Home » , » Cara mudah memahami tangga nada major di Fl studio 11

Cara mudah memahami tangga nada major di Fl studio 11

Memahami tangga nada merupakan proses pendalaman ilmu musik yang harus di kuasai oleh seorang remixer lagu, atau music producer. Tanpa tahu ilmu tangga nada, musik yang di hasilkan biasanya kurang indah, tidak berkelas dan kurang profesional karena tidak tahu cara mengembang nada dan kombinasinya. Tangga nada yang umum di kenal adalah Major/mayor dan Minor. Sekarang ane mau share tentang tangga nada major.

Selain belajar di sekolah musik atau dari les piano, cara memahami tangga nada major bisa lewat fl studio software. Caranya yaitu :

  1. Dari file browser Fl studio 11 - versi di bawahnya. Caranya ?
  • Load dulu sembarang channel ke pattern misalnya vst Fl keys kemudian klik channel fl keys dan pilih piano roll. Lihat di bagian browser sebelah kiri, buka item "score, kemudian pilih reference scale, dan pilih Scales major. Lihat gambar di bawah :

Tangga nada major di fl studio 11
  • Selanjutnya drag ke piano roll channel, tapi jangan lupa set bpm/tempo project ke rendah, misalnya ke 120 bpm. Ini agar tempo lambat agar kita bisa mendengar urutan nada dengan nyaman. Hasil drag akan tampak seperti gambar di bawah ini :
tangga nada mojor di piano roll Fl
  • Tempatkan ke nada C untuk mengetahui tangga nada C major, G, D dan lainnya. Dengan tool ini kita dengan mudah mengetahui root dari tune/nada yang ingin kita ketahui dengan mudah tanpa harus sekolah musik, Seperti halnya jika kita suka main gitar, psti menemukan chord yang Do-nya berbeda-beda.

Bagaimana cara mendengar suara urutan tangga nada major di piano roll Fl studio ?


Stop, jangan di play dulu dengan menekan tombol spacebar karena bunyinya akan terasa aneh..Crooong..Karena bentrokan 7 nada secara bersamaan. Langkah selanjutnya adalah pindahkan nada D maju ke step 5 ke depan, dan juga nada lainnya. Jadi hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini :



Setelah kita rapikan seperti gambar di atas, barulah kita play untuk mendengar bunyinya ( akan terdengar do re mi fa sol la si do). Jadi, dari proses di atas kita akan mengetahui bahwa tangga nada / interval C major, urutan nada-nadanya adalah seperti itu. Ok ?..

Sebuah lagu yang di mulai dari C / Do, maka chord dasar dan nadanya dalam notasi adalah C = D, E, F, G , A, B. Chord/key kombinasi major dan minor. Rumus tangga nada major adalah :1-1-1-1/2-1-1-1-1 / Do re mi fa sol la si do. Lihat tabel di sini - tangga nada mayor.

Untuk urutan nada dasar lainnya misal ingin mengetahui D mayor, cukup block di piano roll ( ctrl+a), kemudian geser posisinya ke nada yang di inginkan. Maka urutan nada d mayor akan tersusun rapi, dan dari proses ini kita akan lebih memahami tangga nada major. Lihat gambar tabel susunan nada dai C - B, di sini .

Cara kedua adalah:

2. Dengan melalui channel yang di load ke pattern

Caranya klik tanda panah sebelah kiri piano roll, kemudian pilih menu Chord- Scales. Bingung ? Lihat gambar di bawah : Atau lihat video di sini.

cara memakai Chord bantuan di fl studio

Cara menyusun nya seperti di atas cukup pindahkan ke depan agar interval nada nya berurutan. Jangan lupa jika ingin merubah mode ke netral tekan tombol "Shift+N, jadi begitu ingin ngebatik nada bisa satu persatu.

Intinya jika kita sudah memahami tangga nada, dalam membuat lagu dj atau remix kita tidak akan kesulitan dalam menentukan dan membuat melody nya. Karena sudah tahu root nada-nadanya, sehingga jika membuat melody jadi bagus dan tidak fals. Untuk key jika ente seorang newbie silahkan baca postingan link di bawah:

Masih bingung memahami tangga nada major ? Lihat video dibawah ini :




Cara menggunakan chord wizard di piano roll Fl studio .


Bagaimana cara belajar tangga nada Minor ?

Silahkan lihat video dibawah ini :




Kesimpulannya:

Jika bukan progression sesuai urutan tangga nada, maka akan terdengar fals dan aneh bunyinya. Silahkan ente pratekin pindahin salah satu nada, pasti akan jadi beda dan tidak enak di dengar. Jadi agar supaya instrument lagu bagus step harus mengikuti patokan tangga nada mayor atau minor seperti dalam video.

 Jika kita ingin membuat lagu dari DO major, maka ikuti progression tangga nada major. Begitu pula dengan minor, harus sesuai urutan nadanya.  Ok, sekilas info saja, mudah-mudahan paham, silahkan lihat videonya agar lebih paham.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 05.47

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.