Home » , » Cara Mixing bass dan kick di fl studio 11, gimana ?

Cara Mixing bass dan kick di fl studio 11, gimana ?

Problem yang menyebalkan pada saat mixing bassline dan kick di fl studio adalah kedua sound tersebut susah menyatunya. Terkadang frequencenya tabrakan dan akibat saling sedot. Kadang kick yang kalah dan kadang bassnya kedengaran pelan. So, bagaimana cara mixing bass dan kick di Fl studio ?

Masing-masing orang pasti punya pengalaman sendiri dalam hal mixing sound pada lagu dj / dance electronic music, plugin apa yang di gunakan dan caranya bagaimana. Jadi kali ane share saja pengalaman ane selama ini dalam mixing bass dan kick di fl studio, mudah-mudahan cocok buat ente semua. Begini cara ane mixing bass dan kick di fl studio 11 :

1. Untuk kick

Ane set di tengah atau biasa ane bilang Mono, bukan stereo.Kenapa ane se ke mono ? Karena untuk memberi ruang pada suara instrument lainnya, dengan ini suara lainya akan mendapat ruang yang lebih lebar karena tidak terganggu frequence suara dari kick. Jadi untuk suara instrument lainnya setingnya ke stereo. Ukuran signal kick jangan lebih dari 0 db, lebih baik di bawahnya. Kira-kira segini :

Mixing bass dan kick di Fl
Bisa di -10 /-5
Kenapa signal hanya 1 ?..karena itu plugin kusus mono, jadi signalnya hanya satu. Gambar di atas sebenarnya di -5 karena ane tidak bisa ambil screenya jadinya seperti itu.

2. Bassline / Bass

Ane set ke stereo channel di mixer Fl studio. Tujuannya agar frequence tidak bertabrakan dengan kick, tapi ini tergantung step basslinenya. Jika ada bagian step yang posisinya sama dengan ketukan beat ( kick), maka solusinya adalah bassline channel di sidechain. Silahkan gunakan plugin khusus sidechain di sini. Atau bikin sidechain manual di Fl, nanti akan ane bahas selanjutnya cara membuat sidechain.

Ukuran signal / patokan di bawah kick, misalnya kick di -5db, maka bassline di antara -10 -15db. Tujuanya agar keduanya balance dan nantinya di sound besar suara bass tidak mendorong kick. Karena biasanya di speaker club sudah tersedia sub.

Kenapa tidak di nilai 0 saja ?

Alasannya itu masih settingan mixing per channel, yaitu kick dan bass, jika langsung ke 0db maka nanti ketika di mastering suaranya akan overload alias kebesaran. Ini alasan singkatnya. Gambar di atas itu screen plugin waves ssl untuk mono. Jika di Fl studio bisa pake bawaanya yaitu stereo enhancer. Atau gunakan  free plugin stereo tool. Search di google umum stereo tool. Jangan search di google box di blog ini. Google box di samping kanan atas itu hanya untuk pencarian khusus aticle blog ane.

Begitulah sob..kira-kira cara mixing bass dan kick di fl studio agar tidak tabrakan frequencenya, dan jangan lupa fader level juga di atur pada kedua channel. Kesimpulannya : Untuk kick setting ke mono, dan untuk bass set ke stereo, jadi kick benar-benar di tengah. Lagu-lagu ane yang di soundcloud rata-rata seperti itu setingannya. Silahkan di coba sendiri dan rasakan bedannya. Ada yang mau ngasih tambahan ? Silahkan comment.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 22.21

8 comments:

  1. Mas, settingan ke stereo dan mononya lokasinya dimana ya? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake aja plugin dari waves..kan ada pilihan vst yg mono dan stereonya..kalo di Fl studio di mixernya.. geser kekanan di tombol stereo separation

      Hapus
  2. gua lgi bkin lagu dubstep nih , udah jdi , tnggal mixing , tpi ada 2 wobble yang bass nya gk sama (ada yang kecil ada yang besar) cara nyamainnya gmna ? thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyamain volumenya bisa dari channel volumenya..atau set ke mixer. Trus tambahkan effect fruity compressor..

      Hapus
  3. makasih bnyak mas tips nya .. sangat membantu

    BalasHapus
  4. kalau cara ingilangi noise gimna caranya. setiap nambahin instrumen seperti gitar pasti ada noise nya dan sangat mengganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini pas rekaman atau udah jadi data sob ?

      Kalau sudah jadi data file bisa pake nero wav editor bisa sob-- ada fitur noise reduction..atau adobe audiotion cs6

      Hapus
  5. Blm faham eung gan ane newbie banget hihi, nyari suara melodi aja susah ane, mohon tutor nya master2 ya..

    BalasHapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.