Home » , , » Video Cara buat Effect suara angin simple di Fl

Video Cara buat Effect suara angin simple di Fl

Selain menggunakan samples Fx noise yang ada pada tiap samples pack khusus lagu dj, yang biasanya ada di folder " sound and Fx", suara angin bisa kita buat sendiri menggunakan aplikasi untuk membuat lagu. Dan cara membuat suara effect angin di Fl studio sebenarnya sangat mudah karena vst plugin yang digunakan sudah ada. Tinggal manfaatkan saja fitur yang ada pada vst plugin bawaan Fl studio. Bagi yang belum tahu cara buat effect suara angin yang simple di Fl studio, Ane kasih tips langkah-langkahnya.

Langkah untuk membuat fx suara angin yang biasanya kita dengar pada saat lagu mau drob atau mau naik kebagian power lagu.

1. Pilih Vst Plugin 3x Osc

Cara menampilkan : Klik kanan di sembarang channel pilih 3x osc atau dari menu channel - addone, kemudian pilih fitur paling ujung yang hanya bersuara noise. Lihat gambar :

Video Cara buat Effect suara angin simple di Fl

2. Beri Fx parametiq eq2, Reeverb, delay  ( untuk di mixer )

Setelah itu set plugin 3x osc ke mixer dan tambahkan Fx parametiq eq2, pilih sembarang preset misal cut 40 khz, atau default.

3. Buat pattern baru misalnya Fx

Klik kanan saja channel 3x osc, pilih piano roll kemudian bikin note panjang antara 4 - 16 bar. Tergantung kebutuhan apakah ingin membuat Fx pendek atau panjang yang nantinya di letakkan ke dalam playlist di bagian tertentu. Atau hasilnya nanti setelah di render untuk tambahan sampler, misalnya untuk samples pad VirtualDJ 8 software,

4. Setting Proses Automation clip ( proses untuk cut frequence secara otomatis )

Proses automation tujuannya agar membuat proses cut low pada plugin parametiq eq 2 di lakukan dengan otomatis di dalam playlist. Tanpa automation akan sangat menyulitkan karena harus manual saat proses cut low ke hight.

Lebih jelasnya silahkan kalian lihat Video cara buat Effect suara angin di Fl studio di bawah ini. Jangan khawatir semua Vst plugin sudah ada didalam software Fl studio dari versi 8 sampai versi terbaru 12. Kalian tinggal ikuti saja langkah - langkahnya seperti di dalam video.


Proses membuat suara angin diatas adalah yang sederhana, dan kalian bisa kembangkan sendiri dengan menambahkan plugin Effect lain yang ada, atau otak atik di pengaturan automation clib. Mudah kan cara membuat Fx suara angin di Fl studio ? selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 15.26

2 comments:

  1. Kalau kaya suara angin di lagu breakbeat sakitnya tu disini gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg kaya gimana tuh.. namanya effect kalau bisa jngan sama..Tidak harus niru effect breakbeat..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.