Home » , » Kenapa DJ perlu monitor speaker di dekatnya saat mixing lagu ?

Kenapa DJ perlu monitor speaker di dekatnya saat mixing lagu ?

Postingan ini buat para newbie yang lagi ingin belajar DJ atau sedang mempelajari bagaimana menjadi dj, khusus untuk memahami dibagian peralatan. Baik menggunakan aplikasi DJ dengan controler, atau menggunakan alat dj manual ( cdj player ). Kenapa DJ perlu monitor speaker di dekatnya, selain speaker utama ? Mungkin saja kalian belum mengerti fungsinya dengan benar. Postingan ini Ane coba jelaskan sedikit fungsi kenapa dj perlu speaker monitor saat mixing lagu.

Alasannya sangat sederhana, yaitu agar bisa memantau suara lagu yang keluar saat proses mixing, dan juga mengetahui apa kekurangan keluaran suara lagu. Posisi speaker monitor ini letak yang benar adalah berada di samping kanan dj booth. Persisnya berada diantara DJ berdiri. Sebelah kanan adalah speaker Right dan kiri left ( stereo ).

Kenapa DJ perlu monitor speaker di dekatnya saat mixing lagu ?Tanpa monitor speaker di dekatnya DJ akan susah mengontrol suara yang keluar, karena bisa jadi apa yang didengar di headphone berbeda dengan yang ada di speaker utama pada ruangan. Jika tidak ada speaker monitor yang dekat dengan DJ maka, untuk mengontrol suara akan mendengar dari speaker utama, dan ini menyulitkan karena bisa jadi letaknya jauh. Apalagi jika main dengan menggunakan cdj player manual. Seorang DJ harus benar-benar bisa menguasai teknik dj " Sound control".

Jika patokan monitoring suara dari speaker utama tentu akan sulit dan akan ada delay suara yang di terima di telinga, kecuali dalam ruangan yang kecil. Misalnya DJ yang suka main di room kisaran 10 orang. Kalian yang suka datang ke club tentu pernah melihat monitor speaker berada di dekat dj bukan ? Nah tujuannya kenapa ada speaker monitor 2 buah kanan dan kiri itu adalah seperti diatas.

yaitu mengontrol keluaran suara lagu yang keluar. Karena umumnya line out dari speaker monitor juga sama dengan line dari keluaran speaker utama ( PA speaker ).

Jadi, jika dari speaker monitor yang berada dekat dengan DJ suara lagu terdengar pelan, mendem, kurang low, mid, dan lainnya, otomatis suara yang di speaker utama akan sama juga. Begitu kira - kira detailnya.
Begitu juga dengan live band, selalu ada speaker monitor yang letaknya didepan mereka. Tapi letak berbeda dengan speaker monitor dj biasanya. Contoh gambaran posisi speaker monitor untuk dj dan studio.
Kenapa DJ perlu monitor speaker saat mixing lagu ?

Tapi tentunya jika di club bisa jadi posisinya berbeda, intinya harus ada speaker monitor yang berada di dekat dj untuk monitoring suara lagu yang keluar. Lantas speaker monitor apa yang cocok untuk dj rumahan ? Pilihan sangat banyak silahkan baca postingan tentang : Info speaker monitor untuk mixing, studio dan lainnya.

Ok sob ? Begitulah kenapa DJ perlu speaker monitor di dekatnya saat mixing lagu, penjelasan singkat seperti di atas. Semoga membantu para newbie yang belum tahu fungsinya. Silahkan di share jika ingin berbagi pada yang lain.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 01.22

5 comments:

  1. Mas hendry,

    Maaf kalau keluar topic. Headphone saya waktu dicolok ke djm (pake converter 3.5 ke 6 mm) kok cuma bersuara di sebelah kiri aja ya? Padahal ke laptop, hp, music player keduanya bersuara.

    Mohon pencerahannya
    Best regards.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti cable jack sambungnya..mungkin kendor atau rusak..atau lubang yg dimixer dah aus..

      Hapus
  2. Hallo Mas Hendry..
    Sy Mau nanya.. kalau kita buat musik tapi tanpa speaker monitor gimana ya mas..?? apakah boleh..?? apakah kualitas suaranya bisa diperbaiki saat mastering nanti..?? maklum mas... producer EDM sekolahan.. cuman punya laptop dgn midi controller... gak ada duit buat beli speaker monitor... gak enak minta sama ortu.. dan sy masteringnya pake LANDR.. kira2 itu bagus gak ya..?? mohon pencerahanya mas...
    Maaf Kalau terlalu Banyak nanya
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nggak papa kalo gk ada..nanti kalau di mastering kan di benerin lagi sama orangnya..tp usahakan headphonenya yg semi flat, jadi bisa mudah ngebalance suara instrument..

      Kekurangan mixing tanpa speaker itu kebanyakan soundnya nggak balance.. misalnya kick kegedean atau sound lainnya. Karena frekuensi headphone beda dengan speaker.. terkecuali headphone yg punya kualitas bagus ( mahal ), nggak ketipu sound banyak.

      Mastering di LanDR cukup ngebantu, tapi kurang sempurna kalau nggak dibalance dulu

      Hapus
    2. Ok..mas.. makasi pencerahanya (y) Sukses Selalu :)

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.