Home » , » Cara merubah Key lagu, vocal tanpa ubah tempo atau bpm

Cara merubah Key lagu, vocal tanpa ubah tempo atau bpm

Kemarin ada yang komentar menanyakan bagaimana cara merubah Key lagu tanpa merubah tempo / bpm lagu yang sudah jadi, atau menaikkan atau menurunkan chord lagu aslinya, sesuai keinginan. Nah kebetulan Ane pernah punya pengalaman masalah ini. Dulu waktu bikin live PA pesanan orang pas di tes sama vokalisnya ternyata chordnya ketinggian, suara dia tidak sampai. Dan dia minta di turunkan chordnya sesuai kekuatan suaranya.

Mikir nih..Gimana cara biar cepat ya tidak perlu otak atik lagi dari projek.  Akhirnya ketemu juga cara merubah key lagu yang sudah jadi dengan cepat. Ini yang akan Ane bagikan tipsnya menurut pengalaman Ane.. Yuk kita simak..

Cara merubah key lagu yang mudah

Cara merubah Key / chord lagu tanpa merubah tempo:


1. Menggunakan software Virtualdj 8 home atau pro.

Selain untuk mixing lagu, Virtual dj 8 juga bisa untuk cek chord lagu dan juga untuk merubahnya. Ini langkah - langkah ubah key lagu memakai Virtualdj software.

a. Kalau belum punya download Virtualdj 8 home di sini, pilih sesuai os yang digunakan Pc atau Mac.

b. Setelah di Install, buka Virtualdj 8, kemudian masuk ke pengaturan ( icon gerigi di sebelah kanan software ). Kemudian klik tab interface dan pilih skin default. Tutup option pengaturan.

c. Load lagu yang akan di rubah key / chord ke deck A atau B. Jangan load lagu lain, sebab jika pengaturan auto bpm virtualdj aktif akan mengikuti lagu yang pertama di deck.

d. Selanjutnya klik tombol "show key panel ", kemudian matikan icon gembok ( fitur ini untuk mematikan key lock yang artinya jika mati berarti key lagu bisa dirubah ). Jika hidup berarti mengunci key lagu agar tidak bisa dirubah. Lihat gambar dibawah

Cara merubah Key lagu di virtual dj 8

e. Nah cara merubah key lagu tanpa merubah tempo cukup klik tanda - atau + . Tergantung kita akan merubah key lagu ke nada naik atau turun. Agar tahu perubahannya lebih baik sambil di putar lagunya.

Jika ingin key naik cukup klik tanda plus. Misalnya asli lagu dari nada dasar C ingin naik ke D. Satu klik tanda plus berarti tune naik 1 nada, dan selanjutnya.

Sebaiknya pastikan dulu mau naik atau turun key lagunya. Jika naik sebaiknya juga jangan terlalu jauh sebab nanti hasilnya untuk beat rada ngeprak. Naik saja 1 - 2 nada saja. Sebab semua instrumen pada lagu setelah dinaikkan akan berubah nada pitch-nya.

Termasuk untuk vocal juga.

Pitch vocal pada lagu asli akan berubah. Jadi jika terlalu tinggi suaranya jadi aneh. Begitu juga jika di turunin jangan terlalu turun, karena hasilnya jadi jelek. Ini sih pengalaman Ane ya waktu merubah key lagu yang sudah jadi.

Tapi untuk chord major atau minor tetep ya akan mengikuti lagu aslinya. Kalau ingin merubah major atau minor harus diaransement ulang lagunya...Repot kan.. ?

Nah gimana cara menyimpan hasil lagu yang sudah di ubah keynya di virtualdj ?

Cara menyimpannya menjadi file baru adalah dengan cara di record / rekam. Jadi setelah key di ubah melalui tool di software virtualdj 8, play lagunya dari awal kemudian di rekam.

Cara merekam di virtualdj 8 gimana ya ?

Baca article ini : Merekam lagu di virtual dj - klik aja linknya.

2. Merubah key lagu dengan Software Fl studio tanpa merubah bpm 

Ini caranya mudah yaitu menggunakan Vst Newtone. Vst ini khusus untuk edit pitch vocal, key / tone dan lainnya, bawaan dari Fl studio. Letaknya vst newtone ada dibagian effect melalui mixer.

Cara merubah key lagu di Fl studio 12 memakai Vst Newtone :

  • Tekan F9 untuk ke bagian mixer, lalu pilih salah satu slot. Misalnya di insert 1. Insert effect newtone dari slot effect disebelah kanan.
  •  Drag kedalam Newtone data lagu atau vocal yang akan di rubah key, atau melalui menu load samples dibagian atas ( gambar diskette ).
  •  Setelah data lagu masuk didalam Newtone, di keyboard tekan CTRL + A ( select all ), untuk block semua bagian lagu atau vocal.

Cara merubah chord lagu atau vocal di Fl studio

  •  Selanjutnya cukup klik kiri ke area lagu yang sudah terblock. Tahan mouse,  kemudian dorong keatas jika ingin merubah ke nada tinggi. Kebawah jika ingin key / tone lagu turun.
  •  Jika sudah berubah selanjutnya tinggal proses menyimpan hasilnya. Caranya yaitu klik menu file ( gambar diskette ) dan pilih "save samples As ".. ketik nama file hasilnya... Beres deh...

Kesimpulannya:

Bagaimana cara merubah key lagu yang sudah jadi atau hanya vocal, dan tidak merubah tempo / bpm lagu asli, bisa dengan menggunakan software Virtualdj 8 home versi ( gratis ), atau VirtualDJ Pro ( versi berbayar  ). Langkahnya seperti diatas.

Juga dengan menggunakan Fl studio plus Vst Newtone.

Tips : Untuk lagu original naikin key jangan terlalu jauh, sebab lagunya nanti terdengar aneh. Cukup naikkan atau turunkan sekitar 1- 3 nada. Juga untuk vocal terlalu tinggi bisa jadi cikmunk suaranya..hehe

Terkecuali kita aransemen sendiri yang mana proses naikin key / chord dilakukan dari projek. 

Mau pakai cara yang mana untuk merubah key lagu ,silahkan pilih. Tapi saran Ane kalau untuk lagu yang sudah jadi agar mudah dan cepat lebih baik gunakan saja software VirtualDJ. Download saja versi gratisnya yang home. Silahkan dicoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.13

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.