Home » , » tips memilih lagu dj untuk bahan tampil

tips memilih lagu dj untuk bahan tampil

Barangkali teman-teman pernah mengalami bingung saat memilih lagu dj yang akan di mainin buat djing. Yang ini pa yang itu ya...hadoh..! ini enak.. ni juga enak. Memang kadang kita seperti itu. Wajar, karena banyak pilihan. apa lagi kalo lagu update terus. ane juga pernah mengalami kaya gitu...Terus sebaiknya gimana ya? Untuk menjawabnya silahkan lo tanya pada diri sendiri. "kira-kira audien suka gak ya kalo gw kasih lagu-lagu ini ? tahu jawabanya kan'.  kalo masih bingung, puterin aja lagu-lagu yang komersil aja.

tips memilih lagu dj untuk bahan tampil

Atau puterin aja lagu yang bisa bikin goyang. Ingat jangan terlalu idealis (sesuka kita) apa yang menurut kita bagus belum tentu enak buat mereka. Audien adalah nomer satu. Mereka bisa mengatakan dengan mudah kepada kita.

"Uh..dj-nya jelek! lagunya gak asik.

Bisa jadi besok lo di cuekin, meskipun lo mixing-nya bagus. Wah gawat tuh kalo gitu.

Gimana kalo kita main di tempat yang baru??

Itu lebih gampang bro...tanya dulu aja ke pihak management atau orang yang lo kenal. Disitu yang bagus kasih lagu-lagu yang gimana? mereka pasti ngasih tahu. Tapi jika lo pengen memberi warna musik baru, well, gak papa lo kasih aja lagu-lagu dj yang menurut lo enak n bisa buat goyang.


Biasanya sih. saat lo puterin satu mpe 3 lagu, lo pasti dah tahu audien/crowd di situ maunya lagu apa. Perhatiin aja pass lo muterin lagu. Respon mereka (audien) gimana.

Goyang pa cuek.  Kalo mereka cuek aja, saatnya lo mikir--or ganti lagu yang beda. Sebagai seorang DJ teknik penyajian sangat penting harus di kuasai. mengerti dan memahami dengan baik lagu-lagu apa yang mengena untuk crowd/audien. Jenis music apa yang mereka suka..gak nyambung kan kalo audienya suka lagu Funkot, terus lo kasih lagu Selatan'. Penggemar Funkot bisa download disini. Ada funkot ma breakbeat juga.

Di bawah ini cara memilih Lagu-lagu buat djing yang harus kita pilih dan miliki:
Ini menurut bahasa kita saja:

1. Lagu standar

Ciri lagunya adalah ketukan/beat-nya biasa, mudah di mainin, dan biasanya di putar pada saat opening jika Dj main sebagai pembuka bila ia sebagai seorang Resident. Secara psychologis tujuannya adalah membuat audien relax. Biasanya jam sore yang umumnya para audien/tamu di suatu club sedang mengobrol kalo jenis musiknya house, soulful sangat ketal dengan vocal. contoh lagu soulful house

2. Lagu sedang

maksudnya lagu tidak slow beat atau hight beat/kenceng (pertengahan). Biasanya di mainkan sebagai Timing bahwa lagu mulai naik--- star ke lagu kenceng. contoh lagu dario nunez

3. Hight beat / lagu kenceng

Lagu-lagunya beatnya kenceng, ketukannya gak datar, gokil deh....bila di putar rasanya pengen goyang. biasanya lagu terdengar simple, ada vocal/non vocal..sebagai dj lo mesti punya lebih banyak koleksi lagu kaya gini... Jadi pada saat dance floor dah penuh lo gak kehabisan bahan...wadoh apa lagi ya..susah nulisnya..dengerin lagu-lagunya dj blend atau jerome isma ae

Dan seperti yang ane lakuin bro.. Agar lebih enak lagu-lagu koleksi gw yang buat djing dah gw pisah-pisah. Contoh lagu di atas gw ambil genre house selatan--kalo lo memilih lagu dj dengan genre trance, funkot or lainnya mungkin sedikit berbeda.

Lo bisa tahu dengan cara dengerin lagu-lagu koleksi lo.

Jadi...

Kalo lo pemula pass lo bikin cd audionya ( Usb disk ) usahakan dalam satu cd terdapat lagu-lagu seperti pengolongan diatas, agar saat mainin jadi mudah. Antara cd 1 - cd 2 nyambung. Atau jika Ente pake Usb disk buat folder khusus.

Setiap dj memiliki teknik sendiri dalam menyajikan lagu dan memilih lagu..

Liatin aja di club kalo resident-nya gantian main, dan liat perbedaanya. Dari situ lo bisa belajar bagaimana cara memilih lagu. Kalo males milihnya, pesan aja ma ane.. Bagaimana menurut lo. Ada tips lainnya? silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 11.33

2 comments:

  1. Kalau lgu hight beat downloadx di situs pa ya..yang bmyak koleksi lagux...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. lagu2 hight susah di cari..di antara 50 lagu paling dapat 3 lagu..googling aja..ntar ketemu bnyak site..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.