Home » » Hi Dj, jaga kupingmu ketahui batas mendengar

Hi Dj, jaga kupingmu ketahui batas mendengar

Tahukah kalian bahwa dampak buruk menjadi DJ jika tidak tahu batas mendengar, salah satunya adalah rusaknya telinga organ vital yang paling berguna / penting agar bisa mixing lagu dengan bagus. Nah bagaimana jika mengalami kerusakan ? Misalnya jadi budek / tuli gara - gara terlalu sering mendengarkan suara yang keras / bising yang melewati batas aman, baik suara dari headphone atau speaker monitor. Gambar dibawah ini adalah batasan telinga dalam mendengar :

Ketahui batasan kuping mendengar
Batas di atas adalah standar berapa lama kuping kita mendengar suara, dan lebih baik perhatikan bagaimana kita memakai telinga untuk mendengar. Ane dulu sering dibikin kaget gara - gara gantian main sama teman Ane ( Back 2 back ), pas make headphone..ampuun kenceng banget suaranya, sampai jantung berasa mau copot. Gila...Untung nggak ane lempar tuh headphone. Padahal sob..di angka 12 saja level gain monitor phone di mixer itu suara sudah kenceng, nah ini teman lebih dari itu.

Kuping kita ini sob..punya batas ambang dengar di angka 120 dB, pada angka ini pasti kuping akan merasa sakit batas ini disebut "threshold of pain". Artinya jika kerasnya suara yang diterima kuping kita sampai pada angka itu, maka sebaiknya jangan berlama - lama. Sebab bisa membuat kuping kita jadi rusak..Bisa jadi budek, tuli sementara, ngerinya jadi permanen tuli..waah..kasus, bagaimana jadi DJ kalau kuping budek...Sereem..Perhatikan baik - baik Noise meter di bawah :

Hai Dj, jaga kupingmu ketahui batas mendengar

Maksimal Ente jika perform dalam angka 100 db, durasi 2 jam harus mengistirahatkan kuping jika tidak ingin kuping rusak. Itulah kenapa rata - rata dj kalau perform biasanya 1 - jam akan gantian jika menjadi residen pada suatu club. Sadar nggak sadar ini untuk menjaga kuping dari kerusakan.

Dulu Ane juga sendiri mengalami lebih dari 2 jam perform, biasanya mixing lagu jadi tidak konsentrasi...Otak ikut lelah. Buat ente yang masih pemula ketahui batas kuping mendengar, baik - baik berapa lama mendengar kebisingan suara, didalam headphone, speaker monitor atau sumber suara keras lainnya. Jaga kupingmu...!"

Yang sering perform tentu pernah mengalami ada suara berdenging di telinga, terus kadang juga berasa jadi budek sementara. Hal itu disebabkan karena terlalu sering mendengar suara yang keras tanpa diimbangi dengan istirahat sejenak. Ane dulu juga mengalami telinga berdenging pada saat keluar dari tempat perform. Lamanya sekitar 30 menit, atau lebih, dan kadang otak jadi berasa bego kaya orang bloon / tolol.

Cuma Dj tips ini untuk pemula atau senior yang belum tahu batasan mendengar, dimana kuping harus di istirahatkan. Sebab pada saat main umumnya ada 2 sumber suara keras yang ngehajar kuping yang dekar yaitu dari Headphone, dan speaker monitor. Maksimal 2 jam harus stop dulu, atau gunakan dj headphone yang bagusan. Pada headphone monitor di mixer dj sebenarnya tidak usah terlalu keras volumenya juga sudah bisa buat balance lagu, di angka 12. Semoga bermanfaat.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 20.40

0 comments:

Poskan Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.