Home » , » Progressive house dark seperti ini lagunya

Progressive house dark seperti ini lagunya

Masih pada bingung ya memahami genre lagu progressive house yang sering dimainkan para DJ di Indonesia ? Ya, memang genre lagu suka membuat bingung kadang, karena style lagunya suka di campur dengan elemen genre lainnya. Dan sekarang ini yang lebih trend adalah genre lagu progressive house komersil seperti lagu-lagunya Alesso, Hardwell, dan lainya. Tapi untuk sekedar mempermudah pemahaman agar tidak pusing nyari lagunya, ini ane kasih contoh progressive house dark seperti ini lagunya karya Jerome Isma Ae :


Nah, genre lagu progressive house seperti di atas itu dulu sering dimainkan di Club stadium jakarta sebelum tutup. Sekarang sering di mainkan Dj di Miles club kota, dan beberapa club lainnya. Progressive House adalah sub genre dari genre lagu House Musik, yang mana pada elemen di dalam progressive house lebih menekankan pada alur Chord progression. Sehingga kombinasi nada-nada pada genre ini menjadi berbeda dengan genre house musik.

Aliran musik Progressive House Dark ( gelap ) pada genre lagu ini bisa di bilang dalam pemilihan sound kebanyakan mengambil suara dan nada - nada  yang sesuai dengan imaginasi pembuatnya. Jadi lagunya terkesan serem, gelap, bahkan untuk vocal pun harus selektif. Kadang di campur dengan sound genre tech house, tribal percusy.

Kebanyakan lagu progressive house mengambil nada-nada Minor, mungkin agar terkesan dalam dan feel lebih berasa. Yang paling susah untuk membuat lagu progressive house adalah pada pemilihan soundnya menurut ane selama ketika membuat lagu genre ini. Harus betul-betul dapat yang tepat dan terkesan gelap. Dari pemilihan suara bass, pluck, string, Fx, dan lainnya.

Dan butuh waktu lama agar lagunya mengalir dengan bagus dan tidak datar, butuh pula kesabaran serta ketenangan untuk membuatnya. Lagu progressive house dark kebanyakan musiknya simple-simple tanpa banyak sound, karena akan membuat jadi lembek. Contoh lagu progressive house dark yang simple di bawah :

Genre lagu ini memang kenceng tapi jarang peminatnya karena jika didengar biasa kadang bikin bosan, jika tidak ada vocalnya. Terkecuali lagi...."
Sebenarnya asik buat goyang, terdengar garang dan ngajak. Ngajak kemana ya ? hehe
Progresive house jenis ini cocok di mainkan dengan genre lagu Tech house, house, progressive trance, tapi juga harus di dengar dulu seperti apa lagunya. Salah pilih lagu jadi aneh dan bisa bikin frame lagu menjadi ngedrob..

Repotnya lagi sob, jenis lagu progressive house dark yang enak sangat susah di dapat karena jarang yang membuatnya. Ane nyortir dari ratusan lagu tiap update paling banter cuma dapat 5 lagu. Apalgi sekarang ini sejak lagu progressive house jenis komersil trend, makin susah saja dapat prog dark yang enak. Kalah pamor dengan Edm style progressive house komersil, electro house, progressive electro. Beuh.. makin puyeng saja ngebedainnya.

 Yo weslah...ane cuma kasih share saja tentang progressive house dark yang sering dimainkan dj di Indonesia. Intinya sih tetep genre progressive house hanya saja style / elemen musik yang membedakan.

Jangan lupa baca juga postingan tentang lagu Trap, yang sekarang mulai trend : Di sini lagu edm trap, semoga bermanfaat .

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 08.46

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.