Home » , » Software untuk mashup lagu yang mudah

Software untuk mashup lagu yang mudah

Sekarang ini jenis lagu mashup sudah banyak di sukai orang di indonesia, karena munkin jika di dengarkan tidak cepat membuat bosan atau karena mungkin versi mashup jumlah lagu dalam satu track lebih banyak . Apalagi lagu-lagu yang di mashup adalah lagu komersil yang lagi hit. Mashup itu apa bro..?

Menurut tante wiki : Mashup/bootleg adalah sebuah lagu/track atau komposisi yang ciptakan dengan memadukan dua lagu atau lebih rekaman lagu, yang biasanya dilakukan dengan menambahkan atau melapisi rute vocal dari satu dengan instrument lagu lain. Sebutan lain adalah  mesh, blend. Ada juga yang menulis Mushup.

Pengertian detailnya Mashup/bootleg adalah sebuah rekaman lagu yang berisi dari dua lagu atau lebih yang komposisi musiknya mengambil dari lagu lain / asli, akan tetapi di ambil bagian yang menurut sang pembuat mashup (Masher) penting.

Dan mempunyai chord sama agar harmoni.

Contoh: Di ambil bagian vocal Reff. Yang kemudian di gabungin jadi satu lagu. Dan setiap pergantian vocal dan instrument lagunya tepat dan harmoni. Kata bootleg juga bisa di artikan perbuatan tanpa izin. Contoh Lagu mashup di bawah ini untuk inspirasi (gabungan audio dan video) 8 lagu menjadi satu track.




Itulah kenapa ada sebuah lagu yang di tulis, misal: someone like you - adele (kkk remix.bootleg). Artinya orang tersebut meng-aransement ulang lagu orang lain tanpa izin sang pengarang. Contoh lain buatan ane- crazy - pitbull (hendry remix.bootleg).

Ok, ane ke topik utama yaitu masalah software untuk Mashup lagu yang mudah, apa ?

Untuk mashup agar mudah bisa menggunakan software Mashup 1.5 yang membuat software Mixed in key. Harganya cukup murah yaitu 39 usd ( sekitar 370.000). Lihat di sini detail softwarenya dan tutorial. Gambar di bawah ini:

Software untuk mashup lagu yang mudah

Software mashup sangat simple dan mudah di gunakan, cukup 5 menit lagu sudah jadi. itu kata pembuatnya lho..prateknya sih lebih..

Cocok sekali untuk ente yang punya jam terbang perform tinggi dan membuat lagu-lagu mashup dengan mudah selain versi original atau remix.

Newbie pun bisa menggunakannya, yang penting pilih lagu yang chord-nya sama agar harmoni. Atau masih satu rute chord.

Ente bisa lihat video di atas bagaimana proses pergantian lagu dalam mashup yang bagus dan harmoni. Karena jika mashup di paksakan tanpa memperhatikan chord akan terdengar Fals dan tidak enak di dengar. Ini sering di lakukan para newbie berfikir yang penting jadi lagu. hehe..

Untuk mashup lagu kita bisa juga menggunakan software Fl studio 10 producer edition, selain menggunakan software di atas. Yang penting paham bagaimana menggunakan software fl studio ente pasti bisa. Dan sepanjang yang ane tahu software yang mudah untuk mashup adalah Mashup 1.5.

Silahkan ente coba dan buktikan. Jika ingin menambahkan bahasan tentang pengertian mashup silahkan coment. Jika ane ada yang salah mohon maaf.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.58

14 comments:

  1. Masih belum paham saya, tadi saya lihat di 8 become 1 itu seperti satu music dengan beberapa vocal. Apa berarti mashup ini remixing vocal tanpa merubah background music?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo mashup hanya menggunakan musik-musik yang sudah jadi sob,,tp mesti cocok chordnya agar harmonic / tidak fals..Kalo remix beda ente harus bikin sendiri aransemen musiknya..pake software lain. Fl studio misalnya..Di video itu si pembuat sudah cek chord tiap-tiap lagu jadi perpindahannya enak...Di dalam video itu untuk beat lagunya black eyes - where is love..yang di loop terus..tp pas.

      Hapus
  2. bro kalo fl studio 11 yang asli berapa harganya ? trus dimana belinya ? eheheh thanks bro...jawab yye

    BalasHapus
    Balasan
    1. cari diblog ini ada bahasanya kata kunci " harga Fl studio asli" .. gunakan box google

      Hapus
  3. IDR atau distributor resmi Indonesia dimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spertinya gk ada sob..harus beli langsung disitenya..

      Hapus
  4. Masih agak bingung bang imana tu ngepasin setiap beberapa lagu jadi satu. Seperti contohnya lagu mash up daniel kim tu, dari 1lagu terdiri dari 52+ lagu yang di gabungkan, nah tu kog isa pas semua ya, caranya gimana gan?? Saya pake software Virtual DJ v8 gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pas karena chord lagu2 tersebut sama.. Harus tahu dan paham chord dasar lagu yg akan di mashup agar harmoni.. baik diawal lagu ataupun di bagian reff..

      tergantung bagian yg mana pada lagu yang kan digabungkan..harus dilihat chordnya..jadi gk bisa sembarangan asal mashup... Pake virtualdj 8 akan susah..kalo mashup banyak lagu

      Hapus
  5. Kog lagu mash up dari daniel kim bisa pas semua ya padahal 1 lagu terdiri dari 52 lagu,dan semua bisa selaras, la itu caranya gimana ya gan kalau pake aplikasi Virtual DJ v8?

    BalasHapus
  6. gan, apa perlu ijin ke orangnya kalo kita ingin mashup/remix lagu orang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kalo buat fun aja ( kecuali dijual kembali komersil ).. yang penting nama artis di sertakan.. di file hasil mashup

      Hapus
  7. Mas, ada ngk sofware yang free untuk membuat lagu MASHUP ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya lum ada yg free sob..cari crack version coba.. dari google

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.