Home » , » Plugin gratis agar suara lagu jadi tebal banget - sesudah di mixing

Plugin gratis agar suara lagu jadi tebal banget - sesudah di mixing

Masalah yang umum saat lagu sesudah render adalah ketika didengarkan di speaker hasilnya kurang tebal. Jika dibandingkan dengan lagu lain yang sudah di mastering, apalagi jika dibandingkan dengan kualitas lagu luar. Bikin putus asa deh.. Jauh banget tebal nya. Lagu hasil render punya kita berasa tipis banget soundnya. Tapi jangan khawatir karena ada plugin gratis khusus untuk bikin lagu jadi tebal ( loud ) sesuai.

Masalah lagu kurang tebal solusinya gunakan plugin ini :



Plugin gratis agar lagu jadi tebal


Nama plugin gratis agar suara lagu jadi tebal ini adalah LoudMax

Biarpun kecil file size plugin ini dan gratis pula.. Artinya versi freeware ( tidak berbayar ) bebas digunakan selama tidak dikomersilkan. Jangan salah... meskipun gratis tapi hasilnya bagusnya sekali tidak kalah dengan plugin berbayar.

Lagu jadi tebal dan loudnya pas sesuai standar kualitas. Ane sudah cobain beberapa lagu dan hasilnya mantap..

Cara menggunakan loudmax plugin :


1. Letakkan plugin ini di Master Effect / bus, bukan di single mixer channel ( instrument ) agar memproses keseluruhan suara. Sehingga hasilnya perfect


Plugin gratis agar suara lagu jadi tebal banget - sesudah di mixing


2. Geser fader ke kiri antara -12 sampai -9 ( kira-kira)

Atur aja sesuai keinginan untuk seberapa besar loudnya agar lagu lebih tebal. Out tetap di 0db

3. Klik tombol link jika ingin gain suara tetap stabil di 0db. Karena saat fade digeser kekiri, otomatis fader out akan merespon. Respon sinyal audio ada di sebelah kanan. Silahkan di tes sendiri di software daw Ente.

Jangan lupa sebelum menggunakan loudmax sebaiknya lakukan proses mixing dulu tiap instrument agar lebih balance soundnya. Ane tes lagu yang belum Ane balance ( Eq ) suaranya jadi agak over terdengar.


Download loudmax gratis

Cara install plugin loudmax ke Fl studio :


Setelah ente download, extract akan ada file ini.

README.txt
LoudMax.dll
LoudMax64.dll

File plugin diatas cukup copy paste ke dalam folder Vst plugin tempat biasa install plugin lainnya. Biasanya di folder ini -- C:\Program Files\Common Files\VST2

Selanjutnya cukup di refresh software daw nya, maka plugin loudmax akan terbaca jadi langsung bisa digunakan.

loudmax64.dll adalah versi 64 bit yang hanya bisa berjalan di software 64bit version. Jadi jika Ente menggunakan Fl studio, maka yang harus di load adalah Fl studio versi 64bit.

Sedangkan yang file loudmax.dll ini versi 32 bit. Bisa dibuka di software daw 32bit atau 64bit.


Kesimpulan dan tips :


Jadi sebelum menggunakan plugin gratis loudmax sebaiknya tiap instrumen di mixing dulu agar balance dan clean. Lebih bagus lagi yang diproses adalah hasil render / export ke wave file. Bukan langsung didalam projek. Ini biar lebih maksimal hasilnya. 

Render ke wave file lalu buka projek baru khusus untuk bikin lagu tebal dengan menggunakan plugin loudmax ini. Lakukan eksperimen sendiri sampai dapat loud yang pas. Karena tiap lagu bisa beda loudnya, agar jangan sampai over. Dan untungnya plugin ini memiliki fitur yang bisa menahan sinyal agar tidak Peak atau over.

Silahkan didownload plugin gratis loudmax ini mas bro... hehe.. Di jamin lagu ente jadi tebal dan clean dan tidak kalah sama lagu - lagu bule..

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 23.44

2 comments:

  1. saya udah isntal tapi kok gak bisah di buka ya fell nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan yg dibuka sesuai versi Fl studionya.. kalo 64bit maka plugin loudmax juga harus buka yang versi plugin 64bit..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.