Home » , » Trik mastering lagu dj ini mesti di coba

Trik mastering lagu dj ini mesti di coba

Masih seputar mastering lagu postingan kali ini, karena memang banyak teknik dan trik saat mastering lagu. Tapi trik mastering ini bukan untuk pemula ya ? khusus untuk kalian yang sudah tahu tentang mixing dan mastering, mesti dicoba. Tiap orang punya seni sendiri juga gaya yang unik dalam proses mastering lagu, ada satu trik yang bagus dan sederhana mesti kita coba, yaitu " trik mastering lagu di luar ". Teknik mastering ini banyak dilakukan oleh musisi luar negeri dan juga lokal.

Apa itu mastering lagu di luar ?

Trik mastering lagu diluar adalah proses mastering dengan cara di render dulu semua komponen lagu menjadi satu track, kemudian baru di olah lagi menggunakan Vst untuk untuk mastering lagu. Tapi sebelumnya di mixing dulu tiap instrumen agar balance. Proses sebelum di render jangan kasih fx apapun di master mixer kosongkan saja.

Gimana trik cara mastering lagu di luar ?

Langkah pertama : Semua channel di mixer di bawah 0 db ( maksudnya channel bassline, melody, rythm dan lainnya ). Yaitu antara 6 - 10 db. Kecuali kick usahakan paling atas. Sedang level master tetep di 0db normal. Contoh ane ambil dari Fl studio mixer, gambar dibawah kalau tidak tahu bagaimana melihat nilai db volume fader. Gerakan level fader pada mixer channel dan lihat ke atas.

Trik mastering lagu dj ini mesti di coba

Untuk kalian yang tidak memakai Fl studio logikanya sama saja untuk pengaturan nilai db untuk melakukan trik mastering lagu dari luar ini.

Langkah kedua : Setelah di mixing pada tiap channel juga di set keluaran suaranya dengan di olah menggunakan vst effect yang kalian punya, kemudian di render ke wave file format.

Langkah ketiga : Masukkan kembali hasil render ke dalam project. Nah di sini di bagian master master baru di kasih fx khusus mastering yang kalian punya. Entah ozon, wave dan lainnya. Baru di di olah lagi sampai bagus.


Dengan trik mastering lagu di luar ini ane coba hasilnya lagu lebih bagus, tebal, lebar dan padat. Loudnes pas juga lebih balance. Alasan detailnya ane nggak bisa jelasin kenapa lebih bagus dibandingkan dengan cara mastering seperti biasanya. Mungkin pengaruh headroom frekuensi lebih dapat.

Bagaimana kalau belum balance ?


Kembali lagi ke project awal mixing kembali sampai balance, kemudian render lagi, hasilnya masukin lagi ke project dan olah lagi. Simple kan ?


Ada nggak sih mastering yang gampang tanpa ribet ?

ada bro.. 

Gunakan saja jasa mastering online, yang gratis. Contohnya di landr gratis untuk 1 lagu dan hasil nya mak nyus bro..






Ane udah cobain. Dan enaknya lagi di situ bisa jual lagu juga ke online store sekitar 400 toko. Ane juga gunakan site ini untuk jual lagu di beatport.


Kesimpulannya :

Trik mastering lagu diluar ini adalah mastering keseluruhan instrumen lagu dalam satu track. Jadi sama saja lagu sudah jadi lalu di mastering ulang. Bedanya dengan mastering yang biasa orang lakukan adalah pada bagian track saja. Trik lainnya gunakan site landr. Selamat mencoba.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 00.09

3 comments:

  1. mas kirim link download vst ozone!

    BalasHapus
  2. thanks bang, btw gimana yah caranya membuat frekuensi fx tidak bertabrakan dengan chordnya sylenth1, mohon dibantu ya bang agan, thanks..GBU...

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.