Home » , » Maksud tempo range pada pengaturan Pitch software DJ

Maksud tempo range pada pengaturan Pitch software DJ

Bagi kalian yang masih baru menggunakan dj software plus dj controller untuk performing, pastinya pernah melihat pengaturan "tempo range ". Jadi apa maksudnya ? Gunanya buat apa. Nah.. dalam postingan kali ini Ane jelaskan kegunaan dan fungsinya agar kalian paham. Perlu di ingat pada alat dj manual misalnya cdj 1000 - 2000 tombol tempo range ini di sediakan.


Fungsi dari tombol Tempo Range 

Tombol / tool tempo range ini berfungsi untuk mengatur seberapa pitch yang bisa di naikkan atau di turunkan pada lagu ( tempo control ). Bisa dibilang batas menaikkan tempo lagu atau menurunkan. Yang pada hasilnya mempengaruhi kecepatan / bpm lagu.

Nilai pitch range bisa berbeda beda tiap alat / software tapi biasanya di sesuaikan dengan kebutuhan. Tapi umumnya nilai pitch range seperti ini :

-  +/- 6%
-  +/- 10%
-  +/- 12%
-  +/- 16% - 100

Atau berdasarkan persentase normal , misal 2 - 100%. Seperti pada software traktor dj pro yang bisa kita atur pada bagian pengaturan "transport "

Maksud tempo range pada pengaturan Pitch software DJ


Untuk software Virtual dj 8 silahkan baca di sini : pitch range virtualdj 8

Apa kegunaannya pada saat mixing ?

Kegunaannya adalah agar pada saat mixing jika salah satu lagu bpmnya rendah dan ingin menyamakan dengan bpm lagu yang tinggi, bisa sama.

Contohnya :

Lagu 1 bpm 100 dan lagu kedua bpm 130. Jadi agar lagu 1 bisa di naikkan bpm nya ke 130 sama dengan lagu ke 2, maka pitch range harus di rubah. Ini jika tidak sampai, tergantung dari pengaturan default software pada pitch range.

Cara merubah pitch range :

Cukup di naikkan saja pitch rangenya di bagian pengaturan tiap software dj. Letaknya bisa berbeda beda tapi umumnya di setiap software disediakan pengaturan ini.

Jadi intinya maksud dari tempo range pada software dj adalah agar lebih memudahkan kita saat ingin mixing lagu tapi salah satu lagu bpmnya tidak bisa di naikkan lagi. Alias mentok. Walaupun pengaturan ini jarang dilakukan oleh seorang dj. Tergantung dia main genre lagu apa.

Kalau masih satu genre lagu tentu tidak perlu mengatur nilai pitch range lagi, karena bpmnya tidak jauh beda. Semoga bermanfaat


Hendryal
Hendry Al Updated at: 14.06

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.