Home » , , » Video cara menggunakan dan atur Plugin Fl studio FL Keys- Arpeggitor

Video cara menggunakan dan atur Plugin Fl studio FL Keys- Arpeggitor

Tutorial cara menggunakan Plugin Fl keys di Fl studio : Untuk kalian yang sudah lama menggunakan Fl studio pasti sudah tahu nama dari Fl keys, sering kali melihat di daftar Vst plugin dan mungkin saja tidak suka dengan suara Grand piano yang ada. Tapi tahukah kalian jika kita bisa mengolah fitur channel setting yang ada di Fl keys akan menjadi nada-nada yang indah. Sebagian mungkin sudah tahu caranya, dan kali ini Ane coba berbagi tips cara menggunakan dan atur Fl keys pada fungsi arpeggiator agar lebih maksimal.

Cara menggunakan plugin Fl keys di Fl studio agar maksimal adalah dengan memanfaatkan fitur Arp di bagian tab Func. Di bagian ini :

cara menggunakan dan atur Plugin Fl studio FL Keys

Cara load plugin Fl keys seperti biasa, klik menu Chnnel- Addone - more - Fl keys. Atau klik kanan saja sembarang channel yang ada di pattern, pilih insert.

Fl keys jika digunakan tanpa melakukan pengaturan Arp, cara olah nadanya yaitu melalui piano roll ( klik kanan channel Fl keys kemudian pilih piano roll). Nah di dalam piano roll itu Ente ngebatik nada-nada sesuka hati. Tapi jika pemula dan belum tahu ilmu musik, chord progression, tentu akan kesulitan, bisa jadi nada jadi acak-acakan.

Jika fungsi Arp di aktifkan dan di atur pada tombol Time, kemudian dipilih juga naik turunnya nada, maka jika kita tekan pada keyboard misalnya chord C ( Z, C, B). Bunyi nada yang dihasilkan akan bagus. Untuk mematikan Arp klik tombol "off", pada tab Func.

Baca juga : Susunan nada di keybord komputer, agar lebih paham soal chord / kunci.

Ini video cara memakai Fl keys agar bagus suaranya, yaitu mengaktifkan fungsi DELAY, dan ARP ( arpeggiator ). Lihat videonya pasti Ente akan paham.


Dari video pengaturan Fl studio plugin Fl keys diatas bisa Ente lihat dan dengar bagaimana nada yang bisa menjadi naik turun dengan step yang kita atur sendiri. Mengaktifkan fitur, mode arp ,Time, Gate, Repeat, Range, chord. Penjelasan dari Fl studio help disini. Begitu juga dengan delay agar keluaran suara tidak terdengar mentah, harus diaktifkan.  Bisa juga di tambahkan Fx reeverb dengan cara set ke mixer area FL..

Dalam video diatas Ane hanya memakai keyboard Pc bukan midi controler, jadi jangan salah sangka. Ente juga bisa menggunakan keyboard pc atau laptop ente untuk mainin nada Fl keys. Untuk suara piano bisa dirubah, tapi yang paling bagus adalah Grand piano. Silahkan di coba, moga manfaat.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 09.37

2 comments:

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.