Home » , » Bedanya Fl 11 dan Fl Studio 12, dimana Ya

Bedanya Fl 11 dan Fl Studio 12, dimana Ya

Dari kemarin Ane sudah download FL studio 12 terbaru dan baru tadi di Install ke komputer. Karena rada takut nanti ada masalah dengan Plugin Vst dan project lagu Ane, maka Ane tidak Uninstall yang Versi 11. Jadi ada 2 versi FL studio di program file\image line. Karena penasaran setelah selesai Install Fl studio 12, langsung saja Ane buka buat cari tahu bedanya Fl studio 11 dan FL 12 yang terbaru. Awalnya bingung juga karena banyak perubahan dari letak list plugin yang lebih rapi dan tampilan grafik terkesan wah banget..Lantas apa bedanya Fl 11 dan Fl Studio 12 ?

Dimana letak perbedaannya ? Ane bahas pada fitur yang paling sering kita gunakan untuk membuat lagu di Fl:


1. Pada Pattern ( pola )

Yang versi 11, channel properties kecil dan vertical, sedangkan versi 12 melebar ke kanan dan terasa lebih mudah mengatur setingan suara. Dari fungsi fitur sama saja hanya pada grafik dan letaknya yang beda dengan versi 11. Pada Fl 12 terbaru dibagian atas pattern namanya menjadi Channel Rack, sedangkan Fl 11 hanya pattern. Lihat video dibawah ini saja kalau ingin lebih jelas.


Pada Fl studio 12 untuk ke piano roll cukup klik di pojok kanan pattern seperti pada video diatas. Sedangkan di versi 11 harus klik kanan dan pilih piano roll atau dari toolbar. Begitu juga pada penambahan channel kini di Fl studio 12 telah ada tombol + di bawah list channel yang mempermudah untuk menambahkan channel. Yang pasti nama pattern menjadi Channel Rack.

2. Perbedaan pada cara menambahkan plugin dari luar FL

Nah ini yang sempat membuat Ane bingung karena fitur "more", tidak ada di daftar Vst plugin Fl studio 12. Sangat berbeda dengan FL 11 yang hanya klik channel-addone-more - Fast scan, dan plugin baru akan terdeteksi dan tinggal centang. Pada FL studio 12 harus melalui "plugin database", agar masuk kedalam daftar vst plugin - Sync dan Fx. Rada repot memang, tapi susunan plugin lebih rapi sesuai jenisnya. Seperti ini :

Bedanya Fl 11 dan Fl Studio 12, dimana Ya

Kalau di Fl studio 11 kan rada ngacak tidak tersusun sesuai jenis Vst pluginya. Cara menambahkan plugin di Fl studio 12 terbaru lihat video di bawah ini saja.


Lebih memakan waktu sebenarnya pada Fl studio 12 terbaru soal munculin plugin di di daftar, dan kalau tidak di atur kedalam daftar plugin, susahnya harus buka lewat plugin database ( generator untuk instrumen, sedangkan effect untuk plugin Fx seperti compresor dan lainnya ). Letak plugin database ada di File browser. Bedanya lagi pada Refresh plugin, pada Fl 12 ada di menu Add dan Option - File setting. Karena menu channel diganti namanya menjadi ADD, sedangkan pada Fl studio 11 - Channels.

3. Perbedaan Pada Mixer 

Yang menurut Ane sangat membantu adalah adanya fitur Groub di mixer Fl studio 12 yang terbaru. Dengan adanya update penambahan fitur groub ini kita bisa lebih mudah mixing drum kit, sync, dan lainnya agar suara lebih menyatu. Terutama pada saat pemakaian Vst compressor fitur groub sangat membantu. Bedanya dengan FL 11 dibagian ini yang menarik buat Ane. Update lainnya sama hanya saja grafik lebih bagus terlihat.

4. Perbedaan pada Menu Render / Export

Update versi 12 perubahan hanya pada tata letak yang lebih ringkas dilihat dibandingkan dengan Fl 11. Untuk render pattern pilih mode Pattern, sedangkan seluruh track di playlist pilih Full songs. Dan soal visual grafik, lagi-lagi lebih nyaman dilihat.

Bedanya Fl 11 dan Fl Studio 12, dimana Ya

Itu saja dulu bedanya Fl studio 11 dan Fl 12 terbaru update yang bisa ane ceritakan buat kalian. Cukup lihat video di atas saja agar lebih detail atau download Fl studio 12 full version atau demo buat pelajari fitur baru dari Fl studio 12. Saran Ane Install kedua versi dari pada bikin bingung sendiri pas menggunakan karena sudah terbiasa dengan Fl 11.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 22.37

1 comments:

  1. Minta link download fl studio 11 dong gan.. Saya dari kemaren download gagal terus

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.