Home » , » Cara DJ atur lagu agar harmonic mixing, penting banget

Cara DJ atur lagu agar harmonic mixing, penting banget

Yang di maksud Harmonic adalah setiap lagu yang di mainkan perpindahan lagunya selaras, serasi, tune nya. Jadi tidak terdengar fals saat dua lagu di mixing. Di buat dalam bentuk playlist. Seorang dj pemula  biasanya tidak memperhatikan soal harmonic mixing ini, karena memang ini bagi pemula belum begitu penting. Yang penting bisa mixing lagu dengan halus dulu. Tapi.. Sebaiknya harus tahu bagaimana cara Dj atur lagu agar menjadi Harmonic saat di mixing.

Untuk menjadi harmonic saat mixing Ente harus tahu chord / key setiap lagu yang di mainkan. Jadi agar mudah dan lebih cepat butuh tool.

Nah.. cara atur lagu agar harmonic bisa menggunakan bantuan software yang umum di gunakan oleh DJ terkenal dan profesional di dunia. atau secara manual jika tahu nada dan chord lagu.

1. Atur lagu agar harmonic menggunakan software Mixed inKey

Software ini sangat mudah digunakan bagi siapa saja karena fiturnya sangat mudah. Berfungsi untuk mendeteksi key lagu dengan cepat. Cukup load ke dalam software maka key akan terbaca.

Apakah Minor atau Major. Key tertera pada software ini

Code A : Minor Dan B : Major

Cara DJ atur lagu agar harmonic mixing, penting banget


Harga software mixed in key 58 Usd ( sekitar 760rb )

Info tentang penggunaan dan lainnya software mixed in key baca selengkapnya di sini.

Jadi intinya sebelum lagu di mainkan / mixing live, cara atur untuk di jadikan playlist menggunakan software ini agar harmonic.

Rename lagunya  menjadi seperti ini, contoh :

1. 04B Rock this party ( original mix ) Bpm 128
2. 05A Flash finger - Going wild ( original )

Dan seterusnya agar menjadi playlist set.

2. Atur lagu agar harmonic menggunakan software Virtual DJ.

Alternatif lain agar lagu yang di mixing menjadi harmonic yaitu dengan fitur key deteksi di software virtual DJ 8. Gunakan saja versi home gratis download di - www.virtualdj.com

Caranya sangat mudah, yaitu :

1. Tempatkan lagu - lagu yang akan di mix dalam satu folder
2. Buka aplikasi Virtual dj 8 , browser folder yang berisi lagu yang akan diputar.
3. Klik kanan folder - pilih batch "Analyze for bpm and ect ". Lama proses analyse tergantung jumlah lagu dan performa komputer.

Contoh hasil seperti ini :



Dengan cara ini maka bpm, key lagu akan di baca, termasuk harmonic key code seperti pada software mixed in key. Karena kedua software tersebut saling terintegrasi.

Sesudah di analyze cara atur mana lagu 1, 2  - seterusnya cukup klik saja saja di bagian label "key ", seperti pada gambar di atas jika tidak tahu progression chord. 

Maka ketika label key di klik otomatis lagu - lagu akan menyusun sesuai urutan key lagu. Jadi lagu yang pertama di mainkan adalah lagu yang bagian atas, dan seterusnya. Silahkan tes mixing dengan cara ini, di jamin jadi harmonic.

Cara ini bisa di gunakan untuk mashup lagu agar tepat lagu lagunya.

Apa software bisa deteksi key dengan akurat ?

Menurut Ane setelah di tes pake gitar hasil key yang di deteksi oleh software Virtual 8 ini banyak yang benar / akurat. Jadi jangan ragu. Tapi bila perlu cek ulang sendiri saja menggunakan gitar atau lainnya untuk cek akurat atau tidak.

Apa selalu harus mixing lagu sesuai key ?

Tidak harus. Karena saat tampil bisa saja playlist berubah karena pengaruh orang request. Atau lagunya kurang cocok.

Mau di set sesuai key atau tidak playlist lagu yang akan Ente mainkan, itu terserah saja. Gunakan feel juga. Hanya saja jika mixing lagu 1 ke 2 dan seterusnya jika key pas akan lebih terdengar harmonic / enak pergantiannya. Bahkan kadang tidak terasa bahwa lagu sudah ganti.

Kesimpulannya :

Untuk Ente yang belum tahu cara DJ atur lagu agar harmonic mixing bisa menggunakan kedua software di atas, untuk di jadikan playlist ( framing ). Tapi agar lebih sempurna lagi gunakan mixed in key di tambah cek manual menggunakan gitar atau lainnya. Karena namanya software bisa saja salah deteksi key.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 06.31

7 comments:

  1. Om hendry di vdj 8 nya gada kolom key & harmonic ada juga title, artist, remix, lenght sama bpm.
    Mohon penjelasannya om :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok aneh.. harusnya ada.. layarnya kali kurang gede.. jadi ngumpet. or coba ganti skinya

      Hapus
  2. Iya om bingung ini juga, nanti di ulik lagi deh om hendry makasih ya hehe
    Ohh iya di bbm ceklis aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. add bb yg baru D4F24F59 .. yg lama dah tamat

      Hapus
  3. Om hendry , saya suka bngt lagu lagu EDM , electro/progressive house,trap,dubstep, yah model nya mah kya skrillex martin garrix AW pasti taulah hehe :D , mau nanya nih emg kepo bgt sih :D , klo Lgi DJ itu kan yg namanya MIX penting bgt yaa biar gk bosen getoo,itu tuh pas pertama intro mau ke reff diganti kan atau yah gmna lah biar enak nah terus stelah reff mau abis di mix lgi terus smpe bgtu kan ?? Msh bingung ini biar enak mix truss biar bsa mainin 4 deck zzzzzzzz -_-

    BalasHapus
  4. Sorry mas. Izin bertanya. Oh ya mohon pencerahan nya untuk bikin track list dong? Chord nya mulai dari apa ya. Pokoknya awalan terendah sampai naik terus. Terimakasih suhu 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. di gambar kedua kan kelihatan sob.. dm itu terendahnya.. kebawah makin tinggi

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.