuali...Untuk proses Eq di set keyboard shortcut.

Untuk melihat shortcut default keyboard di Virtual DJ 8, klik menu setting - pojok kanan atas. Kemudian pilih controller, pilih factory default :

Tombol shortcut keyboard Virtual dj 8

Nah dari sini kita bisa membuat keyboard shortcut sendiri untuk mengatur tombol Equalizer di mixer dan fitur lainnya Virtual dj 8 home / atau pro. Nanti akan ane bahas lain kali di article selanjutnya soal tombol shortcut virtual dj 8 ini.

Intinya : Menggunakan tombol Level atau CrossFader untuk proses pergantian lagu ?

Jika memakai DJ controler lebih baik memakai volume Level tombol, sedangkan jika tanpa usb dj controler alias hanya memakai mouse dan keyboard lebih baik gunakan tombol Crossfader ( terkecuali di setting keyboard shortcut ).

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 03.03

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.