Home » » Tips render di fl studio 11 agar tebal suaranya

Tips render di fl studio 11 agar tebal suaranya

Ada teman yang mengeluh katanya setiap kali selesai project lagunya dan di render/export hasilnya jelek. Lagu pelan dan mendem, tidak sama suaranya ketika di play di  Fl studio. Kenapa ya ? Ada beberapa sebab jika render lagu hasilnya jelek, seperti : Mixing instrumennya belum balance, di master mixer tidak di beri plugin untuk mastering, data source sample, dan lainnya. Bagi yang newbie memakai Fl studio silahkan baca dulu postingan : Cara menyimpan hasil kerjaan di fl studio, takut bingung.

Ini beberapa tips render di fl studio 11 agar suara lagu tebal :

1. Export ke format wav 24bit

Format wav lebih bagus, tebal dan lebar karena tidak di compress seperti format mp3 pada umumnya. Dan di render ke wav ini akan memudahkan kita jika ingin di mastering kembali di software lainnya. Misalnya ke wavelab untuk menaikkan loudnes, dan gain lagu. Lihat gambar di bawah untuk set ke 24bit ( di label wav-Depth)

2. Di bagian Quality label resampling set high quality ke 128 - 512-point, jika ram komputer ente di atas 4gb. Tapi proses render akan lambat jika ram komputer kita kecil.

 Lihat gambar menu render dialog fl di bawah :

Tips render di fl studio 11 agar tebal suaranya


3. Volume level output windows di set ke full sebelum proses render.

Letaknya di pojok kanan bawah windows, klik icon speaker--mixer, lalu naikkan sampai mentok. Alasanya ? Ane pernah di kasih tahu sama orang sound enginering, katanya volume level sound di windows itu mempengaruhi bit depth ( kerapatan suatu suara). Tapi jangan lupa  ketika proses render selesai turunin lagi volume level sound windows. Bisa jantungan karena kaget suara lagu gede banget..hehe..

Ane sudah coba trik menaikkan resampling ke 512 point, dengan format wave 24bit dan hasilnya tebal suaranya. Tapi total size lagu jadi besar, sekitar 150 mb lebih jika dursi lagu 7 - 8 menit. Jika durasi 6 menit kisaran 120mb. Meskipun ram komputer ane 16gb, tapi jika di set ke 512 point sinc proses render tidak bisa cepat. Apalagi jika banyak plugin instrument dan effect yang aktif dan event automation di project. Render durasi 7 menit lagu total waktu sampai 15 menit. Lama tapi hasilnya cukup memuaskan.

4. Cara cepat agar suara lagu tebal

Agar hasil suara tebal ada cara lain yang simple yaitu menggunakan plugin loudmax. Plugin ini gratis dan bagus hasilnya. Ane dah cobain, tapi sebelumnya harus di balance dulu agar suara tidak menumpuk.

Download plugin loudmax bikin suara tebal di sini


Ok, itulah beberapa tips render lagu di Fl studio 11 agar suaranya bagus. Silahkan di coba dan bedakan hasilnya dengan cara yang biasa ( default render). Jika kurang jelas silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.16

32 comments:

  1. tapi laptop ane selalu keluar tulisan low spec yuor computer ! bro, jdi kagk bisa gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jngan di paksain sob.. yang standar aja..kalo low. Average quality aja.. Spek pc ane ram 16gb, core i7. Jadi berani ke 512 point

      Hapus
  2. nahh!!gw mau nanya bang untuk dapat hasil yang bagus saat mastering itu gmna sih? soalnya gw lagi bikin project, pas udah selesai? gw sendiri serasa ngga puas dengan hasil mastering sendiri.. kira2 tambah apaan lagi bang, biar enak di dengar bang? ini hasil sementar project gua bang..

    Margino | Free Listening on SoundCloud
    https://soundcloud.com/margino-847379511

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung genre lagu biasanya.. kalo hip hop / trap biasanya setingan kualitas di bikin bright, jelas, clear.. atau standar aja sound terkesan warm.. lagu kurang clean aja, agak mendem...

      coba gunakan plugin waves oneknob brighter stereo. Atau virtual tape machines plugin

      Hapus
  3. kira2 plugin itu bisa di download ngga bang? atau kalau abang punya ada? biar gw beli aja..

    BalasHapus
  4. bro bisa buatin vedio untuk cara meniru melodi lagu untuk di remix

    BalasHapus
  5. gan misal wav jadi mp3 tanpa ngurangin kualitas gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas suara gk. sama aja sama aslinya. Cuma bitrate aja.. kalo wav bagus..mp3nya jg bagus.. ke 320kbps aja

      Hapus
  6. bang gimana cara merender suara vocal agar sama saat ASIO masih hidup

    agar suara lebih ngebas dan tidak terlalu cempreng

    makum masih newbie bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba taruh plugin effect nectar di mixer slot vokal.. harusnya sih sama hasil rendernya dengan saat di play di software

      Hapus
  7. Gan, sebenenya rendering itu butuh Soundcard eksternal ga ya? (Seperti Focusrite dan lainnya) terimakasih.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. butuh itu mah kalo mau lebih bagus hasilnya.. dulu ane pake onboard sound gk bisa2 tebel hasilnya.. pas pake audiofire hasil bagus.. tapi tetep jg pengaruh mixingnya juga

      Hapus
  8. bang kalo soundcardnya bukan asio gimana ya? compatible gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. asio4all cuma software sob untuk membantu soundcard biar lebih enteng.. tanpa asio buffernya besar. gk papa gk pake asio4all asal gk mbrebet..

      Hapus
  9. Bang sy mau nanya selain vocal rider ad ngga plugin lain intuk fl yg bisa nyatuin vocal dengan musik soalnya vR bgga ada yg gratisan bang...hhhh mhon infonya

    BalasHapus
  10. Mntap nih bang...thanks postinganya bermanfaat skali..

    BalasHapus
  11. Gan mau nanya ni. Saat pas kita nge render lagu di FL. Soundcard kita hrs ttp terpasang apa di lepas aja? Trs setelan audio nya hrs ttp ASIO4ALL apa Primary sound gan? . Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tetep di pasang lah sob.. tetep aja asio4all aja.. or fl studio asio kalo fl 12

      Hapus
    2. Ohiya bro satu lagi. Kenapa setiap ane nge mixing vocal. Psti slalu ada aja bagian part yg dimana suara vocal ane lebih gede dan musiknya jd kecil. Kya ketimpah ama vocal gtu. Itu karena compressor apa EQ nya ya bro?

      Hapus
    3. Bisa jadi pengaruh compresor atau eq. jadi suara gain vokal nyedot yg lain. pake nectar plugin aja lebih stabil.

      Hapus
  12. gan ada solusi gak supaya hasil render mirip saat play pake asio? hasil render sya selalu mendem kayak Terkompresi gitu gan..

    BalasHapus
  13. Bro....yg saya ko malah jadi mendem gitu suaranya....solusinya gimana ya bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu di mixing kurang mantap, kalo mixing udah balance gaakan mendem kalo mixing udah balance terus masih ada mendem dikit nah udah aja langsung mastering, kalo mau lebih keluar warna suaranya bisa pake ozone 8 atau sausage fettener nah itutuh pengalaman gua.

      Hapus
  14. ada 1 project gue yang ketika di render ga jalan2 udah tungguin hampir sejam, giliran project yg lain bisa. padahal filenya ga besar kenapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada plugin demo kali di pake jadi ke kunci.. coba di cek ada gk ? kalo ada ganti aja plugin demo itu

      Hapus
  15. Bang cara mastering kaya felix tau gk bang? Mantep soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake izotope ozone 8 bro coba.. plus neutron

      Hapus
    2. Atau bisa juga lebih simpelnya pake sausage fattener wave candy buat liat Ema atau Maximus itu sederhananya, kalo pake ozone 8 emang bagus juga sih

      Hapus
  16. Bang kalo durasi 3 sampai 4 menit di 512 jadi brapa MB nantinya?

    BalasHapus
  17. makasih ilmunya suhu,,ane udah coba tuh wejangan nya n bner mantep loudness udah sama kaya di daw,,cmn racikan mixing ane msh jelek brainware nya harus di upgrade :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 bro.. sebenarnya kalo mixingnya dah ok bisa juga pake plugin loudmax gratis.. lebih tebel lagi soundnya

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.