Home » , » Membuat Arpeggiator di Fl studio 12 lebih mudah

Membuat Arpeggiator di Fl studio 12 lebih mudah

Cara membuat Arpeggiator di Fl studio 12 lebih mudah jika dibandingkan dengan FL studio 11. Kenapa ? Di Fl 12 semua channel baik bawaan maupun external plugin bisa dibuat arpeggiator langsung dari channel properties, karena sudah terintegrasi. Sedangkan pada Fl 11 hanya khusus vst plugin default saja yang bisa dibuat arpeggiator, ini adalah salah satu perbedaannya, yang merupakan peningkatan perform Fl 12 yang di tingkatkan.

Jadi jika ingin membuat Arpeggiator, di Fl tidak harus menggunakan Fitur yang ada pada tiap Vst plugin. Contohnya pada plugin Sylenth1, dimana didalam plugin ini ada fitur untuk mengaktifkan Arpegiator dibagian tengah atas. Nah di Fl 12 tidak harus menggunakan itu, cukup dari bagian channel rack properties saja yaitu klik icon gerigi "Detail setting". Lihat gambar di bawah caranya.

Cara membuat Arpegiator di Fl studio 12, Plugin external.

Membuat Arpeggiator di Fl studio 12

Dan bukan hanya pada Vst plugin sylenth saja. Semua plugin dari luar Fl bisa di setting, termasuk juga velocity pada piano roll, di Fl studio 12 bisa berfungsi. Karena biasanya pada Fl 11 bagian velocity ini jika di atur naik turun level volumenya tidak berpengaruh. Kecuali Plugin bawaan dari Fl studio.

Ini sebuah terobosan baru dari image-line untuk para pengguna Fl studio untuk mengatasi masalah membuat arpeggio dengan mudah. Karena ada beberapa vst plugin tidak menyediakan fitur ini.

Apa itu Arpeggiator ? Seperti apa.. Lihat video di bawah agar lebih jelas :


Dari video diatas menggunakan Vst default Fl studio, yaitu Fl keys, suaranya hanya piano yang bisa dipilih jenis suaranya ( Grand piano, rhodes, roto organ ). Seperti itulah gambaran nada dengan menggunakan fitur Arpeggiator yang ada pada setiap Vst plugin, baik bawaan Fl 12 atau dari luar yang di Install ke plugin database FL 12.

Jika kita dengarkan dengan teliti setiap lagu biasanya selalu ada elemen lagu yang stepnya menggunakan teknik arpeggioator agar mudah. Contoh untuk lead vocal, bagian intro dan lainnya yang perlu, agar tidak terdengar kosong.

Jadi..Kesimpulannya dengan kemudahan membuat arpeggiator di Fl studio 12, kita akan lebih mudah membuat instrumen lagu. Remix atau bikin lagu original. Tidak terbatas pada vst saja, bahkan one shout sample pun bisa di setting Arpeggio, jadi lebih meringankan kerjaan. Selamat mencoba.

Hendryal
Hendry Al Updated at: 03.41

3 comments:

  1. Gan caranya masukin lagu kefl12 gimana ya? Gak ada audio clipnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara masukin lagu di Fl 12 bisa di drag aja langsung dari windows explorer..ke dalam playlist..lebih cepat.

      Hapus
  2. gan..buat kreasi video youtube lagi dong.. belajar fl 12 pemula step by step part 1 sampai tercpta musicnya.. masing - masing ganre nyaa hehehe

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.