Home » , » Persiapan agar lagu siap di distribusikan ke online store

Persiapan agar lagu siap di distribusikan ke online store

Pada article sebelumnya tentang agar lagu kita bisa di jual di Itunes store sudah Ane share caranya. Tapi sebelumnya harap di perhatikan bahwa, ada persyaratan yang harus kita ikuti agar kualitas audio pada lagu yang akan kita jual bisa diterima oleh toko online store musik seperti Itunes. Bukan hanya asal lagu jadi saja terus kita jual, pertimbangkan kualitasnya. Nah kali ini Ane kasih tips untuk persiapan lagu sebelum di distribusikan ke online store setelah di mixing / mastering dengan benar.


1. Format file lagu yang di butuhkan:

Format file lagu yang dibutuhkan untuk di jual di online store musik dan sangat di direkomendasikan adalah Format Wave. Dengan ketentuan sebagai berikut :

1. 16 Bit ( ukuran sample )
2. 44.1 Khz ( sample rate )
3. 1411 ( Bit rate - stereo file wave )

Soal ini jangan khawatir karena ketika pada software Daw yang kita gunakan biasanya sudah di setting untuk keluaran audio dengan kualitas seperti di atas. Seperti di Fl studio 11 - 12, saat render ada pilihannya yang penting render lagu ke wave file, jangan ke format mp3.

Baca article : tips render di Fl studio, tapi di bagian Dept rubah ke 16 bit.

Persiapan agar lagu siap di distribusikan ke online store

2. Converter audio ke file wave

Jika data lagu dalam bentuk format mp3 file, kita lakukan konversi menggunakan aplikasi converter audio. Salah converter audio yang gratis adalah free make audio converter, bisa juga menggunakan aplikasi daw yang kita gunakan untuk membuat lagu. Caranya masukkan kembali file lagu format mp3 tersebut kedalam aplikasi Daw lalu lakukan Export / render ke Wave file. Dengan pengaturan file seperti di atas.

Atau bisa menggunakan software Itune yang ada di komputer, karena selain untuk memutar lagu bisa juga bisa untuk convert audio ke berbagai format yang di dukung. Cara convert lagu dengan Itune software baca di sini - konversi lagu dengan itunes.

3. Cover Art album

Persiapan cover art album. Bagian ini juga sangat penting karena untuk Id Tag pada lagu, buatlah cover sebagus mungkin agar terkesan profesional, bila tidak bisa manfaatkan jasa design cover. Untuk panduan membuat cover Art lagu bisa baca di postingan Ane bulan lalu, yaitu :

Baca - Cara membuat covert art lagu yang benar

4. Buatlah Meta Tag lagu

Meta tag adalah informasi lagu yang tertanam pada file audio, yang berisi informasi judul lagu, nama artis, covert art, dan lainnya. Ini sangat penting dibuat sebagai persiapan di distribusikan ke online store seperti Itunes, beatport, amazon, dan lainnya. Pembuatan meta tag lagu dapat dilakukan di software Daw yang digunakan. Seperti pada software Fl studio, kita membuat tag melalui menu project info ( isi dengan lengkap ).

Jadi jika telah dibuat meta tag, saat lagu di putar pada media pemutar musik apapun akan muncul nama artis, judul lagu dan covert lagunya. Meta tag tidak akan terhapus meskipun lagu di rename nama filenya.

Ok..Itulah beberapa persiapan agar lagu siap di distribusikan ke online store di seluruh dunia yang dapat Ane share buat kalian yang ingin jual lagu sendiri di online store. Baik itu lagu DJ, pop dance dan aliran musik lainnya yang kalian miliki. Semoga membantu.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 10.07

1 comments:

  1. gan ngaruh kga sih kalo kita bikin lagu pake headset 15rb an trus mendem mendem

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.