Home » » Fl studio tips : Simpan project dulu lanjut besok biar dapat feel

Fl studio tips : Simpan project dulu lanjut besok biar dapat feel

Memang sih bikin lagu atau remix di Fl studio itu nggak cukup sehari atau 2 hari selesai. Kadang butuh waktu seminggu kalau feel lagi jelek. Muter muter saja nggak dapat inspirasi buat aransemen nada yang pas. Jalan satu-satunya ya di simpan projectnya dan lanjut besok. Sebab biasanya ganti hari maka feel lebih enak, fresh. Ini yang biasa Ane lakukan agar puas hasil lagunya sesuai dengan keinginan. Cara simpan project di Fl studio 9 - 12 bagi yang belum tahu caranya mudah, yaitu :

Cara simpan Project Fl studio :

Klik menu File - pilih save , ketika nama file, bebas terserah Ente, klik Ok.

Cara Simpan project di Fl studio

Nama file project lebih baik lengkap, misalnya pas lagi remix lagu goyang dumang. Nama file - Citata - goyang dumang ( nama remixer ). simpan project seperti ini akan lebih memudahkan kita saat akan dilanjutkan kembali.  Dari pada nama file ngacak nggak karuan. Bila perlu bikin per folder setiap kali ngerjain lagu, render juga di folder itu. Agar tidak berantakan.

Data project rapi bisa juga kita gunakan untuk mengukur peningkatan kreativitas musik kita. Kok bisa ? Ya bisa asal foldernya rapi. Misalnya data project di bikin folder pertahun dari awal mulai memakai fl studio - sampai bisa remix bagus.

Nah setelah lama dengerin kembali hasil lagu yang di render ke tiap folder project yang sudah di atur pertahun. Nah dari situ kita akan tahu perbedaan hasil lagu tiap tahun, mungkin bisa ketawa sendiri dengerin hasil project di awal. Mungkin terdengar masih culun kualitas lagunya, karena belum mahir mixing dan mastering. Tolak ukur sangat penting agar kita bisa tahu apa saja yang harus kita kembangkan lagi dalam proses membuat lagu dj atau remix. Ini kadang yang sering orang lupakan, sehingga kualitas lagunya tidak meningkat.

Apalagi jika sering memakai loop samples sudah jadi ( tinggal tempel ), bisa di tebak bentuk beat , suara, biasanya sama. Yang itu - itu saja. Bukan bermaksud menyindir Ya Ane..

Kembali ke topik simpan project.

Fl studio Tips : Gunakan fitur Save as new version di Fl studio, letaknya di bawah "save as", menu file.

Tujuannya untuk membuat file project versi baru dengan lagu yang sama. Ini agar kita tidak kehilangan data project pertama ( asli ), original. Karena biasanya saat membuat lagu di Fl studio sering kali kita akan ber-experimen merubah rubah nada yang awalnya sudah bagus malah jadi jelek. Nah kebetulan lupa ke hapus step nada - nada yang sudah di batik di piano roll. Begitu ingin kembali ke awal lupa step2nya. Hmm..ribet dah urusannya.

Dengan menyimpan project " save as new version", jika ada kesalahan atau ingin kembali ke project awal kita jadi mudah. Karena file project pertama masih ada. Di dalam folder tempat simpan data project ada 2 - 4 versi, tergantung berapa kali kita save new version. Perbedaannya di belakang file project ada angkanya. Tinggal di buka ulang saja. Ane sering melakukan ini agar aman.

Fl tips lain soal simpan project :

Juga lakukan setting backup auto save tiap 5 menit, caranya klik menu option - file setting - dibagian bawah ada backup - autosave, set ke " regulary every 5 menit. Agar sewaktu - waktu Fl crash dan belum sempat simpan manual, bisa di reset ke awal sebelum crash. Jika terjadi seperti ini cukup klik menu file, bagian bawah ada " revert to last backup", maka data project sebelum crash akan terbuka kembali. Tapi jangan lupa save ulang kembali dengan nama file baru.

Kesimpulannya :

Karena tidak selalu dalam membuat lagu dj atau remix bisa selesai dengan cepat dan perlu dilanjut lain hari, lebih baik di simpan project dulu. Lanjut lain waktu jika feel lagi enak. Dan yang bisa save project ini hanya pada Fl studio full version bukan yang demo.

Tempatkan ke folder khusus tiap file project agar rapi, juga jangan lupa setting autosave backup untuk mengatasi fl studio crash / error atau tiba-tiba mati lampu belum sempat save. Inilah Fl studio tips yang Ane share. Semoga bermanfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 18.59

21 comments:

  1. maaf bang mau nanya... setiap menyimpan projeck nya... ke fl studio 12.. pas mau di buka lagi... itu eror gimana pengaturan nya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pesan errornya apa ?.. or gunakan app Fl studio diagnostic tool

      Hapus
    2. Berarti masih demo fl studio nya

      Hapus
  2. Bng ane mau save tapi kok gak bisa yah , harus regresi dulu atau gimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo demo gk bisa save project, harus yang full version fl studionya

      Hapus
    2. kalau full version kyakmna dapatnkannya gan ?? punya saya jg sama, dia kluar bacaannya registrasi gan

      Hapus
    3. Bisa beli langsung k sitenya atau cari aja versi cracknya (bajakan). Cari lwat gogle biasanya ada yg shaare

      Hapus
  3. Uda nyari cracknya di google. Tapi cara nge downloadnya gk bisa gan. Gimna solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah.. sini ma ane aja dicariin.. tp ada maharnya dikit sih.. hehe

      Hapus
    2. Bg bagi keygen fl studio 20 dong bg plisssssssssss😥😥😥😥😥 saya harus lagi kalau demo tlong la bg

      Hapus
  4. kak, menyimpan project fl studio 20 harus mbayar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pakai FL studio yang full version bukan demo, baru bisa save project.. Kalau pakai demo itu lagu harus langsung selesai, atau jangan ditutup Fl nya sampai kerjaan kelar. Terus di render ke mp3

      Hapus
  5. Mau nanya gua punya projek di flstudio 12 nah ini kan udah ada yg flstudio 20 apa nanti projek kita bisa di buka di situ ? Soalnya udah hampir kelar
    Maaf bang sebelumnya kalau mengganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bro.. aman kok. Project FL 12 di buka di Fl 20. Tapi kalau projec fl 20 gk bisa dibuka di Fl 12.

      Hapus
  6. saya bukak project bang terus ada tulisan fruity wraper is critical eror itu solusinya gimana bang?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada plugin yg eror biasanya.. atau Fl studionya. plugin yg wrapper critical eror di replace aja.. klik kanan insert - replace

      Hapus
  7. Bang, Harga yang full version berapa sih wkk?? Sama sekalian pulgin" nya kek Nexus, sylent 1, kickstar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kisaran 2,5jt versi producer edition. ini asli bukan bajakan.

      Hapus
  8. Bang saya sama pakai ver.20 tp simpen secara trial & gak bisa dibuka lagi 🤧😢.Emang yang full version itu yang mana sih & cara menanganinya gimana ??😢 (baru pemula lagi seneng langsung ilang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. full version ya yg bukan trial lagi. gk ada batasan hari trus bisa save projek. Cara dapatnya yg full harus beli lisensinya di tokped atau bukalapak

      Hapus
  9. Terimakasih... Sangat bermanfaat banget...

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.