Home » , , » Mixing lagu di partycloud.fm secara online gratis

Mixing lagu di partycloud.fm secara online gratis

Sebelumnya ane jelasin dulu bahwa Partycloud.fm adalah software DJ berbasis web, yang hanya bisa di pake dengan cara online internet. Berbeda dengan sofware virtualDj or tracktordj yang bisa di gunakan secara offline dengan cara install di pc atau laptop. Partycloud di dukung oleh soundcloud.com untuk lagu-lagunya, sedangkan untuk technologi software oleh iwebDJ.com. Partycloud bisa di gunakan secara gratis, yang penting terhubung ke internet dengan membuka website partycloud.fm dari browser.

Untuk sekedar hiburan ane pikir cukup lumayan mixing lagu partycloud kayak dj, hanya sayang tidak bisa menggunakan lagu dari dalam pc. Jadi lagu-lagu harus dari server penyedia walaupun jumlah lagunya banyak tapi akan susah jika kita tidak mengenal lagunya. Dan juga untuk settingan cue phone hasilnya mono (klik kanan di deck untuk menampilkan menu config).

Gratis software mixing lagu online



Cara mixing lagu di partycloud hampir sama dengan mixing lagu di software virtualdj, yang sudah pernah ane jelaskan di postingan lama, di sini. Bisa menggunakan crossfader atau volume level seperti pada gambar di atas (Jika mixing manual). Bedanya di partycloud lagu yang ada di folder hot song atau hasil pencarian tidak bisa di drag langsung ke deck A or B, untuk di putar. Tapi dengan cara klik tombol A/B. Klik A berarti lagu akan di letakkan di deck A dan klik B berarti ke deck B. Perlu di ingat bahwa semua lagu yang ada di souncloud biasanya bisa di search dan di putar di software.

Cara mixing di partycloud bisa manual atau otomatis..Jika ingin secara otomatis mixing kita cukup aktifkan fungsi "automixing on", di pojok kanan, maka otomatis lagu akan berganti jika lagu pertama mendekati durasi terakhir. Kira-kira 40 detik akan habis. Silahkan coba jika ingin tahu jelas..Aktikan fungsi automixing On. Hanya sayang bpm/tempo bisa naik turun jika tidak tahu lagu. Karena pada saat mulai proses automixing, lagu kedua akan otomatis menyamakan tempo/bpm dengan lagu pertama, dan selanjutnya kembali ke bpm asli lagu. Kalau untuk memutar lagu-lagu yang kita suka caranya gimana ya??

Sebelumnya search dulu lagunya, ketik judul atau nama artisnya di kolom search. Jika ditemukan untuk memastikan klik tombol A atau B untuk play. Kemudian klik gambar hati di sebelah kanan durasi lagu di list. Kita kan di diminta login ke facebook untuk bisa save Favorite track. Klik ok. Dan selanjutnya jika sudah terkumpul lagu-lagu yang kita suka, klik folder favorite. Aktifkan tombol automixing jika ingin dengar sambil rebahan di kasur..:)

Jika ingin mixing sendiri manual menggunakan partycloud, di bawah ini caranya:

Pertama :

Matikan fungsi automixing (off)
Setelah lagu di load ke deck A/B klik "Tombo Sync", gunanya untuk menyamakan bpm dan ketukan lagu di kedua deck. kekurangan software partycloud adalah tidak adalah tombol pitch bend (merapikan ketukan). Karena memang software dj music online ini ane rasa hanya untuk fun mixing.
Tombol " <<  >>' untuk mempercepat lagu perbar / mencari point start play lagu. Tombol > adalah tombol play/pause.

Kedua:
Prosess pergantian lagu menggunakan tombol crossfader (geser ke kanan sampai ujung untuk ganti lagu ke deck B, dan sebaliknya. Tunggu sekitar 45 detik - 1 menit lagu pertama akan habis, play lagu ke dua, baru mulai cross pelan-pelan. Bisa juga menggunakan fungsi volume level seperti pada gambar di atas, dengan cara klik dengan mouse (lagu kedua level di 0 di bawah), kemudian naikkan pelan-pelan sampai ke atas. Teori mixingnya sama dengan menggunakan virtualdj silahkan baca.

Patokan dimana start mixing tidak baku pada durasi 1 - 2 menit lagu akan habis, karena tiap lagu berbeda. Di sini di perlukan ketelitian dan pemahaman lagu yang akan di mixing (ganti lagu). Tidak usah pusing..Mulai action saja nanti akan tau sendiri celahnya bagaimana mixing yang bagus, dengan sering latihan...Anggap saja hanya Fun, bukan untuk perform di club. Jangan kesel ya kalo putus-putus suaranya jika koneksi internet ente lemot, karena mixing di partycloud butuh koneksi internet yang stabil. Jika ingin offline gunakan saja software virtualDj, tracktordj dan lainnya yang bisa di install di pc atau laptop. Partycloud lebih baik untuk Fun saja, atau cari lagu-lagu yang enak. Selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 18.56

2 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.