Home » , , » Cara gabungkan pattern jadi satu di playlist atau merge

Cara gabungkan pattern jadi satu di playlist atau merge

Cara gabungkan pattern jadi satu pattern dalam playlist Fl studio 12 sebenarnya sangat mudah. Tapi karena kadang di anggap tidak penting jadi sebagian pengguna Fl studio tidak melakukan ini atau belum tahu caranya. Yang penting susunan track sudah rapi dan hafal isi dari pattern yang sudah di buat. Cuma masalahnya jika terlalu banyak pattern di playlist justru bisa membuat kita pusing sendiri. Kesannya jadi ribet dan agak acak - acakkan. Maka perlu dibuat rapi tiap pattern jadi satu pattern pada track.

Berikut ini cara gabungkan pattern menjadi satu pattern di playlist Fl studio :


1. Letakkan pattern yang akan di merge ( gabung ) ke dalam 1 track. Misalnya di track 3 playlist, dan di rename dulu sebaiknya, beri nama yang sesuai agar rapi. Misalnya menjadi track "piano ".

Block pattern dengan cara Tekan tombol CTRL + Klik kiri mouse untuk memilih pattern sekali banyak. Dan kemudian tekan tombol Shift + Panah atas / bawah di keyboard untuk menaikkan atau menurunkan pattern ke area track target.

2. Klik kanan di bagian kiri playlist,  pas di bagian track yang berisi pattern  yang akan di gabungkan jadi satu, kemudian pilih " Merge pattern clips "

cara gabungkan pattern jadi satu track - pattern fl sudio 12
Fl 12.5.1 signature

3. Hasilnya akan menjadi pattern baru dengan nama yang merujuk pada pattern pertama. Biasanya di bagian belakang ada tanda #.

Contoh hasil dari merge clip : pattern jadi memanjang sesuai durasi / bar


hasil merge pattern di dalam playlist fl studio


Seperti itulah cara gabungkan pattern menjadi 1 pattern di dalam playlist Fl studio 12 atau versi sebelumnya. Mudah kan ?

Jangan khawatir pattern asli tidak akan hilang masih utuh seperti semula. Jika masih di butuhkan cukup di ambil kembali lewat pattern selector. Merge pattern ini sifatnya hanya menciptakan pattern baru hasil penggabungan.


Apa tiap pattern yang kita buat harus di gabungkan ?


Tentu saja tidak. Terserah kita saja kalau ingin lebih rapi dan ringkas penempatan pattern di dalam playlist Fl studio, ya sebaiknya di merge saja. Kan di mata juga lebih nyaman lihat project lagu terlihat rapi susunan tracknya. Iya kan ?

Baca juga : Cara membuat time marker di playlist

Harap di ingat ! Yang bisa di gabungkan / merge jadi satu ini hanya untuk pattern ya. Jika audio tidak bisa di merge cukup susun seperti biasa. Selamat mencoba

Hendryal
Hendry Al Updated at: 09.30

0 comments:

Posting Komentar

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.