Home » » Cara memotong mixtape menjadi per track

Cara memotong mixtape menjadi per track


Minggu lalu ane posting tentang gratis samples funkot,  kali ini Ane bahas tentang bagaimana cara memotong mixtape menjadi per track lagu. Kenapa harus di potong per track ? Setiap orang pasti punya alasan yang berbeda, ada yang karena ingin mendengar lagu pada durasi tertentu yang mana lagunya enak. Jadi akan lebih mudah di putar karena tahu lagu itu ada di track nomor sekian. Berbeda jika lagu tersebut ada dalam satu track panjang (durasi 1 jam lebih), tentu sulit bukan..?

Ada juga yang ingin mengambil sebagian lagunya karena tidak tahu judulnya. Biasanya mix-tape yang di dapat dari download..Betul..? Ini  karena pada saat membuat mixtape kita tidak sempat langsung memotong per track karena proses umum dalam membuat mix-tape di lakukan secara live mixing. Terutama jika kita menggunakan Cdj player. Jadi track yang di hasilkan panjang durasinya dan hanya satu track nonstop.  Tapi ada juga mix-tape yang sudah di potong pertrack, sehingga lagunya nyambung terus. Untuk topik bagaimana membuat mixtape langsung per track akan kita bahas selanjutnya.

Ada 1 cara yang mudah untuk memotong mixtape menjadi per-track yaitu:
Kita bisa record ulang mixtape yang telah kita buat menggunakan virtualDJ software dengan cara meng-aktifkan fungsi  "split in multiple files', pada option config recording  (bagian "auto split on crosfade) tidak perlu di aktifkan. Lihat gambar di bawah:

memotong hasil record mixtape jadi track

Jika fungsi ini di aktifkan maka di sebelah kanan tombol star recording akan ada tombol tanda X. Tanda X jika di klik pada saat recording berjalan akan menyebabkan virtualdj software otomatis meng-CUT track dan recording akan di lanjutkan ke Track selanjutnya. Lihat gambar:

Tombol cut track di virtualdj

Hasil record track biasanya akan ada angka misalnya: dutchhouseMix001, yang berarti track 1 dan seterusnya. Tapi perlu di ingat bahwa proses CUT track ini kita lakukan secara manual. Untuk memulai klik 'Start Recording". Tapi sebelumnya letakkan mixtape ente yang akan di cut per track ke deck A atau B. Pada saat akan memotong ente sebaiknya pahami dulu bagian timing-nya agar pergantian track-nya pas. Tentu saja jika ente yang membuat mixtape tersebut , pasti sudah tahu pada bagian mana harus di cut lagunya. Sebaiknya focus pada bagian recording agar mudah untuk klik tombol X. proses ini agak lama sesuai durasi mixtape akan tetapi cukup mudah. Penting : Klik tombol X untuk cut menjadi track pada saat proses record berjalan.

Dan untuk hasil maximal sebaiknya volume master soundcard set ke Full. Karena biasanya hasil recordingnya mendem atau pelan jika tidak di set Full (mungkin pengaruh bit turun). Ane saranin record file pilih ke Wav karena lebih bagus hasilnya, di banding mp3 format. Kemudian hasil track bisa ente rename sesuai judul lagu atau biarkan saja apa adanya. Ok bro..Selamat mencoba Tip cara memotong mixtape menjadi per track menggunakan virtualdj. Bisa menggunakan virtualdj Home free atau pro. Semoga membantu.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.55

6 comments:

  1. baru tau ane gan , thx for share

    BalasHapus
  2. makash...infonya.........bro...

    BalasHapus
  3. gmana cara sebaliknya ? ato mbuat lagunya nyambung terus/nonstop ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya tinggal di mainin aja..dimixing lagu2nya di deck A n B..trus di record, durasi 40 - 75 menit.

      Hapus
    2. nice info gan... thx..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.