Home » , » List jenis lagu dj berdasarkan karakter musiknya

List jenis lagu dj berdasarkan karakter musiknya

Postingan hanya sekedar untuk pengetahuan saja bagi newbie yang sedang ingin tahu tentang genre lagu dj berdasarkan karakter musiknya. Karena begitu banyak genre lagu yang ada di dunia ini yang di mainkan para dj. list jenis lagu dj berdasarkan apa yang ane pahami dari tiap genre/style musik yang telah ane dengarkan sebelumnya. Berhubung di hardisk ane punya koleksi data base lagu edm (electronic dance musik), jadi ane bisa dengar satu persatu.

jenis lagu dj berdasarkan musiknya

Menurut karakter musiknya genre lagu dj yang umum di mainkan di bagi 2 type, yaitu :

1. Soft

Type lagu dj ini lebih easy listening cocok untuk di mainkan di cafe, lounge, bigroom, Pub, dan lainnya yang lebih menekankan pada suasana yang nyaman. Tempo musik / bpm kisaran 120 - 128, rata-rata. Peminat kebanyakan kalangan high class, selera tinggi seperti para pembisnis, pengusaha, dan orang-orang dengan kepribadian melankolis dan plegmatis. Orang-orang yang lebih menyukai ketenangan dalam menikmati musik.

Genre lagunya adalah :

a. House soulful - Baca - Contoh lagu genre soulful untuk dj, untuk mendengar.
b. Deep house
c. Funky house, Nu disco
d. Chill out & Lounge ( Slow)
e. Progressive Trance
d. House / House progressive
f. Tribal tech, Tech house
g. RnB, Hip hop
h. Break
i. Trance vocal
j. Classic Disco
k. House, ibiza house, Fashion house

2. Hard

Genre lagu dj ini cocok untuk dance, menghidupkan suasana, karena karakter musiknya keras kental dengan suara lead frequence tinggi dan terdengar berisik di telinga. Bagus untuk membuat crowd/ audien goyang, bpm sekitar 126 - 135.

Genre lagunya adalah :

a. Electro House
b. Progressive electro ( big room)
c. Electro
d. Dirty Electro
e. Dubstep
f. Tribal house
g. Dutch house ( Break n Dirty)
h. Break Funk ( Funkot )
i. Hard trance , Uplifting trance, Goa
j. Trap,

List jenis lagu dj berdasarkan karakter musiknya di atas tidak menjadi patokan mutlak akan karakter dan element soundnya, karena tiap style musik memiliki sub genre sendiri. Silahkan ketika di google kata kunci, " sub genre......", tanda titik di isi nama genre yang di cari. Dan terkadang ane menemukan lagu genre progressive house tapi karakter musiknya agak keras, dan cocok jika di pasangkan dengan genre electro house. Mungkin yang membuat lagu ingin membuat perbedaan akan style musik dia.

Ok sob..itulah list jenis lagu dj berdasarkan karakter musiknya, ane hanya share sebatas pengetahuan yang sebenarnya masih banyak genre lagu lainnya. Jika ada yang mau nambahin atau mau koreksi tulisan ane silahkan comment. Dan jika ingin punya koleksi semua genre lagu dj di atas bisa pesen ke ane...Jiah jualan lagi...:)

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 21.02

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.